Inilah Aturan Baru di Bundesliga Musim 2019-2020, Ada yang Baru Nih!

Afdholud Dzikry | 2019-07-02 13:13
Bola Derbystar Matchball yang akan dipakai Bundesliga musim 2019-2020. (c) DFL

Bola.net - Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB) telah menyetujui sejumlah peraturan dan regulasi baru yang mulai berlaku untuk Bundesliga musim 2019/20 mendatang.


IFAB adalah badan yang menentukan Hukum Permainan dalam sepak bola dan terdiri dari perwakilan FIFA, serta Asosiasi Sepak Bola Inggris, Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara. Bersama-sama mereka menyetujui aturan standar untuk kompetisi internasional dengan perubahan tahunan yang mulai berlaku pada 1 Juli setiap tahunnya.

Penarasan apa saja sih peraturan di Bundesliga yang berubah pada musim kompetisi mendatang? Simak selengkapnya di bawah ini ya Bolaneters!.

1 dari 5 halaman

Handball

Banyak dari pelaku sepak bola yang percaya bahwa kejelasan lebih lanjut diperlukan untuk wasit mengenai handball, oleh karena itu IFAB telah kembali menyebutkan sejumlah aturan.

Ditekankan bahwa handball yang disengaja akan tetap dianggap pelanggaran namun skenario berikut juga akan menghasilkan tendangan bebas bahkan meski tidak disengaja:

  • Jika bola mengarah ke gawang setelah menyentuh tangan atau lengan pemain yang sedang menyerang.
  • Seorang pemain mendapatkan kontrol/kepenguasaan bola setelah menyentuh tangan/lengan mereka dan kemudian mencetak gol, atau menciptakan peluang mencetak gol.
  • Bola menyentuh tangan/lengan pemain yang membuat tubuh (torso) mereka lebih besar secara tidak wajar.
  • Bola menyentuh tangan/lengan pemain saat berada di atas level bahu mereka.
2 dari 5 halaman

Tendangan penalti

Di sini IFAB mengklarifikasi tentang di mana kiper boleh berdiri selama penalti. Aturannya sekarang menyatakan: "Kiper harus memiliki setidaknya satu kaki yang berada di garis gawang saat tendangan dilakukan. Mereka tidak boleh berdiri di belakang/depan garis." Ini memudahkan identifikasi apakah kiper berada di garis, karena mereka mungkin juga melompat. Kiper juga tidak boleh menyentuh tiang gawang, mistar gawang atau jaring.

3 dari 5 halaman

Substitusi

Jumlah pemain pengganti dalam skuad Bundesliga akan meningkat dari tujuh menjadi sembilan. Namun, hanya enam per tim yang diizinkan melakukan pemanasan secara bersamaan. Seperti di kompetisi lain di mana perpanjangan waktu dapat dimainkan, pergantian keempat akan diizinkan di play-off Bundesliga jika diperlukan tambahan 30 menit di leg kedua.

Namun, mungkin perubahan yang paling mencolok adalah bagaimana penggantian dilakukan.

Dirancang untuk mencegah pemain 'membuang-buang waktu' dengan meninggalkan lapangan secara perlahan, seorang pemain yang diganti kini harus 'meninggalkan lapangan pada titik terdekat di garis lapangan/garis gawang (seperti dalam situasi cedera). Seorang pemain yang melanggar undang-undang ini dapat dikenai sanksi karena perilaku tidak sportinya, yaitu menunda permainan'. Pengecualiannya adalah jika wasit menginstruksikan pemain untuk keluar menuju lorong dengan alasan medis/keamanan.

4 dari 5 halaman

Tendangan Gawang

Sebuah aturan yang telah menjadi sumber frustrasi selama bertahun-tahun akhirnya telah diperbaiki. Sebelumnya bola harus meninggalkan area penalti dari tendangan gawang untuk bisa dimainkan, tetapi perubahan sekarang menyatakan "bola dapat dimainkan setelah tendangan dilakukan dan dapat dimainkan sebelum meninggalkan area penalti."

Peraturan ini dibuat untuk menghindari taktik membuang waktu ketika seorang bek dengan sengaja memainkan bola sebelum meninggalkan area, mengetahui bahwa tendangan gawang akan diambil kembali. Namun, lawan harus tetap berada di luar area penalti hingga bola dimainkan.

5 dari 5 halaman

Tendangan Bebas

Mungkin ini merupakan salah satu perubahan yang signifikan mengenai pagar betis saat melakukan tendangan bebas. Sebelumnya, pemain lawan sering menempatkan diri mereka di dalam pagar mencoba menciptakan celah untuk menembak. Hal ini sering menyebabkan problem dalam mengatur sebuah tendangan bebas dan membuang-buang waktu sehingga telah dilarang. Aturan tersebut sekarang menyatakan: “Ketika ada 'pagar' yang terdiri dari tiga pemain atau lebih, para penyerang tidak diperbolehkan berada dalam jarak 1 meter dari pagar; penyerang yang berada kurang dari 1 meter 'pagar' ketika tendangan diambil akan dihukum dengan tendangan bebas tidak langsung .”

Sudah siap menyambut musim baru Bundesliga 2019/20? Siapa kira-kira yang bakal menarik perhatian di musim ini?.

TAG TERKAIT

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR