Menilik Kiprah 4 Pemain Amerika Serikat di Bundesliga Musim 2020/2021

Asad Arifin | 3 Februari 2021, 16:54
Pemain muda Dortmund, Gio Reyna, bersama Erling Haaland (c) Borussia Dortmund

Bola.net - Amerika Serikat merupakan negara yang cukup terkenal dengan olahraga mereka yang populer di dunia seperti American Football dan Baseball. Namun, seiring berjalannya waktu olahraga sepak bola juga sudah mulai berkembang di Amerika Serikat.


Kehadiran pemain-pemain top Eropa yang bermain di MLS (Major League Soccer) serta meningkatnya popularitas sepak bola di Negeri Paman Sam, berdampak kepada munculnya pemain berbakat lokal. Tidak hanya berkarir di Amerika, banyak mereka juga yang bermain di tanah Jerman dan memiliki keinginan untuk menembus tim utama klub Bundesliga.

Generasi pemain muda pun terus dilahirkan dari Negeri Paman Sam, hingga skuad timnas Amerika Serikat yang kini dianggap sebagai generasi emas sepak bola Amerika Serikat. Maka tak heran, Bundesliga menjadi tujuan favorit bagi para punggawa muda Amerika untuk memulai karirnya.

Mantan pemain Borussia Dortmund, Christian Pulisic, adalah salah satu contoh pemain Amerika Serikat yang bersinar di tanah Jerman bersama Die Borussen. Selain Pulisic, ada pemain-pemain muda Negeri Paman Sam yang diperkirakan akan menjadi bintang.

Redaksi telah memilih empat pemain muda berbakat yang berpotensi meneruskan jejak Pulisic di Bundesliga. Lalu siapa sajakah mereka yang memiliki potensi besar meneruskan jejak Pulisic di Bundesliga 2020/21?

1 dari 4 halaman

1. Matthew Hoppe

Pemain muda Schalke, Matthew Hoppe (c) Bundesliga

FC Schalke 04 sedang berupaya keras agar bisa selamat dari zona degradasi pada musim ini. Pasalnya, musim 2020/21 menjadi kisah menyedihkan yang panjang bagi Schalke. Selama 19 laga bergulir, Schalke hanya bisa meraih satu kemenangan saja.

Namun, semua cerita itu berganti setelah kemunculan pemain muda berusia 19 tahun, Matthew Hoppe. Nama Hoppe muncul pertama kali ketika pemain muda Negeri Paman Sam mencetak tiga gol saat menjamu Hoffenheim dalam kemenangan pertama Schalke setelah 30 laga beruntun tanpa kemenangan.

Matthew Hoppe menjadi pemain andalan pelatih Christian Gross sejak ia memulai karirnya di Schalke menjadi striker pada awal tahun 2021. Pemain asal Amerika Serikat itu sudah mengoleksi lima gol untuk Schalke musim ini.

2 dari 4 halaman

2. Tyler Adams

Tyler Adams (c) DFL

Tyler Adams merupakan pemain muda bertalenta Amerika Serikat yang didatangkan RB Leipzig dari New York Red Bulls pada Januari 2019. Dia bisa bermain sebagai gelandang maupun bek sayap.

Musim 2020/21, menjadi musim yang menarik bagi Tyler Adams. Pasalnya, pelatih asal Jerman Julian Nagelsmann, selalu memberikan kepercayaan timnya kepada pemain-pemain muda.

Musim ini Adams sudah mencetak satu gol dari 15 laga untuk RB Leipzig.

3 dari 4 halaman

3. Josh Sargent

Penyerang Werder Bremen, Josh Sargent. (c) Bundesliga

Josh Sargent sudah menjadi andalan Werder Bremen dalam dua tahun terakhir ini. Ia mengikuti jejak pemain muda asal Amerika Serikat yang lebih dulu bermain di Bundesliga yakni Christian Pulisic, jebolan Borussia Dortmund yang sekarang bermain untuk Chelsea.

Josh Sargent diboyong Die Werderaner pada Januari 2018 sebagai pemain akademi Werder Bremen. Dia kemudian tampil apik bersama Bremen II yang tampil di Regionalliga, mencetak tujuh gol dari 12 laga.

Sargent pun segera melakukan debut untuk tim utama Werder Bremen pada tahun 2018. Kini, Sargent berharap bisa membawa Bremen tampil lebih baik di musim 2020/21, setelah nyaris terdegradasi di musim lalu.

4 dari 4 halaman

4. Gio Reyna

Gio Reyna (c) DFL

Gelandang serang Borussia Dortmund, Gio Reyna, merupakan putra dari mantan pemain andalan timnas Amerika Serikat, Claudio Reyna. Direkrut dari akademi New York City FC pada 2019, pemain berusia 18 tahun itu tampil impresif di musim 2019/20.

Musim 2020/21, Reyna sudah mencatatkan 18 penampilan dan tiga gol di Bundesliga. Oktober 2020 lalu, ia juga masuk buku rekor ketika menjadi pemain termuda di Bundesliga yang berhasil menorehkan tiga assist dalam satu laga. Saat itu Dortmund menang 4-0 atas Freiburg.

(Bola.net/Muhammad Ibnu Prasetyo)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR