Bagaimana Tanggapan Jurgen Klopp Soal Laga Bundesliga Tanpa Penonton?

Yaumil Azis | 2020-05-20 08:29
Manajer Liverpool, Jurgen Klopp (c) AP Photo

Bola.net - Kembalinya Bundesliga tidak lepas dari perhatian pelatih asal Jerman yang sedang menukangi Liverpool, Jurgen Klopp. Ia kemudian memberikan pandangannya soal pertandingan yang digelar tanpa kehadiran penonton.


Pada bulan Maret lalu, penyelenggara Bundesliga memutuskan untuk menunda jalannya kompetisi. Hal ini disebabkan oleh virus Corona yang sudah mewabah cukup parah di seantero negara Jerman.

Setelah waktu berlalu cukup lama, akhirnya pentas sepak bola tertinggi di Jerman itu hadir kembali. Pekan ke-26 diselenggarakan mulai Sabtu (16/5/2020) sampai Selasa (19/5/2020) dini hari kemarin.

Tentu saja, sederet regulasi untuk menjamin kesehatan semua yang terlibat dalam pertandingan turut dijalankan. Salah satunya adalah kedua tim yang bertanding harus rela bermain tanpa dukungan fansnya di stadion secara langsung.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Sesuatu yang tak Bisa Dimiliki

Kabar soal kembalinya Bundesliga mungkin bisa sedikit melegakan Liverpool, yang sekarang berada di ambang juara Premier League. Mereka hanya butuh dua kemenangan untuk mengunci gelar di tangannya.

Sialnya, mereka tidak bisa merayakan keberhasilannya jika Premier League kembali tanpa kehadiran penonton. Lantas, bagaimana Jurgen Klopp menyikapi soal pertandingan yang digelar tanpa adanya fans di stadion?

"Saya tahu, bermain dari balik pintu tertutup, sudah jelas itu takkan terasa sama. Kenapa juga kami harus menyebutkan itu?" ujar Klopp kepada situs resmi Liverpool.

"Kami semua suka saat menjalin kontak, saat mendapatkan dukungan dari orang-orang, saat mereka mendurung kami sampai ujung lapangan dan sejenisnya. Kami suka, tapi tidak bisa memilikinya," lanjutnya.

2 dari 2 halaman

Premier League Bisa Meniru Bundesliga

Di Bundesliga, kendati tanpa kehadiran penonton, tim-tim yang bertanding tidak kehilangan level kompetitifnya. Dan Klopp yakin hal yang sama juga bakalan terjadi seandainya Premier League digelar kembali.

"Bayangkan, pada malam pertama rasaya seperti, 'liat di sini dan di sana, bagaimana semuanya bekerja? bagaimana rasanya?'," tambah mantan pelatih Borussia Dortmund itu.

"Tapi di Jerman, begitu banyak tim bermain untuk hampir segalanya - mereka ingin bertahan di liga - dan itulah yang juga bakalan terjadi di Inggris," pungkasnya.

Bundesliga sendiri akan kembali digelar akhir pekan ini. Pada hari Sabtu, akan ada enam pertandingan yang berjalan dan salah satunya adalah laga sengit antara Wolfsburg melawan Borussia Dortmund.

(Goal International)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR