Marco Reus dan Jurgen Klopp Raih Penghargaan Pemain dan Pelatih Terbaik Jerman

Dimas Ardi Prasetya | 28 Juli 2019 23:21
Marco Reus (c) AP Photo

Penyerang Borussia Dortmund Marco Reus mendapat penghargaan Footballer of the Year di Jerman sementara Jurgen Klopp didapuk sebagai Coach of the Year.

Acara pemilihan pemain dan pelatih terbaik di Jerman ini digelar oleh Asosiasi Jurnalis Olahraga Jerman. Mereka bekerja sama dengan majalah Kicker.

Pemenang penghargaan ini ditentukan melalui voting. Reus mendapat 150 dari total 450 suara.

Ia jauh unggul di pemain yang ada di posisi kedua yakni bintang muda Bayer Leverkusen, Kai Havertz serta bek Bayern Munchen, Joshua Kimmich.

Musim lalu, Reus tampil sebanyak 36 kali di semua ajang kompetisi bersama Dortmund. Ia mencetak 21 gol dan 13 assist.

(kck/gl/dim)
1 dari 3 halaman

Perasaan Reus

Penghargaan ini bukan yang pertama kalinya didapat oleh Reus. Pemain berusia 30 tahun ini sebelumnya sudah pernah memenangkannya pada tahun 2012 saat ia masih bermain di Borussia Monchengladbach.

Bagi Reus, penghargaan ini sangatlah berarti baginya. Apalagi ia sebelumnya sempat lama dihajar cedera.

"[Penghargaan] ini lebih baik daripada saat itu. Sebuah perasaan yang berbeda dengan tujuh tahun yang lalu," bebernya seperti dilansir Goal International.

"Jika Anda seorang pemain dengan hanya tiga atau empat tahun yang tersisa, Anda merayakan kesuksesan sedikit lebih emosional daripada sebelumnya dan lebih menikmati semuanya," tutur Reus.

"Sulit untuk kembali setelah cedera yang sama seriusnya dengan ligamen saya yang pecah pada tahun 2017 dan menjadi pemain terbaik tahun ini, yang membuat saya bangga dan menunjukkan bahwa saya telah mengambil jalan yang baik setelah cedera saya," tandasnya.

2 dari 3 halaman

Penghargaan Klopp

Sementara itu Klopp berhasil membuat Liverpool tampil apik pada musim 2018-19 kemarin Puncaknya, ia berhasil membawa The Reds menjadi juara Liga Champions.

Penghargaan ini sendiri bukan yang pertama kali diraih oleh manajer berusia 52 tahun itu. Ia sebelumnya sudah pernah mendapatkannya dua kali.

Yang pertama pada tahun 2011 dan yang kedua pada 2012. Saat itu Klopp masih menjadi pelatih Borussia Dortmund.

Prestasi yang diraih oleh Jurgen Klopp ini menyamai prestasi Felix Magath. Sebelumnya tak ada pelatih lain yang bisa menyamai raihan eks bos Bayern Munchen tersebut.

3 dari 3 halaman

Usaha Kolektif

Jurgen Klopp unggul 44 suara dari pelatih yang ada di posisi kedua, Friedhelm Funkel. Ia adalah pelatih yang secara mengejutkan membawa Fortuna Dusseldorf sukses finis di peringkat ke-10 di Bundesliga musim lalu.

Klopp senang menerima penghargaan itu. Namun ia mengaku penghargaan tersebut bisa ia raih berkat usaha kolektif.

"Saya tahu kepada siapa saya berutang penghargaan luar biasa ini: pada tim saya dan tim pelatih saya. Hanya secara kolektif kita dapat mencapai keberhasilan yang telah kita raih," seru klopp.

"Saya juga senang dengan Friedhelm Funkel dan Adi Hutter, yang karyanya telah diakui," pungkas Jurgen Klopp.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR