Bayern Munchen, 9 Tahun Beruntun Jadi Raja Bundesliga!

Richard Andreas | 9 Mei 2021, 01:00
Bayern Munchen juara Bundesliga 2020/2021. (c) Bola.net

Bola.net - Bayern Munchen baru saja membungkus gelar Bundesliga 2020/21. Ini adalah gelar Bundesliga ke-9 beruntun Bayern yang membuktikan betapa tangguhnya mereka di kompetisi domestik.


Sabtu (8/5/2021), Bayern resmi jadi juara tanpa perlu menendang bola. Kekalahan RB Leipzig dari Borussia Dortmund (2-3) memastikan torehan poin Bayern tidak akan terkejar.

Bayern unggul jauh dengan 74 poin, Leipzig mengekor dengan 64 poin. Selisih 4 poin sudah tidak mungkin terkejar, terlebih saat artikel ini ditulis Bayern tengah unggul 4-0 di babak pertama atas Borussia Monchengladbach.

Gelar ini juga akan jadi salam perpisahan Hansi Flick yang dipastikan akan meninggalkan klub di akhir musim nanti.

1 dari 3 halaman

Catatan Bayern

Sejak awal musim, Bayern memang masih terlalu tangguh bagi rival-rival mereka di Bundesliga. Saat ini tidak ada tim yang benar-benar bisa menjegal Bayern.

Meski sempat diserang masalah inkonsistensi dan menelan beberapa kekalahan tak perlu, posisi Bayern sebenarnya relatif nyaman sepanjang musim.

Pasukan Hansi Flick menelan 4 kekalahan dari 31 pertandingan, tapi 22 kemenangan membuat mereka sulit dikejar tim lain.

Catatan impresif itu membantu Bayern terus berada di puncak, meski sempat melorot ke papan tengah beberapa pekan.

2 dari 3 halaman

Peran para senior

Musim ini Bayern sempat kesulitan dengan absennya Robert Lewandowski selama beberapa pekan, tapi pada akhirnya Lewandowski tetap striker luar biasa. Dia mencetak total 43 gol di semua kompetisi.

Thomas Muller juga mencapai torehan ganda di Bundesliga dengan 10 gol dan 18 assists. Dia menemukan kembali perannya dalam tim Bayern.

Lalu ada Manuel Neuer yang masih luar biasa di bawah mistar. Neuer jadi pemain dengan menit bermain terbanyak, padahal dia sudah mendekati usia pensiun.

Angka-angka di atas masih bisa bertambah dengan kemenangan besar Bayern atas Monchengladbach, Minggu (9/5) dini hari WIB.

3 dari 3 halaman

Sedang berbenah

Hebatnya Bayern, gelar juara tak membuat mereka berhenti berkembang. Sebaliknya, Bayern sudah bekerja memperkuat tim menyambut musim depan dengan ambisi lebih besar.

Mereka telah menuntaskan transfer Dayot Upamecano untuk mengatasi kepergian David Alaba. Juga telah merekrut Julian Nagelsmann dari RB Leipzig sebagai pengganti Hansi Flick.

Artinya, musim depan Bayern akan kembali mengusung misi besar di level Eropa.

Sumber: Goal

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR