Alasan Mendasar Digelarnya European Super League: Liga Champions Kurang Cuan

Dimas Ardi Prasetya | 2021-04-20 19:29
European Super League. (c) bola

Bola.net - Sekretaris Jenderal European Super League (ESL), Anas Laghrari, mengungkapkan kompetisi ESL digelar karena merasa uang yang didapat klub-klub pesertanya dari Liga Champions tak cukup besar.


UEFA kebakaran jenggot. Sebab 12 klub besar dari tiga liga besar di Eropa mendeklarasikan digelarnya kompetisi European Super League.

Kompetisi itu digelar sebagai tandingan Liga Champions. Konon tiap tim peserta di ESL nanti akan mendapat hadiah uang yang jauh melimpah ketimbang saat berlaga di Liga Champions.

Kompetisi ESL sendiri disebut akan diikuti oleh 20 tim peserta. 15 adalah anggota tetap sementara lima sisanya adalah tim-tim yang lolos dari via jalur kompetisi domestik.

1 dari 3 halaman

ESL Digelar Demi Cuan

Anas Laghrari kemudian mengungkapkan apa motivasi klub-klub macam Real Madrid menggelar kompetisi European Super League. Ia mengaku kompetisi ini bisa memberikan pemasukan yang jauh lebih besar ketimbang Liga Champions.

"Sepak bola adalah area yang tidak menghasilkan uang. Ada rasa frustrasi yang nyata dengan sistem yang tidak stabil ini, berdasarkan hasil sebuah klub di Liga Champions," ungkapnya pada Les Parisien.

"Seorang manajer membuat rencana tiga tahun, tetapi ia dapat memperoleh selisih beberapa ratus juta euro tergantung pada hasil. Kami memiliki komite solidaritas yang akan mengawasi distribusi dana dan memastikan transparansinya," klaimnya.

"Kami berbicara tentang 400 juta euro, itu sangat besar," koar Laghrari.

2 dari 3 halaman

Format European Super League

Seperti yang disebut sebelumnya, kompetisi European Super League ini akan diikuti oleh 20 tim. Nantinya 20 tim itu akan dibagi ke dalam dua grup.

Format kandang-tandang juga akan digunakan dalam kompetisi ini. Tiga tim teratas dari masing-masing grup berhak berpartisipasi di babak perempat final.

Sementara dua slot yang tersisa diperebutkan oleh pemenang play-off dua leg antara penghuni peringkat empat dan lima dari masing-masing grup. Babak knockout sendiri nantinya akan digelar dalam format dua leg kecuali final, yang dilangsungkan dalam satu laga di tempat netral.

3 dari 3 halaman

12 Tim Penggagas European Super League

Berikut daftar klub yang terlibat menciptakan European Super League:

Manchester City

Arsenal

Chelsea

Liverpool

Tottenham

Juventus

Inter Milan

AC Milan

Barcelona

Real Madrid

Atletico Madrid

Manchester United

Beberapa tim seperti Bayern Munchen, Borussia Dortmund, dan PSG dikabarkan tidak ikut dalam kompetisi European Super League ini. Mereka disebut menolak ajakan dari 12 tim itu namun Florentino Perez, Presiden Real Madrid, mengklaim pihaknya memang tidak mengundang klub-klub tersebut.

(Les Parisien)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR