Duel Antarlini Borussia Dortmund vs Schalke 04: Laga Klasik Penuh Gengsi

Asad Arifin | 2021-02-19 14:08
Fans Borussia Dortmund menonton partai Derby Ruhr bersama sahabatnya yang merupakan fans Schalke (c) Bundesliga

Bola.net - Pekan ke-22 Bundesliga akan menyajikan revierderby antara Borussia Dortmund lawan Schalke 04. Duel panas ini akan digelar di Veltins-Arena, minggu (21/02/2021).


Dari statistik beberapa laga terakhir, Dortmund mengalami catatan tandang yang kurang memuaskan. Die Borussen kalah di tiga laga mereka berturut-turut untuk pertama kalinya dalam enam tahun.

Jelang laga revierderby nanti, sorotan mata bakal tertuju pada lini serang kedua klub. Matthew Hope, wonderkid asal Amerika yang menjadi topskor bagi Schalke, bakal diandalkan The Royal Blues untuk meneror jantung pertahanan Dortmund.

Di kubu rival, Erling Haaland akan jadi masalah serius bagi Schalke. Ia baru saja mencetak dua gol pada Liga Champions melawan Sevilla Kamis lalu. Haaland mungkin akan menambah koleksi gol nya di Bundesliga saat tandang ke Veltins-Arena.

Berikut ulasan duel antarlini Borussia Dortmund vs Schalke 04.

1 dari 5 halaman

Kiper

Ralf Fahrmann akan berduel dengan Roman Burki. Ralf Fahrmann bisa dibilang jadi andalan Schalke pada posisi penjaga gawang.

Catatan statistiknya tidak terlalu baik musim ini, ia hanya mampu clean sheet sebanyak 2 kali dan sudah kebobolan 35 gol dari 14 penampilan musim 2020/21.

Roman Burki punya catatan yang agak lebih baik. Pemain asal Swiss milik Dortmund mempunyai catatan kebobolan sebanyak 26 kali dan memiliki clean sheet sebanyak empat kali.

2 dari 5 halaman

Bek

Duet Manuel Akanji dan Mats Hummels akan tetap jadi andalan bagi Die Borussen. Pengalaman Hummels di lini pertahanan Dortmund akan jadi pembeda dalam revierderby nanti.

Sedangkan Schalke, sedang memiliki masalah serius pada lini pertahanan. Total The Royal Blues telah kemasukan 52 gol. Skhodran Mustafi yang baru diboyong Schalke dengan gratis dari Arsenal, diperkirakan akan berduet dengan Matija Nastasic.

Mustafi dan Nastasic bakal mengemban peran penting untuk menghentikan pergerakan Haaland sebagai mesin gol Dortmund.

3 dari 5 halaman

Gelandang

Di lini tengah, tentu Dortmund memiliki nama-nama yang jauh lebih unggul. Marco Reus yang akan memainkan laga ke-300 nya di Bundesliga diprediksi bakal bermain habis-habisan. Lalu, ada pemain muda Jude Bellingham yang bisa jadi pembeda di lini tengah.

Christian Gross, pelatih Schalke, kemungkinan akan memilih duet Nabil Bentaleb dan Suat Serdar di lini tengah. Benjamin Stambouli juga diharapkan dapat memutus serangan pada lini tengah, sebelum masuk ke area vital pertahanan Schalke.

4 dari 5 halaman

Penyerang

Klass-Jan Huntelaar belum bisa bermain karena cedera. Mattew Hoppe akan jadi andalan. Ia baru melakukan debut pada November lalu, tapi kini sudah memiliki catatan lima gol dalam 11 penampilan Bundesliga musim ini.

Amine Harit bakal membantu Hoppe di sisi penyerangan. Musim ini, Harit juga memiliki catatan baik dengan satu gol dan lima asis dari 16 pertandingan.

Di kubu Dortmund, mereka punya juru gedor super yakni Erling Haaland. Haaland baru saja mengalahkan rekor yang dipegang Roy Makaay di Bayern Munchen. Ia menjadi pemain tercepat yang mampu menembus milestone sepuluh gol untuk satu tim di Liga Champions.

Bersama Jadon Sancho, yang punya kecepatan dan teknik baik, Haaland harus sangat diwaspadai oleh Schalke.

5 dari 5 halaman

Perkiraan Susunan Pemain

Schalke (4-2-3-1): Fährmann; Becker, Mustafi, Natastic, Kolasinac (c); Stambouli, Bentaleb; William, Serdar, Harit; Hoppe

Absen: Huntelaar (cedera), Ludewig (cedera), Paciencia (cedera), Rönnow (cedera), Sane (cedera), Skrzybski (cedera)

Meragukan: Mark Uth (cedera)

Pelatih: Christian Gross

Dortmund (4-2-3-1): Bürki; Meunier, Akanji, Hummels, Guerreiro; Bellingham, Delaney; Sancho, Reus (c), Reyna; Haaland

Absen: Schmelzer (cedera), Witsel (cedera)

Meragukan: Hazard (cedera), Piszczek (cedera), Zagadou (cedera)

Pelatih: Edin Terzic

(Bola.net/Muhammad Afif Farhan)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR