Arsene Wenger Punya Ketakutan Soal Pertandingan Tanpa Penonton, Apa Itu?

Yaumil Azis | 2020-05-18 16:55
Arsene Wenger (c) AFP

Bola.net - Pertandingan tanpa penonton dianggap sebagai solusi untuk melanjutkan musim 2019/20 selama dalam masa pandemi virus Corona. Namun mantan pelatih Arsenal, Arsene Wenger, punya satu kekhawatiran soal ini.


Pelan tapi pasti, sepak bola mulai hadir lagi di hadapan para penikmatnya. Seperti yang diketahui, semua kompetisi di berbagai belahan negara harus ditunda akibat pandemi ini.

Bundesliga menjadi pentas sepak bola Eropa pertama yang kembali digelar. Pekan perdana di masa pandemi digelar pada hari Sabtu (16/5/2020) lalu dengan sejumlah regulasi yang arus dipatuhi oleh masing-masing tim.

Regulasi yang paling mencolok adalah soal kehadiran fans dari masing-masing kubu. Demi menghindari keramaian yang diyakini bisa membuat penyebaran virus menjadi-jadi, tim pun diwajibkan menggelar laga tanpa penonton.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Kekhawatiran Wenger

Sejauh ini, regulasi yang ditetapkan federasi sepak bola Jerman belum menemui kendala. Liga-liga lain, seperti La Liga dan Premier League, juga sedang bersiap-siap untuk meniru apa yang Bundesliga lakukan.

Laga tanpa penonton sudah pasti akan dilaksanakan oleh liga-liga lainnya. Namun tentang regulasi ini, Wenger yang pernah menukangi Arsenal lebih dari 20 tahun itu merasa khawatir.

"Ini bisa menjadi solusi jangka pendek, namun anda tidak bisa membayangkan sepanjang musim dimainkan tanpa fans di stadion," ujar Wenger kepada beIN Sports.

"Apakah ini untuk jangka panjang? Akankah ini merusak pertunjukan jika dilakukan secara jangka panjang tanpa penonton? Saya yakin soal itu," lanjutnya.

2 dari 2 halaman

Cara yang Terbaik

Kendati demikian, Wenger tidak melihat adanya opsi lain yang lebih baik. Selama tujuannya untuk menggelar sisa pertandingan musim 2019/20, pria asal Prancis itu tidak merasakan adanya masalah.

"Ini masih menjadi cara terbaik untuk mencapai keputusan pada akhir musim, [pertandingan tanpa penonton] lebih baik dari metode lainnya," pungkasnya.

Kemungkinan besar, penikmat sepak bola akan disuguhi oleh pertunjukan secara bertubi-tubi. Sebab penyelenggara tiap laga berniat untuk memadatkan sisa musim dengan menggelar pertandingan hampir di setiap hari.

Tentu saja, tim tidak akan bermain dalam jeda waktu satu hari. Pertandingan per tiga hari dianggap ideal, dan bisa memangkas sisa musim menjadi sekitar satu sampai dua bulan saja.

(Express)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR