Duel Antarlini Borussen Derby: Siapa Penguasa North-Rhine Westphalia?

Asad Arifin | 2021-01-22 15:19
Borussen Derby, Monchengladbach vs Dortmund (c) Bundesliga

Bola.net - Pekan ke-18 Bundesliga akan menyuguhkan duel klasik antara Borussia Dortmund menjamu Borussia Monchengladbach. Laga ini akan digelar di Borussia Park pada Sabtu (23/1/2021) dini hari WIB.


Pada lima laga terakhir, Monchengladbach berhasil menyapu empat kemenangan dan satu hasil seri yakni ketika bermain di kandang Stuttgart. Bekal yang cukup positif bagi Die Fohlen jelang laga ini.

Berbeda dengan rivalnya, Die Borussen sedang mengalami hasil yang tidak memuaskan. Di lima laga terakhir, mereka hanya sanggup meraup dua kemenangan. Misi penting bagi Dortmund dalam meraih kemenangan untuk mengejar sang pemuncak klasemen Bayern Munchen.

Ada hal menarik yang dapat diulas dalam Borussen Derby. Kedua tim memiliki sejumlah talenta berbakat. Bentrok antarlini pasti akan terjadi, untuk menentukan siapa yang paling pantas menguasai tahta tertinggi di North-Rhine Westphalia.

Lantas, siapa yang paling dijagokan pada masing-masing lini? Mari kita lihat ulasan berikut:

1 dari 5 halaman

Marcus Thuram vs Erling Haaland

Haaland telah mengoleksi 33 gol dan enam asis hanya dari 32 laga bersama Dortmund di semua kompetisi. Sejak debut awalnya bersama Dortmund, statistik gol Haaland melesat cepat dengan mencetak 10 gol dalam 11 pertandingan liga pertamanya.

Tak dapat disangkal kedatangan Halaand menjadikan Dortmund sangat ketergantungan pada kinerja bocah 20 tahun itu.

Soal mencetak gol, lini depan Monchengladbach tak mau kalah. Marcus Thuram juga punya catatan sama fantastisnya dengan Haaland sejak pertama kali menginjakkan kaki di Jerman. Awal berseragam Die Fohlen, Thuram langsung tancap gas dengan 10 gol dan delapan asis.

Namun, memasuki musim 2020/21 tidak sesuai harapan, Thuram baru mencetak 2 gol dan satu asis sejauh ini.

2 dari 5 halaman

Lars Stindl vs Marco Reus

Bergersar sedit ke belakang, pertarungan antara Marco Reus dan Lars Stindl juga tak akan kalah seru. Memegang Mahkota kapten di timnya, Lars Stindl akan jadi jendral lapangan tengah untuk Monchengladbach. Pemimpin Die Fohlen berusia 32 tahun itu, telah mencatatkan 9 gol dan 4 asis dalam 16 penampilan musim 2020/21.

Tidak jauh berbeda dari Lars Stindl. Kapten ikonik Dortmund, Marco Reus akan tampil habis-habisan. Setelah pulih dari cedera yang dideritanya, Marco Reus berhasil tampil baik dengan mengemas dua asis saat menjamu Leipzig.

Namun, musim ini terasa sulit bagi Marco Reus karena penurunan perfoma akibat cedera. Dalam 12 laga, Reus baru mengoleksi tiga gol dan tiga asis walaupun performa tersebut jauh di atas standar pemain 31 tahun itu.

3 dari 5 halaman

Yann Sommer vs Roman Burki

Lanjut pada lini vital di sepak bola yaitu, penjaga gawang. Dari Monchengladbach, ada nama Yann Sommer. Kiper asal Swiss itu menunjukkan persentase penyelamatan fantastis sebesar 76 persen musim 2019/2020. Catatan tersebut merupakan yang terbaik di liga musim lalu.

Sedangkan, pada musim 2020/2021 ini, kiper andalan Monchengladbach itu juga berhasil mencatatkan tiga kali clean sheets.

Dortmund punya kiper dengan kewarnegaraan sama dengan Sommer yakni Roman Burki.

Roman Burki banyak berkontribusi untuk Dortmund sejak pertama kali bergabung pada tahun 2015. Salah satu kiper terbaik Bundesliga ini memiliki statistik 63 persen dalam penyelamatan musim lalu. Walaupun performanya musim ini tidak terlalu baik, Burki tetap jadi andalan Dortmund.

4 dari 5 halaman

Matthias Ginter vs Mats Hummels

Di deretan lini pertahanan, nama Matthias Ginter dan Mats Hummel jadi andalan bagi Monchengladbach dan Dortmund. Ginter punya catatan bagus di Bundesliga. Sosok berusia 27 tahun mampu memenangi duel udara dengan rasio 66 persen pada musim lalu dan secara signifikan meningkat menjadi 70 persen pada musim ini.

Sedangkan kubu Dortmund punya Mats Hummels si ‘The Quarterback’. Meski usianya sudah 32 tahun, catatan statistiknya tetap menakjubkan.

Hummels memenangkan 74 persen duel udara. Catatan itu menjadikan Hummels sebagai bek yang pantas ditakuti lini depan Monchengladbach. Hummels juga mampu mengobarkan semangat di lapangan, dirinya memiliki jiwa pemimpin yang natural.

5 dari 5 halaman

Florian Neuhaus vs Gio Reyna

Pada usia yang sangat muda, Gio Reyna sudah tampil sebanyak 12 laga di Bundesliga musim ini. Gio Reyne mampu memberikan tiga gol dan empat asis untuk Dortmund. Bermain dengan solid bersama Jadon Sancho dan Erling Haaland, Gio Reyna menjadi pemain muda menjanjikan bagi klub-klub besar Eropa nantinya.

Monchengaldbach juga punya gelandang muda nan cerdik. Florian Neuhaus, 23 tahun, sudah mencetak tiga gol pada 16 laga di Bundesliga musim ini. Bersama Lars Stindl di lini tengah, Neuhaus bisa jadi duet menakutkan bagi klub Bundesliga lainnya.

Neuhaus sangat cerdik melihat ruang bebas. Jadi, Dortmund harus waspada dengan potensinya.

(Bola.net/Muhammad Afif Farhan)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR