Baru 32 Tahun, Catatan Sukses Julian Nagelsmann dalam Angka

Asad Arifin | 2020-03-12 14:42
Julian Nagelsmann (c) Bundesliga

Bola.net - Julian Nagelsmann menegaskan potensi besar yang dimilikinya sebagai pelatih muda. Dia baru saja membawa RB Leipzig mencatat sejarah dengan lolos ke babak perempat final Liga Champions 2019/2020.


RB Leipzig lolos ke perempat final usai mengandaskan Tottenham di babak 16 Besar. Die Rotten Bullen menang dengan agregat 4-0 atas Tottenham yang dilatih Jose Mourinho.

RB Leipzig menang dengan skor 1-0 pada leg pertama di kandang Tottenham. Sedangkan, pada leg kedua yang digelar di Redbull Arena, RB Leipzig menang dengan skor 3-0. Marcel Sabitzer mencetak dua gol pada leg kedua.

Lolos ke perempat final merupakan sejarah baru bagi RB Leipzig. Hasil bagus ini tidak lepas dari Julian Nagelsmann, yang mulai bertugas sebagai pelatih pada awal musim 2019/2020. Julian Nagelsmann, yang baru berusia 32 tahun, punya karir gemilang.

Berikut catatan gemilang karir Julian Nagelsmann dalam angka:

1 dari 7 halaman

20: Pensiun Usia 20 Tahun

Julian Nagelsmann awalnya seorang pemain sepak bola. Dia memulai karir di klub FC Augsburg pada 2007 hingga 2008. Namun, dia harus mengubur mimpi menjadi pemain profesional karena cedera lutut parah yang dialaminya.

Julian Nagelsmann pensiun sebagai pemain pada usia sangat muda, 20 tahun. Dia kemudian meniti karir sebagai pemain. Julian Nagelsmann memulai karir sebagai asisten di klub Hoffenheim.

2 dari 7 halaman

28: Melatih Tim Senior

Julian Nagelsmann, sebelum promosi ke tim utama Hoffenheim, lebih dulu mendapat kepercayaan sebagai pelatih tim U-19 Hoffenheim. Hasil yang didapat sangat gemilang. Julian Nagelsmann mampu membawa Hoffenheim U-19 juara Bundesliga musim 2013/2014.

Pada musim 2016/2017, Hoffenheim kemudian mengambil langkah berani dengan menunjuk Julian Nagelsmann sebagai pelatih. Saat itu, Huub Stevens dari posisi pelatih tim utama karena alasan kesehatan.

Julian Nagelsmann menjadi pelatih tim senior Hoffenheim di Bundesliga pada usia 28 tahun.

3 dari 7 halaman

7: Momen Dramatis Akhir Musim

Musim pertama Nagelsmann bersama Hoffenheim tidak berjalan mulus. Pada 20 laga awal, Hoffenheim hanya mampu meraih dua kemenangan saja. Mereka pun berada di posisi ke-17 klasemen. Mereka tertinggal tujuh poin dari tim di zona aman dari degradasi.

Namun, Nagelsmann membawa Hoffenheim tampil bagus pada fase akhir musim. Hoffenheim meraih tujuh kemenangan pada 14 laga terakhir. Mereka pun berada di papan tengah klasemen akhir Bundesliga.

4 dari 7 halaman

100: Pertandingan Bersejarah

Nagelsmann membuat rekor penting pada musim 2018/2019 lalu. Dia mencapai laga ke-100 bersama Hoffenheim di semua kompetisi ketika menahan imbang Dortmund dengan skor 1-1 di Rhein Neckar Arena pada pekan ke-4 Bundesliga. Saat ini, gol Joelinton dibalas Christian Pulisic.

Nagelsmann kemudian mencatatkan laga ke-100 di Bundesliga ketika Hoffenheim berjumpa Bayern Munchen. Nagelsmann menjadi pelatih paling muda yang mampu menembus 100 laga di Bundesliga.

5 dari 7 halaman

191: Poin Bersama Hoffenheim

Julian Nagelsmann memainkan 116 laga di Bundusliga bersama Hoffenheim. Dari jumlah laga tersebut, Nagelsmann mampu meraih 191 poin. Bukan catatan yang buruk karena materi pemain yang dimiliki Hoffenheim tidak banyak pemain bintang.

Pada musim 2017/2018, Nagelsmann mampu membawa Hoffenheim berada di posisi ketiga klasemen akhir Bundesliga. Nagelsmann pula yang mampu membawa Hoffenheim untuk pertama kalinya lolos dan bermain di Liga Champions.

6 dari 7 halaman

31: Sejarah di Liga Champions

Pada usia 31 tahun 58 hari, Julian Nagelsmann memimpin Hoffenheim berlaga di Liga Champions melawan Shakhtar Donetsk musim 2018/19. Nagelsmann menjadi pelatih paling muda yang bermain di fase grup Liga Champions.

Hanya saja, kiprah Hoffenheim tidak cukup bagus. Mereka tidak meraih kemenangan. Hanya tiga hasil imbang saja dan berada di juru kunci klasemen. Namun, ada catatan positif karena Hoffenheim mencetak 11 gol dari enam laga.

7 dari 7 halaman

32: Rekor Kemenangan di Liga Champions

Julian Nagelsmann gagal mencatatkan kemenangan di Liga Champions bersama Hoffenheim. Nagelsmann baru meraih kemenangan bersama RB Leipzig. Bukan hanya menang di fase grup, tetapi juga di fase knockout.

Pada usia 32 tahun dan 231 hari, Nagelsmann membawa RB Leipzig menang 1-0 di kandang Tottenham. Nagelsmann kini tercatat sebagai pelatih paling muda yang menang di fase gugur Liga Champions.

Sumber: Bundesliga

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR