Mengenal Ozan Kabak, Calon Bek Tengah Terbaik Dunia Milik Schalke

Serafin Unus Pasi | 4 Oktober 2019 20:26
Ozan Kabak (c) DFL

Bola.net - Bundesliga dikenal sebagai salah satu liga yang sukses melahirkan pemain-pemain bertahan terbaik dunia. Sebut saja Frankz Beckenbauer, Matthias Sammer, Paul Breitner, Lucio, Philip Lahm, Mats Hummels, Jerome Boateng merupakan sederet bek-bek terbaik di dunia pada eranya.

Beberapa tahun terakhir, sejumlah bakat muda kembali melejit di Bundesliga. Ada beberapa pemain yang menunjukkan tanda-tanda bahwa ia akan mengikuti jejak para pendahulunya menjadi bek terbaik dunia, salah satunya Ozan Kabak.

Talenta muda asal Turki itu pertama kali mencicipi sepakbola Jerman pada Januari 2019 kemarin. Ia diboyong Stuttgart dari Galatasaray dengan mahar 11 juta Euro.

Enam bulan berselang ia diakuisisi oleh Schalke seharga 15 juta Euro dan kini ia digadang-gadang menjadi kandidat bek terbaik dunia di masa depan.

Lantas Siapakah sosok bek berusia 19 tahun ini? Yuk simak kisahnya di bawah ini.

1 dari 3 halaman

Siapakah Dia?

Pemain internasional Turki kelahiran Ankara ini bergabung dengan akademi muda Galatasaray pada usia 11 tahun, dan kemudian mencatatkan 14 kali penampilan bersama tim utama - yang 13 di antaranya dilakoni pada musim 2018/19 sebelum pindah ke Stuttgart.

Sejak matchday ke-19 musim lalu, ia telah bermain 90 menit penuh di setiap pertandingan, hal itu menjadikannya penghuni tim reguler termuda di Bundesliga bersama Jadon Sancho. Berdasarkan catatan musim lalu, pemain berusia 19 tahun itu rata- rata melakukan intersepsi setiap delapan menit per pertandingan dengan torehan tiga gol ke gawang lawan.

Kabak sudah memenangkan 50 caps sebagai pemain untuk tim muda bagi negaranya dan meskipun ia belum melakukan debut internasional seniornya bersama Turki, ia telah dipanggil ke tim utama untuk pertama kalinya pada Maret 2019 lalu.

Ia diketahui mengagumi Virgil van Dijk, Raphael Varane dan Sergio Ramos. Walau mengidolakan senior- seniornya tersebut, ia tetap mengembangkan gaya permainannya sendiri - yang tentunya akan kita bahas bagian berikutnya.

2 dari 3 halaman

Gaya Bermain

Kabak lihai dalam membaca permainan dan baik saat pengambilan keputusan, serta cepat dan tanggap dengan merasakan datangnya bahaya. Dia memiliki antisipasi yang apik dengan pergantian langkah yang
lincah dalam upayanya menggagalkan ancaman gol dari serangan lawan.

Direktur olahraga Stuttgart Thomas Hitzlsperger menyebutnya sebagai pemain yang bijaksana pada usianya yang masih begitu muda. Kabak juga dikenal sangat tenang dan terkontrol dalam mengorganisir
pertahanan serta tidak kompromi dalam mengambil keputusan, khususnya dengan tekel bersih di area kotak penalti sendiri.

Bersama Schalke untuk lima tahun ke depan, tentunya ia akan menjadi tumpuan David Wagner dalam skemanya mematahkan alur serangan lawan. Bermodalkan fisik atletis dan ideal serta kemampuannya dalam menerapkan taktik pelatih secara maksimal - mampukah defender yang mengenakan nomor punggung 4 ini mengorganisir benteng pertahanan Schalke dalam upaya mereka merebut kembali kehormatan sebagai yang terbaik di Bundesliga? Kita pantau perjalanannya pada gelaran Bundesliga musim 2019/20 ini.

3 dari 3 halaman

Tahukah Kamu?

Dua gol Kabak dalam kemenangan 5-1 Stuttgart atas Hannover pada matchday ke-24 musim lalu membuatnya melampaui rekor Hakan Calhanoglu sebagai pemain Turki termuda yang mencetak dua gol dalam satu pertandingan di Bundesliga di usia 18 tahun 11 bulan dan tujuh hari. Luar biasa bukan?

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR