Ngobrol Bareng Robert Lewandowski: Cerita Soal Virus Corona dan Petuah untuk Erling Haaland

Serafin Unus Pasi | 2020-05-13 20:47
Jurnalis Bola.net, Serafin Unus Pasi Berkesempatan mewawancarai Robert Lewandowski secara daring pada hari Rabu, 13 Mei 2020 (c) Bola.net

Bola.net - Siapa yang tidak kenal Robert Lewandowski? Predator haus gol ini dikenal sebagai salah satu striker terbaik di Era Modern ini.


Striker berusia 31 tahun itu mulai menunjukkan tajinya saat ia bergabung dengan Borussia Dortmund. Namun ia mekar sepenuhnya saat bergabung dengan Bayern Munchen.

Ratusan gol sudah ia ciptakan sepanjang karirnya. Ia juga memenangkan banyak penghargaan berharga seperti Bundesliga, DFB Pokal, dan ia sudah menjadi top skorer di Liga Champions dan Bundesliga.

Hari Rabu (13/5/2020) Bolanet mendapatkan kesempatan untuk mengobrol langsung dengan striker asal Polandia ini secara online. Bola.net adalah satu-satunya wakil Indonesia dari total 14 media dari seluruh Asia yang diundang langsung oleh Bayern Munchen untuk ngobrol bareng sama Lewandowski.

Apa saja yang kami obrolkan bersama striker hebat ini? Yuk simak selengkapnya di bawah ini.

1 dari 5 halaman

Bincang Bareng Lewandowski

Hai Robert, akhir pekan ini Bundesliga akan kembali digulirkan. Tetapi kita tahu bahwa virus corona di Jerman masih belum hilang sepenuhnya. Apakah kamu punya kekhawatiran atau ketakutan harus bermain di situasi seperti ini?

Ya, pertama-tama saya sangat senang Bundesliga kembali digelar. Situasi di Jerman memang belum pulih sepenuhnya, tetapi saya tidak takut harus bermain di situasi seperti ini. Kalau boleh jujur, situasinya sebenarnya sudah aman. Kami tidak terlalu memikirkan soal corona, karena corona sudah tidak terlalu mengancam. Situasi di Jerman seperti yang sudah saya katakan sudah mulai stabil, jadi kami gak terlalu takut harus bermain di kondisi ini.

Kamu punya gak sih ritual atau persiapan khusus sebelum bermain di pertandingan besar?

Setelah beberapa tahun bermain, saya pasti punya rutinitas sendiri sebagai seorang pemain. Ada banyak hal yang harus dilakukan sebelum pertandingan terutama saya harus memperhatikan masalah kesehatan dan kesiapan tubuh saya sebelum pertandingan dimulai. Sebenarnya tidak ada rutinitas yang khusus, terkadang saya juga mencoba beberapa hal baru. Namun jika saya melakukan hal-hal yang biasa saya lakukan, saya sudah siap untuk bertanding.

Kamu sudah bermain cukup lama dan ada banyak momen hebat dalam karirmu. Kalau boleh tahu, apa sih momen terhebat dalam karir kamu?

Hmm Ini pertanyaan yang sulit. Momen terbaik saya sebenarnya ada banyak. Namun kalau bicara mengenai momen terhebat, yaitu ketika saya mencetak lima gol dalam waktu sembilan menit [vs Wolfsburg, 2018]. Bisa mencetak lima gol dalam sembilan menit itu sesuatu yang luar biasa dan rasa-rasanya mustahil untuk melakukan itu lagi. Saya rasa mencetak lima gol dalam sembilan menit itu sebuah rekor yang tidak pernah tercipta sebelumnya. Jadi saya rasa itu benar-benar spesial bagi saya.

Menurut kamu nih, untuk striker-striker generasi berikutnya akan lebih mirip kamu, Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi?

Saya tidak tahu sebenarnya mereka akan jadi striker seperti apa. Sepakbola selalu berubah dari waktu ke waktu, dan itu berarti mereka harus bisa fleksibel dengan perubahan itu, dan saya rasa fleksibilitas itu penting untuk para penyerang generasi berikutnya. 10 atau 20 tahun lalu kamu punya pilihan mau jadi striker seperti apa, tetapi di masa sekarang ada ekspektasi yang besar untuk seorang striker harus bisa melakukan semuanya. Jadi untuk jadi penyerang yang terbaik, mereka harus bisa semua. Jadi mereka harus lebih fleksibel terutama saat bermain bersama tim mereka.

2 dari 5 halaman

Bincang Bareng Lewandowski

Sebelum virus corona dimulai, kamu sempat absen beberapa lama karena cedera. Bagaimana kondisi kamu sekarang?

Saat ini saya sudah sembuh dan saya sebenarnya sudah mulai pulih sebelum musim ditangguhkan. Jadi sekarang situasi saya sudah semakin membaik, terutama saat virus corona saya punya waktu untuk beristirahat. Sekarang kami sudah berlatih kembali, dan kami akan mencoba memenangkan Bundesliga, DFB Pokal dan Liga Champions. Kami sangat fokus dengan pekerjaan kami, dan sekarang kami harus beradaptasi dengan cepat karena setelah ini kami akan bermain dua kali dalam sepekat. Jadi saya harus siap-siap dan kami harus mempertahankan permainan kami di level tertinggi. Kami punya satu atau setengah bulan lagi untuk memenangkan Bundesliga, dan itu jadi fokus kami saat ini.

Sepanjang karirmu, kamu jarang sekali absen bermain. Nah apakah itu akan berpengaruh untuk kelangsungan karirmu?

Untuk saat ini saya hanya mencoba untuk hidup sehat dan sebisa mungkin tetap fit.. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi beberapa tahun lagi. Terkadang kelangsungan karir seorang pemain tidak hanya ditentukan karena jumlah jam bermain saja. Cara berlatih lalu juga makanan apa yang kita makan juga mempengaruhi. Yang terpenting adalah saya mencoba untuk hidup sehat. Jika saya bisa bermain tiga atau empat tahun lagi itu akan sangat luar biasa. Namun saya rasa sekarang terlalu dini untuk bicara berapa lama lagi saya bisa bermain tapi saya akan mencoba yang terbaik.

Dalam beberapa pekan terakhir ada beberapa kabar besar datang dari klub anda. Hansi Flick diangkat menjadi jadi manajer permanen, dan Miroslav Klose akan menjadi asisten pelatih anda musim depan. Bagaimana pendapat kamu mengenai hal ini?

Senang rasanya Hansi bertahan bersama kami. Beberapa bulan terakhir, kami sudah melihat apa yang bisa ia lakukan. Jadi saya rasa komunikasi kami sudah membaik dan kami sudah memiliki satu visi yang sama. Kami saling percaya satu sama lain dan itu yang terpenting jadi saya senang kami bisa bersama di Bayern Munchen dan semoga kami bsia menangkan banyak trofi juara bersama di masa depan.

Saya kenal dengan Miro dan saya tahu dia adalah pemain yang hebat. Dia bisa membantu kami dengan pengalamannya. Setiap pelatih bisa memberikan sesuatu yang baru dan itu membantu kami untuk menjadi pemenang. Kami bisa belajar sesuatu yang baru dari dirinya dan itu bisa membantu saya menjadi pemain yang lebih baik di masa depan.

3 dari 5 halaman

Bincang Bareng Lewandowski

Kalau menurut kamu, siapa sih lima striker terbaik di dunia saat ini?

Ini tanpa saya ya? Atau sama saa?a Hmm siapa ya? Saya rasa Karim Benzema, Timo Werner. Nama-nama yang saya sebutkan ini adalah mereka yang striker murni ya. Lalu ada Luis Suarez, terus harus ada saya ya? Sergio Aguero dan yang terakhir, Lionel Messi bukan striker murni jadi saya tidak nyebut di sini. Jadi untuk pilihan terakhir saya adalah, Kylian Mbappe.

Kamu pernah dilatih beberapa pelatih terbaik dunia seperti Jurgen Kloppp, Josep Guardiola, Hansi Flick lalu ada Carlo Anceloti. Jadi bagimana rasanya dilatih pelatih-pelatih itu?

Saya senang bisa dilatih Klopp atau Guardiola. Saya bisa mendapatkan banyak hal yang bagus dari pelatih-pelatih terbaik ini. Ada hal-hal yang bagus yang bisa saya pelajari dari Jurgen, saya tahu apa yang bagus dari Guardiola dan saya bisa mencoba mencuri ilmu dari mereka agar saya bisa menjadi lebih baik lagi. Saya benar-benar bersyukur bersama mereka.

Karena pandemi virus corona, Bundesliga harus libur sekitar dua bulan. Bagaimana sih dampaknya kepada kamu dan juga Bundesliga?

Kami sebenarnya tidak libur selama dua bulan libur, karena kami harus tetap berlatih setiap hari dan saya bisa bilang latihannya sangat sulit. Kami fokus untuk selalu fit, karena kami berharap bisa bermain di Bundesliga lagi. Jadi sekarang Bundesliga menjadi liga pertama yang kembali digulirkan, jadi saya harap kami bisa menghabiskan musim ini dengan baik dan mencoba memenangkan Liga ini. Itu tidak mudah [memenangkan Bundesliga] namun kami tidak sabar untuk melakoni ini.

4 dari 5 halaman

Bincang Bareng Lewandowski

Musim ini kamu udah mencetak 25 gol di Bundesliga. Apakah kamu yakin bisa memecahkan rekor 40 gol dalam satu musim?

Saya tidak tahu itu [mencetak 40 gol dalam satu musim] beneran bisa atau gak. Saya tidak terlalu memikirkan hal ini. Namun jika saya bisa mencetak tiga gol di satu atau dua pertandingan mungkin saya bisa memecahkan rekor itu. Tapi saya gak terlalu memikirkan itu, karena fokus saya adalah memenangkan pertandingan. Berapa gol yang akan saya cetak hingga akhir musim nanti? Kita lihat aja nanti di akhir musim. Saya hanya mencoba melakukan pekerjaan saya. Musim ini kami tersisa sembilan gol, dan katakan saya mencetak satu gol di setiap pertandingan itu tidak cukup untuk memecahkan rekor itu. Namun saya gak terlalu memikirkan itu, tapi saya akan mencoba yang terbaik.

Salah satu syarat Bundesliga digulirkan lagi adalah bermain tanpa penonton. Menurutmu bermain tanpa penonton itu rasanya gimana? Lalu ada beberapa peraturan lain seperti tidak boleh salaman, tidak boleh berpelukan saat berselebrasi dan tidak boleh meludah. Menurutmu aturan-aturan ini bisa diterapkan nggak sih?

Ya pasti situasinya bakal aneh banget. Kami pernah bermain satu atau dua kali main tanpa penonton, namun kami harus menerima keputusan ini dan beradaptasi sebaik mungkin. Tapi ada hal-hal yang sulit kami kendalikan karena ada adrenaline, ada emosi yang terlibat di setiap pertandingan. Namun kami harus memikirkan hal ini. Namun kami harus membiasakan diri karena beberapa hari lagi pertandingan akan digelar kembali, sehingga kami bisa beradaptasi. Terkadang setelah mencetak gol tubuh saya refleks untuk memeluk rekan-rekan setim saya Jadi bakal sulit kayaknya untuk membiasakan diri dengan aturan ini. Tapi gak tahu deh nanti apa yang terjadi selama pertandingan. Tapi kami harus menerima kondisi ini meski terlihat mustahil. Tapi yang penting bagi kami adalah kami bisa bermain lagi, dan kami bisa memikirkan itu lain kali dan kami harus menerima situasinya.

Aku sih belum punya rencana selebrasi di tengah-tengah aturan baru ini. Untung kamu ngingetin, jadi saya harus memikirkan hal ini, karena biasanya hanya ada dua detik untuk memikirkan hal ini kalau sudah ada di lapangan. Tapi kami harus fokus di pertandingan kami.

Sebelum musim ditangguhkan, Bayern berada di puncak klasemen. Menurut kamu, siapa yang akah menjadi pesaing terberat Bayern untuk gelar Bundesliga musim ini?

Saya rasa yang jelas Dortmund ya, terus Leipzig. Leverkusen dan juga Gladbach juga bisa menjadi ancaman. Tetapi Dortmund dan Leipzig punya kualitas yang bagus dan mereka sangat bisa menekan kami namun kami harus siap untuk itu.

5 dari 5 halaman

Bincang Bareng Lewandowski

Karena virus corona ini, ada beberapa hal yang harus disesuaikan di sesi latihan kalian karena tidak boleh ada kontak fisik. Apakah dua bulan ini waktu yang cukup untuk mempersiapkan diri untuk bertanding kembali?

Ya latihannya memang menjadi sulit karena kami tidak bisa kontak fisik. Namun kami menjalani latihan yang berat selama dua bulan terakhir, Sesi latihan yang kami dapatkan sangat bagus, dan saya tidak bisa berleha-leha karena ada banyak latihan yang harus saya lakukan. Namun kami sudah siap untuk bermain kembali.

Belakangan ini ada banyak rumor mengenai transfer Leroy Sane ke Bayern Munchen. Bagaimana pendapat kamu mengenai rumor itu?

Kita tahu ada banyak spekulasi yang beredar, namun dia adalah pemain yang luar biasa. Dia adalah pemain yang bisa bermain untuk tim ini. Tidak hanya saat di Premier League, saat ia di Bundesliga dia sudah menjadi pemain yang hebat. Dia bisa membantu kami, dia bisa memberikan hal yang baru dan dimensi yang baru untuk kami.


Sepanjang karirmu, kamu udah mencetak banyak sekali gol. Apa sih rahasianya bisa mencetak banyak gol seperti itu?

Saya sih sebenarnya gak punya rahasia. Sebagai striker, yang terpenting adalah harus mempersiapkan diri sebaik mungkin. Yang penting harus siap dengan semua kemungkinan yang terjadi di lapangan. Saya harus siap dengan pundak, kepala, kaki kiri dan kaki kanan saya saat saya menerima bola. Jadi saya harus bisa memanfaatkan setiap kesempatan dengan sebaik mungkin.

Mantan tim kamu, Borussia Dortmund mendatangkan Erling Haaland di bulan Januari kemarin, dan sejauh ini dia sudah tampil luar biasa. Bagaimana pendapat kamu mengenai dia? Apakah dia mampu menjadi ancaman bagi kamu untuk meraih gelar top skor Bundesliga musim depan?

Hmm ini musim pertamanya di Bundesliga. Dia pemain yang luar biasa, dan dia punya masa depan yang cerah. Namun terkadang ketika kamu mencetak gol yang banyak di musim perdananya, maka musim-musim berikutnya berikutnya bakal semakin sulit. Saya tahu bahwa dia punya potensi yang luar biasa dan saya tidak mau beri dia tekanan apa-apa. Tetapi jika ia bekerja keras, dan bertahan lama di Bundesliga, dia bisa jadi pemain yang lebih bagus. Ia bisa mencapai level yang lebih tinggi jika ia bermain lama di Bundesliga.

Bisa ceritain gak sih, apa yang kamu lakukan di sela-sela sesi latihan kalian? Sebagai conton, teman setimmu, Thomas Muller sering bermain Poker. Bagaimana dengan kamu?

Kami punya banyak kegiatan yang bisa dilakukan saat sela-sela latihan. Saya sendiri terkadang main golf, kami bermain billiard, Poker, ping pong. Jadi kami punya banyak kegiatan. Teman-teman saya ada yang main PS, main FIFA atau Call of Duty. Namun kami harus mengatur waktu dengan baik, karena kami juga harus menyisihkan waktu untuk keluarga kami. Namun kami senang bisa kembali bersama, tetapi kami harus mempersiapkan diri untuk pertandingan ini.

(Bola.net/Serafin Unus Pasi)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR