Liga Champions: Duel Antar Lini Manchester City vs Borussia Dortmund

Asad Arifin | 2021-04-06 14:39
Erling Braut Haaland merayakan golnya ke gawang Sevilla pada leg pertama babak 16 Besar Liga Champions 2020/2021 (c) AP Photo

Bola.net - Manchester City akan menjamu Borussia Dortmund pada babak perempat final Liga Champions 2020/21. Pertandingan leg pertama ini akan berlangsung di Stadion Etihad, Rabu (7/4/2021) pukul 02.00 dini hari WIB.


Dalam laga nanti, tim asuhan Pep Guardiola lebih unggulkan dalam meraih kemenangan. Pasalnya, Dortmund datang ke markas Cityzens sedang dalam performa yang kurang meyakinkan. Di laga terakhirnya, Die Borussen kalah 2-1 atas Eintracht Frankfurt.

Sedangkan, City memiliki modal bagus setelah laga terakhirnya berhasil menang 2-0 dari Leicester City. Meski Dortmund dalam performa buruk, tak ada jaminan bagi Die Borussen bisa meraih tiga poin. Pasalnya, tim asuhan Edin Terzic memiliki pemain muda berbakat yang dapat menyulitkan pertahanan City.

Lantas seperti apa duel antarlini yang akan terjadi pada laga nanti? Berikut ulasannya.

1 dari 5 halaman

Kiper

Di posisi ini, Dortmund akan tetap mengandalkan jasa penjaga gawang keduanya yakni Marwin Hitz. Sejauh ini, ia sudah menorehkan lima clean sheet dan sudah kebobolan 13 gol dari 11 laga pertandingan di Bundesliga.

Sementara itu, City harus bangga karena mempunyai sosok Ederson yang sangat handal di bawah mistar gawang. Sebab, pemain asal Brasil itu menjadi salah satu faktor City bisa menempati posisi pertama klasemen sementara Premier League.

Musim ini, ia berhasil menorehkan 17 clean sheet dari 30 laga penampilannya dan sudah kebobolan 20 gol di Premier League.

2 dari 5 halaman

Bek

Dortmund akan mengandalkan duet Mats Hummels dan Emre Can. Kerja sama dari kedua pemain tersebut bakal dipastikan menjadi pertahanan yang kokoh bagi Die Borussen. Mereka juga akan dibantu oleh Mateu Morey dan Raphael Guerreiro menempati sisi sayap pertahanan.

Sedangkan, City bakal menurunkan bek berbakat mereka yakni John Stones dan Ruben Dias. Kualitas kedua pemain tersebut tak bisa dipandang remeh. Pasalnya, Stones dan Dias membuat pertahanan City menjadi tembok yang kokoh.

Lalu, bagian sayap pertahanan bakalan dihuni oleh Kyle Walker dan Oleksandr Zinchenko. Kedua pemain tersebut sangat cerdik dalam memutus serangan dan membantu serangan dari sisi lapangan.

3 dari 5 halaman

Tengah

Edin Terzic akan mengandalkan tiga gelandang terbaik mereka. Di posisi gelandang bertahan akan diisi oleh Thomas Delaney. Sejauh ini, pemain berusia 29 tahun itu sudah memainkan 15 laga penampilannya di Bundesliga.

Delaney akan dibantu oleh Jude Bellingham dan Mahmoud Dahoud. Kedua pemain tersebut bisa dipercaya dalam menjaga pertahanan lini belakang serta membantu lini serang menyisir sisi lapangan bagi Dortmund.

Sementara itu, Pep Guardiola akan mengandalkan kreativitas dari sang gelandang bertahan mereka yakni Rodri. Pemain berusia 24 tahun itu akan mempercayakan gelandang sayap mereka yakni Bernardo Silva dan ilkay Gundogan dari sisi lapangan.

4 dari 5 halaman

Depan

Di lini depan, Die Borussen akan mempercayakan peran Erling Haaland sebagai penyerang tunggal. Pemain berusia 20 tahun itu bisa menjadi ancaman serius bagi pertahanan City. Sebab musim ini, ia sudah menorehkan 33 gol dari 32 laga di semua kompetisi.

Haaland juga akan mempercayakan Marco Reus dan Thorgan Hazard yang bisa menyulitkan pertahanan City dari sisi lapangan.

Sedangkan City, akan memaksimalkan Sergio Aguero di ujung tombak. Meskipun musim ini baru menampilkan sembilan laga di Premier League. Namun, pengalamannya menjadi striker tak bisa diragukan lagi. Ia akan ditemani oleh penyerang sayap mereka Phil Foden dan Raheem Sterling.

5 dari 5 halaman

Perkiraan susunan pemain

Manchester City: Ederson; Walker, Stones, Dias, Zinchenko; Silva, Rodri, Gundogan; Foden, Aguero, Sterling (c)

Absen: -

Pelatih: Pep Guardiola

Borussia Dortmund: Hitz; Morey, Can, Hummels, Guerreiro; Bellingham, Delaney, Dahoud; Reus (c), Haaland, Hazard

Absen: Moukoko, Sancho, Schmelzer, Witsel, Zagadou

Pelatih: Edin Terzic

(Bola.net/Muhammad Ibnu Prasetyo)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR