Cinta Lintas Benua: 3 Fans Klub Bundesliga di Indonesia

Afdholud Dzikry | 6 Mei 2019 14:53
Suporter Bayern Munchen saat mendukung di laga Bayern vs Hannover. (c) AP Photo/Matthias Schrader

Bola.net - - Indonesia termasuk salah satu negara dengan jumlah penggemar sepak bola terbesar di dunia dan mereka bukanlah penggemar biasa. Loyalitas, gairah, semangat, atau apa pun itu, adalah apa yang bisa mendeskripsikan fans sepak bola di Indonesia.

Tak hanya untuk tim lokal, bahkan klub-klub elit Eropa pun punya pengikut setia di sini, termasuk Bundesliga. Dan namanya fans sejati, cinta dan dukungan mereka pun tiada henti seakan bentangan jarak tak berarti.

Berikut adalah 3 fans klub Bundesliga yang senantiasa menunjukkan dukungan dan cinta mereka walau jarak terbentang jauh antar benua.

1 dari 3 halaman

FCBFI: Sudah Sah jadi Bagian The Bavarian

FC Bayern Fan Indonesia (FCBFI) adalah satu-satunya fans klub yang diresmikan langsung oleh para petinggi dan pemain Bayern München pada tahun 2008. Momen peresmiannya pun cukup spesial karena ditandai dengan pertandingan perpisahan sang Legenda Bayern, Oliver Kahn, melawan timnas Indonesia yang berakhir dengan skor 5-1 untuk kemenangan Bayern.

FCBFI tersebar di 40 cabang regional di Indonesia dan rutin mengadakan gathering​ yang penuh kekeluargaan. Bahkan untuk menentukan ketua umumnya, mereka mengadakan pemilu yang digelar tiap 3 tahun.

2 dari 3 halaman

Cinta Sejati bagi si Hitam-Kuning

"Menjadi fans Borussia Dortmund adalah masalah hati,"ujar M. Qadar Ramadhan, salah satu anggota Dortmund Indonesia Supporters Club (DISC)—basis fans Dortmund terbesar di Asia Tenggara.

Itulah mengapa jarak yang memisahkan lebih dari 11 ribu kilometer tak melunturkan cinta mereka pada The BVB. Echte liebe​ atau 'cinta sejati' pun diusung sebagai slogan untuk menunjukkan bahwa jatuh cinta pada klub sepak bola adalah hal yang nyata.

Dikutip dari video liputan DW Indonesia, Qadar dan lebih dari 600 ribu anggota DISC lainnya di Indonesia sangat memimpikan untuk suatu saat bisa menjadi bagian dari The Yellow Wall yang agung.

3 dari 3 halaman

Indo HSV: Kesetiaan Tanpa Batas

Ivan Aprianto adalah seorang pemuda biasa yang tinggal di Jakarta. Namun cintanya pada Hamburg SV yang luar biasa membuatnya melakukan hal-hal yang luar biasa juga. Ia menciptakan sejarah dengan membentuk Indo HSV, fans klub resmi HSV pertama di Indonesia, di usia yang cukup belia 17 tahun.

Musim 2017/18 tentunya menjadi musim yang berat bagi Ivan dan kawan-kawannya di Indo HSV karena klub kesayangannya harus terlempar ke divisi dua Bundesliga, namun di situlah kesetiaan mereka diuji dan sampai saat ini mereka tetap bangga mengenakan seragam The Dinosaur. Semoga di musim mendatang, Hamburg bisa kembali meramaikan divisi teratas dan menorehkan senyum di wajah Ivan dan kawan-kawan.

Mencintai klub sepak bola adalah hak setiap orang dan kita bebas mendukung tim mana pun di dunia ini tanpa terkecuali karena tanpa fans, permainan ini tak lebih dari sebuah perlombaan mengisi lemari trofi. Tak ada keriaan, tangis, emosi, dan kebanggaan yang terpancar di lapangan.

Apakah kamu termasuk fans klub Bundesliga selain dari tiga tim di atas? Beri tahu kami di kolom komentar!

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR