Dayot Upamecano, Bek Tengah Seharga Rp1 Triliun Bidikan Arsenal

Asad Arifin | 2020-03-26 14:45
Dayot Upamecano (c) RB Leipzig Official

Bola.net - Bek tengah klub RB Leipzig, Dayot Upamecano diprediksi bisa menjadi solusi bagi keroposnya lini belakang Arsenal. Lantas, siapa sebenarnya sosok Dayot Upamecano?


Lini belakang menjadi titik lemah Arsenal pada musim 2019/2020. Pasca era Laurent Koscielny berakhir, The Gunners tidak punya bek tengah yang tampil konsisten dan diandalkan sepanjang musim.

Pada awal musim 2019/2020, Arsenal berharap kedatangan David Luiz bakal menjadi solusi di lini belakang. Akan tetapi, pemain yang dibeli dari Chelsea itu tidak mampu tampil bagus dan menjadi pemimpin di lini belakang.

Rob Holding berkutat dengan cedera, begitu juga dengan Sokratis. Masih ada Shkodran Mustafi, tetapi dia tidak berada dalam performa terbaik. Pablo Mari yang dibeli pada Januari 2020 pun belum memberi efek.

1 dari 2 halaman

Profil Dayot Upamecano

Dayot Upamecano lahir di Evreux, Prancis pada 27 Oktober 1998. Karir seniornya dimulai bersama klub asal Austria, Liefering, pada 2005. Sebelumnya, dia tampil bagus di tim junior Valenciennes FC.

Dayot Upamecano kemudian dibeli FC Salzburg dengan harga 2,2 juta euro. Dia tampil cukup bagus dan 'naik kelas' untuk bermain di RB Leipzig. Pada 2017, RB Leipzig membelinya dengan harga 7 juta euro.

Penampilan Dayot Upamecano terus menanjak. Pilar timnas Prancis di berbagai kelompok usia tersebut sempat berada dalam periode sulit pada 2019. Dia mengalami cedera lutut dan harus absen pada Januari hingga Mei 2019.

Cedera lutut tersebut kembali kambuh pada Agustus 2019, tetapi kali ini tidak terlalu parah.

Dayot Upamecano kini menjadi pilar penting di RB Leipzig. Sukses klub menjadi juara paruh musim Bundesliga musim 2019/2020 tidak lepas dari perannya. Begitu juga sukses Die Roten Bullen mencatat sejarah lolos ke perempat final Liga Champions.

2 dari 2 halaman

Harga Mahal Dayot Upamecano

Dayot Upamecano diyakini punya mimpi untuk melanjutkan karirnya di level yang lebih tinggi. Dia ingin bermain di Inggris atau liga top lainnya. Apalagi, sejauh ini pemain berusia 21 tahun belum pernah membela Prancis di level senior.

Kesempatan bagi Dayot Upamecano untuk melangkah lebih jauh bakal datang pada musim 2020/2021 mendatang. Sebab, ada banyak klub yang mulai mengicarnya. Salah satunya adalah Arsenal.

Arsenal menilai profil Dayot Upamecano sangat cocok dengan yang mereka butuhkan. Dia bisa menjadi solusi di lini belakang, sekaligus melanjutkan kisah sukses para pemain Prancis di klub asal London Utara.

Dayot Upamecano disebut telah meminta RB Leipzig untuk menjualnya pada musim depan. Namun, pihak klub ingin klub peminat menebus klausul pelepasan di kontrak Dayot Upamecano. Nilai klausul tersebut mencapai 55 juta pounds atau sekitar Rp1,05 triliun.

Bagaimana, Arsenal?

Sumber: Sportsmole

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR