Cukup Menjual Dembele ke Barcelona, Dortmund Bisa Mendapatkan 6 Pemain Bintang

Yaumil Azis | 2020-05-18 09:39
Julian Brandt, Raphael Guerreiro, dan pemain-pemain borussia dortmund (c) AP Photo

Bola.net - Dalam beberapa tahun terakhir, Borussia Dortmund telah melepas banyak pemain penting. Namun mereka terbukti bisa mengolah uang hasil penjualan pemain demi mendapatkan bintang baru.


Masih teringat bagaimana Dortmund mendapatkan pundi-pundi uang dari hasil penjualan Ousmane Dembele ke Barcelona di tahun 2017. Tidak tanggung-tanggung, Barcelona memboyong Dembele pergi dengan mahar mencapai 145 juta euro.

Padahal Dembele merupakan salah satu penggawa penting Dortmund di musim sebelumnya. Pria asal Prancis tersebut dimainkan sebanyak 49 kali di semua ajang dan berhasil mencetak 10 gol.

Kendati demikian, keputusan Dortmund melepas Dembele ke Barcelona sudah tepat. Selain karena Dembele terbukti jadi pemain one season wonder, mereka juga mendapatkan uang berjumlah besar untuk mendapatkan banyak pemain penting.

Scroll ke bawah untuk membaca enam pembelian penting Dortmund dari hasil penjualan Dembele ke Barcelona.

1 dari 6 halaman

Jadon Sancho

Pemain berkebangsaan Inggris tersebut didatangkan dengan mahar sebesar 8,7 juta euro dari Manchester City. Tepat pada musim panas yang sama saat Dembele memilih pindah ke Barcelona.

Dengan usia yang tak terpaut jauh, Sancho menunjukkan bahwa dirinya masih lebih baik dari Dembele. Sampai saat ini, ia sudah mengantongi total 31 gol dari 91 penampilan di semua kompetisi.

2 dari 6 halaman

Thorgan Hazard

Saudara dari bintang Real Madrid, Eden Hazard, ini sudah mencuri perhatian banyak klub sejak bermain bersama klub Jerman lainnya, Borussia Monchengladbach. Dan Dortmund beruntung bisa mendapatkannya pada musim panas 2019.

Dortmund punya banyak opsi yang bisa digunakan di lini depannya. Kendati demikian, Hazard mampu bersaing dan sudah mengantongi enam gol dan 11 assist dari 25 laga di Bundesliga.

Sebagai informasi, sejauh ini, hanya ada tiga pemain di Bundesliga yang memiliki torehan assist lebih banyak dari Hazard.

3 dari 6 halaman

Julian Brandt

Nama Julian Brandt sering disebut-sebut pada tahun 2018 lalu. Kala itu, Jurgen Klopp dikabarkan ingin memboyong Brandt dari Bayer Leverkusen sebelum mendatangkan sang bintang, Mohamed Salah.

Brandt datang bersamaan dengan Thorgan Hazard. Meskipun belum memberikan dampak seperti Mo Salah di Liverpool, namun kontribusi tujuh gol dan assist di semua kompetisi membuktikan bahwa Dortmund tidak sia-sia merekrutnya.

4 dari 6 halaman

Mats Hummels

Dalam rentang waktu dua tahun terakhir, Hummels adalah pembelian termahal Dortmund. Ia direkrut kembali dari Bayern Munchen dengan mahar mencapai 38 juta euro pada tahun 2019 kemarin.

Kualitas pada lini serang Dortmund memang patut diacungi jempol. Namun kontribusi Hummels di lini belakang jelas tidak bisa dipandang sebelah mata. Berkat pengalamannya, benteng Dortmund jadi lebih kokoh dari sebelumnya.

5 dari 6 halaman

Emre Can

Sempat mengalami kegagalan di Juventus, Emre Can hidup kembali setelah direkrut Dortmund pada Januari kemarin. Dortmund menghabiskan 25 juta euro untuk membawa mantan penggawa Liverpool tersebut ke Westfalenstadion.

Sebelum pandemi virus Corona meluluhlantakkan sepak bola, Emre Can sempat menarik perhatian dengan gol spektakuler kala menghadapi Bayer Leverkusen. Namanya pun masuk dalam pencetak gol terbaik edisi Februari 2020.

6 dari 6 halaman

Erling Braut Haaland

Seperti halnya Emre Can, Haaland juga direkrut Dortmund pada bulan Januari lalu. Die Borussien mengeluarkan uang sebanyak 22,5 juta euro untuk membawanya pergi dari RB Salzburg.

Haaland membuktikan bahwa dirinya tidak bersinar hanya karena bermain di pentas Austrian Bundesliga. Penyerang berdarah Norwegia itu juga tampil ganas selama bersama Dortmund dengan catatan 10 gol dari sembilan pertandingan di Bundesliga.

Yang paling teringat adalah bagaimana Haaland menghiasi laga debutnya dengan hat-trick. Padahal, pada waktu itu, ia bermain sebagai pengganti di babak kedua. Haaland juga mencetak gol dalam laga pertama pasca Bundesliga dimulai lagi akibat virus Corona.

Harga penjualan Dembele: 145 juta euro

Harga enam pemain dikombinasikan: 144.7 juta euro

(Planet Football)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR