Cerita Heroik RB Leipzig: Klub Berusia 11 Tahun dan Pelatihnya Berusia 33 Tahun

Asad Arifin | 2020-08-14 07:57
Rb Leipzig lolos babak semifinal Liga Champions 2019/2020 usai menyingkirkan Atletico Madrid (c) AP Photo

Bola.net - RB Leipzig mungkin tidak masuk dalam tim unggulan di pentas Liga Champions musim 2019/2020. Namun, sejauh ini mereka mampu membuat kejutan dengan melaju hingga babak semifinal.


RB Leizig melaju ke Liga Champions usai meraih posisi ketiga klasemen Bundesliga 2018/2019. Mereka berada di bawah Bayern Munchen dan Borussia Dortmund di klasemen.

Di fase grup, RB Leipzig tampil sangat bagus. Mereka mampu berada di puncak klasemen Grup G dengan 11 poin. Die Roten Bullen atau Si Banteng Merah -julukan RB Leipzig- meraih tiga kemenangan.

Lolos ke babak 16 Besar, RB Leipzig mendapat lawan berat yakni Tottenham yang dilatih Jose Mourinho. Namun, mereka mampu lolos dengan mudah usai menang agregat 4-0 atas Tottenham.

1 dari 10 halaman

Baru 11 Tahun

Di babak semifinal, RB Leipzig berjumpa Atletico Madrid. Lagi-lagi mereka tidak diunggulkan. Atletico Madrid punya catatan sejarah lebih baik di Liga Champions. Pemain mereka juga lebih mewah.

Satu lagi, Atletico lolos ke babak semifinal usai mengalahkan Liverpool, sang juara bertahan.

Namun, dengan format satu leg, RB Leipzig membuat kejutan dengan mengalahkan Atletico. Pada duel di Estadio Jose Alvalade, Jumat (14/8/2020) dini hari WIB, RB Leipzig menang dengan skor 2-1.

Gol Dani Olmo pada menit ke-50 berhasil disamakan oleh eksekusi penalti Joao Felix. Namun, Leipzig sukses kembali unggul sekaligus memastikan kemenangan lewat aksi Tyler Adams, dua menit sebelum laga usai.

Bagi RB Leipzig, kemenangan ini adalah sejarah penting bagi klub. Untuk pertama kalinya mereka lolos ke babak semifinal Liga Champions. Menariknya, RB Leipzig adalah klub baru. Mereka didirikan pada 2009 lalu.

Ya, saat ini RB Leipzig berusia 11 tahun!

2 dari 10 halaman

Arsenal, Liga Champions, dan RB Leipzig

Pada April 2009, Arsenal berlaga di babak semifinal Liga Champions. Hingga sekarang, Arsenal belum mampu mencapai level yang sama dengan capaian musim itu. Bahkan, mereka mulai terbiasa absen di Liga Champions.

Saat Arsenal terakhir kali berlaga di semifinal Liga Champions, RB Leipzig masih tim semenjana. Mereka baru saja berdiri dan bermain di Divisi 5 di kompetisi sepak bola Jerman.

Memulai dari Divisi 5, RB Leipzig mampu promosi ke Bundesliga pada 2016. Sejak saat itu, prestasi mereka terus meroket. Walau belum meraih gelar Bundesliga atau DFB Pokal, capaian mereka terbilang cukup bagus karena bersaing di papan atas.

Kini, klub yang dibenci kalangan fans sepak bola Jerman itu menggebrak Eropa. RB Leipzig lolos ke semifinal Liga Champions.

3 dari 10 halaman

Pelatihnya Baru 33 Tahun

Julian Nagelsmann merayakan ulang tahun ke-33 pada 23 Juli lalu. Pada usia tersebut, Julian Nagelsmann harusnya masih bisa berkarir sebagai pemain sepak bola. Tetapi, dia adalah pelatih di RB Leipzig.

Kini, Julian Nagelsmann mencatat rekor sebagai pelatih paling muda yang membawa timnya lolos ke babak semifinal Liga Champions. Mantan pelatih Hoffenheim itu baru berusia 33 tahun dan 21 hari.

Sebelumnya, dia juga menjadi pelatih paling muda yang membawa timnyas lolos ke perempat final Liga Champions pada usia 32 tahun dan 231 hari. Apakah rekor ini akan berlanjut menjadi pelatih termuda yang berlaga di final Liga Champions?

Simak reaksi fans atas sukses RB Leipzig lolos ke semifinal Liga Champions di bawah ini ya Bolaneters.

4 dari 10 halaman

No Werner, Tetap Winner

5 dari 10 halaman

Timo Werner Menyesal?

6 dari 10 halaman

Kok Bawa Juventus sih...

7 dari 10 halaman

Next RB Depok

8 dari 10 halaman

Terpuka Aksi Nagelsmann

9 dari 10 halaman

Masih Saudara?

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR