Duel Antarlini Bayern Munchen vs RB Leipzig: Pertarungan Sengit Demi Gelar Bundesliga

Asad Arifin | 2021-04-01 15:03
Duel Thomas Muller dan Dayot Upamecano pada laga Bayern Munchen vs RB Leipzig di Bundesliga musim 2020/2021 (c) Bundesliga

Bola.net - Pekan ke-27 Bundesliga akan menyajikan laga penting antara Bayern Munchen menjamu RB Leipzig pada Sabtu (3/1/2021), pukul 23.30 WIB. Laga ini akan berlangsung di Stadion Red Bull Arena.


RB Leipzig tidak pernah kalah pada delapan laga terakhir di Bundesliga. Tim asuhan Julian Nagelsmann telah mengumpulkan 22 poin dari kemungkinan 24 poin. Sementara, Munchen juga tengah berada dalam jalur positif. Tercatat, mereka berhasil memenangkan empat laga terakhirnya di Bundesliga.

Tim asuhan Hansi Flick harus bermain tanpa Robert Lewandowski yang menepi akibat cedera lutut pasca jeda internasional. Tidak adanya Lewandowski, ketajaman di lini depan Munchen akan diuji. Jika Munchen berhasil meraih hasil positif, mereka akan unggul tujuh poin dan memantapkan posisinya di klasemen Bundesliga.

Berikut duel antarlini antara Bayern Munchen vs RB Leipzig.

1 dari 4 halaman

Kiper: Peter Gulacsi vs Manuel Neuer

Peter Gulacsi tetap ditunjuk sebagai palang terakhir bagi Leipzig. Sementara, nama Manuel Neuer bakal ambil bagian pada posisi penjaga gawang utama di Munchen.

Sejauh ini di Bundesliga, Gulacsi mampu menorehkan catatan yang impresif. Ia hanya kebobolan 21 gol dalam 26 laga yang telah berhasil dimainkan. Ia juga memiliki 13 kali clean sheets. Melihat catatan statistik, musim ini Gulacsi jauh lebih baik menjaga gawangnya.

Sedangkan, Neuer memiliki catatan kebobolan di angka 35 kali dari 26 penampilan di Bundesliga. Neuer baru melakukan enam kali clean sheets sejauh ini.

2 dari 4 halaman

Bek: Sorotan untuk Dayot Upamecano

Dayot Upamecano akan memimpin lini pertahanan Leipzig, melawan klubnya musim depan.

Upamecano akan ditemani Lukas Klostermann dan Willy Orban untuk menjaga keutuhan pertahanan dari ancaman lini serang Munchen. Musim ini, Upamecano memang jadi alasan utama dibalik kokohnya tembok pertahanan Leipzig

Berkat penampilan apiknya, Leipzig hanya baru kemasukan 21 gol setelah 26 laga berlalu. Dari kubu Munchen, kehilangan sosok Jerome Boateng dan Alphonso Davies di lini pertahanan jadi kerugian besar buat Die Roten.

Untungnya, Munchen masih memiliki David Alaba dan Niklas Sule. Lini serang Leipzig bakal menguji kokohnya duet Alaba dan Sule di jantung pertahanan Munchen.

3 dari 4 halaman

Gelandang: Joshua Kimmich vs Marcel Sabitzer

Joshua Kimmich akan memainkan peran penting di lini tengah Munchen. Memiliki kekuatan dalam menjaga bola dengan baik, Kimmich juga punya umpan pinpoint mematikan dalam mendistribusikan bola ke jantung pertahanan lawan.

Sebaliknya, Marcel Sabitzer punya gaya bermain yang lebih ofensif secara langsung. Selain dapat mendistribusikan bola dengan baik, ia juga bisa mengemban peran sebagai pembuka ruang.

Dalam bertahan, keduanya sama-sama memiliki atribut yang lengkap. Baik Sabitzer maupun Kimmich, kedua pemain tersebut mampu dengan cepat menutup celah kosong di lini pertahanan. Ditambah, Sabitzer dan Kimmich juga punya keahlian dalam memutus serangan serta membangun serangan balik cepat.

4 dari 4 halaman

Penyerang: Alexander Sorloth vs Eric Maxim Choupo-Moting

Bagi Choupo-Moting, melawan Leipzig adalah kans besar untuk membuktikan bahwa ia layak menjadi bagian dari lini serang Munchen. Walaupun baru mengoleksi satu gol di Bundesliga, Choupo-Moting memiliki visi yang cerdik untuk menciptakan peluang.

Ia pun akan didukung oleh Thomas Muller, Serge Gnabry, dan Leroy Sane untuk membongkar pertahanan dari Leipzig.

Begitupun dengan Alexander Sorloth. Ia jadi pemain yang cukup berperan penting bagi Leipzig. Sorloth memang baru mengoleksi tiga gol dari 23 penampilan. Akan tetapi, etos kerjanya di lapangan dapat diandalkan oleh Julian Nagelsmann.

Dengan ditemani Christopher Nkunku, dan Dani Olmo, Leipzig siap membuat ancaman untuk lini pertahanan Munchen.

(Bola.net/Muhammad Afif Farhan)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR