Erling Haaland dan Para Bomber Haus Gol Borussia Dortmund Sepanjang Sejarah

Serafin Unus Pasi | 2020-04-06 22:53
Erling Haaland (c) Bundesliga

Bola.net - Sebagai salah satu raksasa di Bundesliga, Borussia Dortmund memiliki sebuah tradisi yang unik. Tim yang bermarkas di lembah ruhr itu punya kebiasaan untuk mengorbitkan penyerang-penyerang top dari waktu ke waktu.


Pada bulan Januari kemarin, Die Borussen berhasil mendapatkan salah satu talenta hebat. Mereka merekrut Erling Braut Haaland dari FC Salzburg.

Tidak butuh waktu yang lama bagi putra Alf Inge Haaland itu untuk unjuk gigi di Bundesliga. Dari delapan penampilan perdananya di kasta tertinggi sepakbola Jerman itu, ia berhasil menyarangkan sembilan gol.

Nah sebelum Haaland menjadi pujaan baru di Signal Iduna Park, ada sejumlah striker hebat yang pernah menjadi ujung tombak The Black and Yellow. Siapa saja penyerang-penyerang hebat itu? Yuk intip daftarnya di bawah ini.

1 dari 4 halaman

Robert Lewandowski

Lewandowski mengakhiri musim Bundesliga perdananya dengan mencetak delapan gol dalam 33 penampilan saat Dortmund memenangkan gelar liga berturut-turut untuk yang pertama dari yang ke-2.

Musim berikutnya, "Lewi" menginjak pedal gas lebih dalam dengan mencetak 22 gol saat The Black and Yellows mengangkat Meisterschale -silverware dalam bahasa Jerman- untuk kedua kalinya secara berturut-turut.

Ia mencetak 103 gol dalam 187 penampilan untuk Dortmund sebelum pindah ke Bayern Munchen, di mana pemain kelahiran Warsawa Polandia itu telah menjadi salah satu striker terbaik dalam sejarah Bundesliga.

Kapten Polandia tersebut adalah pemegang rekor pemain non-Jerman yang jadi pencetak gol terbanyak liga dan berada di urutan ke-3 dalam daftar sepanjang masa. Gelar yang telah ia raih di antaranya adalah juara Bundesliga tujuh kali, pemenang Piala DFB tiga kali dan pemenang Torjõgerkanone empat kali.

2 dari 4 halaman

Pierre-Emerick Aubameyang

Cepat bak halilintar, gerakan yang super-elusif, ketenangan luar biasa, dan topeng - ya, punya banyak topeng superhero. Itu semua adalah keunggulan dari Aubameyang yang dalam empat setengah musimnya di hadapan Yellow Wall membuahkan total 141 gol dalam 213 penampilan untuk Die Borussen.

98 gol dari 144 pertandingan di Bundesliga hadir dengan rasio satu gol per 0.7 pertandingan. Aubameyang menjadi pemegang rekor pencetak gol terbanyak asal benua Afrika dalam sejarah Bundesliga sebelum ia meninggalkan klub pada Januari 2018.

3 dari 4 halaman

Paco Alcacer

Paruh pertama Alcacer di awal musim lalu benar-benar luar biasa karena ia mencetak 12 gol dalam 17 penampilan. Saat itu, Dortmund meraih puncak klasemen dan jadi pemenang dalam duel Der Klassiker di pekan ke-11 -dengan Alcacer mencetak gol kemenangan- dan membantu pasukan Lucien Favre mengakhiri Hinrunde dengan unggul enam poin dari sang pemegang rekor terbanyak juara liga tersebut.

Alcacer mencakup total waktu bermain hanya 1.204 menit, dengan rasio gol setiap 67 menit membuatnya menjadi striker paling klinis dalam sejarah Bundesliga saat itu.

4 dari 4 halaman

Erling Haaland

Ia adalah pemuda paling sensasional di sepak bola Eropa saat ini. Haaland membuat penggemar Bundesliga terpana saat berhasil mencetak hat-trick di laga debut, sebagai pemain pengganti!

Sensasinya tak berhenti di situ, ia juga mencatat rekor lainnya sebagai pemain pertama yang mencetak sembilan gol di enam laga pertama di Bundesliga. Rasio golnya pun luar biasa dengan satu gol di setiap dua tembakan ke gawang.

Memang masih terlalu dini untuk menilai di mana Haaland bisa bersanding di antara para pendahulunya namun ia sudah pasti termasuk dalam jajaran nomor 9 terbaik Dortmund sepanjang masa.

(Bundesliga)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR