Mengenal Andre Silva, Bomber Pengganti Rebic di Eintracht Frankfurt

Dimas Ardi Prasetya | 11 September 2019 02:12
Andre Silva (c) AFP

Bola.net - Striker asal Portugal, Andre Silva, menjadi pemain anyar Eintracht Frankfurt, menggantikan Ante Rebic yang hijrah ke AC Milan.

Silva sempat digadang-gadang bakal jadi salah satu penyerang terbaik Portugal. Bahkan, ada yang menyebut ia menjadi prospek terbaik sepakbola negara tersebut setelah Cristiano Ronaldo. Hal tersebut tak lepas dari ketajaman yang ia tunjukkan saat masih junior.

Contohnya, pada usia delapan tahun, ia mencetak 15 gol dalam satu pertandingan saja saat bermain untuk Salgueiros melawan Vianese. Ia kemudian direkrut oleh Porto pada usia 15 tahun.

Pada usia 20 tahun, ia diberi kesempatan untuk bermain di tim senior Porto. Ia kemudian membuktikan pilihan pelatih tidak salah dengan mencetak 24 gol dari 58 pertandingan di dua musim perdananya di Estadio do Dragao.

Kehebatan Silva juga terlihat di level internasional. Ia mencatatkan penampilannya di level senior untuk pertama kalinya pada September 2016, dan menjadi pemain Portugal termuda yang mencetak hat-trick hanya pada laga keduanya untuk negaranya - melawan Kepulauan Faroe.

Ia kemudian mampu mengoleksi 13 gol di level senior hanya dalam 28 pertandingan. Kapten Portugal, Ronaldo, butuh 41 pertandingan untuk mencapai angka yang sama.

Performa Silva yang tajam saat itu membuat sejumlah tim tertarik merekrutnya. Salah satunya Real Madrid.

"Andre Silva melakukan pekerjaan yang fenomenal, dan bukan hanya berkat gol-golnya," jawab Ronaldo ketika ditanya tentang ketertarikan Madrid pada Silva saat striker itu masih di Porto.

1 dari 2 halaman

Milan dan Sevilla

Pada akhirnya, Silva malah berlabuh ke AC Milan pada musim panas 2017. Ia pindah ke San Siro dengan bandrol sekitar 40 juta euro.

Namun di sana Silva gagal bersinar. Ia kesulitan beradaptasi dengan sepak bola Italia. Ia sebenarnya bisa mencetak banyak gol saat bermain bersama Millan di Liga Europa, namun kesulitan saat bermain di Serie A.

Milan lantas meminjamkannya ke Sevilla pada musim 2018-19. Silva memulai perjalanannya di Spanyol dengan hat-trick di laga debut melawan Rayo Vallecano. Ia juga mencetak dua gol dalam kemenangan 3-0 atas Real Madrid, menambah jumlah golnya menjadi tujuh gol dari tujuh laga, lebih banyak dari Lionel Messi pada saat itu.

Malangnya ia kemudian diganggu oleh masalah hamstring dan lutut. Dua gol tambahan dan satu assist adalah jumlah dari kontribusinya selama di klub tersebut, sementara cedera juga membuatnya tidak mendapat tempat di skuad UEFA Nations League bersama timnas Portugal.

2 dari 2 halaman

Transfer ke Frankfurt

Pada bursa transfer musim panas 2019 kemarin, Silva sempat disebut akan pindah ke AS Monaco. Namun transfernya batal setelah ia menjalani tes medis.

Frankfurt terkesan dengan Silva, yang punya gaya main mirip dengan Frederic Kanoute. Ia begitu tenang saat berada di kotak penalti dan memiliki insting pembunuh yang jempolan saat berada di depan gawang lawan. Kemampuan itu ditunjang pula dengan kemampuannya berada di tempat dan saat yang tepat untuk menyambut bola.

"Andre sangat cocok dengan filosofi pelatih kami," tutur anggota dewan manajemen klub Frankfurt, Fredi Bobic.

Andre Silva berlabuh ke Eintracht Frankfurt dengan status pinjaman selama dua musim jelang penutupan bursa transfer di Bundesliga. Ia ditukar dengan Ante Rebic, yang juga berstatus pinjaman ke AC Milan.

(Bundesliga)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR