9 Pemain Asal Jepang yang Bermain di Bundesliga Musim 2022/2023

Asad Arifin | 18 Agustus 2022, 12:46
Gelandang serang Eintracht Frankfurt, Daichi Kamada (c) AP Photo
Gelandang serang Eintracht Frankfurt, Daichi Kamada (c) AP Photo

Bola.net - Bundesliga acap kali menjadi panggung bagi pemain asal Asia untuk memulai karier gemilang di sepak bola Eropa. Shinji Kagawa hingga Son Heung-min punya karier gemilang di Bundesliga sebelum melanjutkan kiprah di negara Eropa lain.

Bundesliga Jerman memang seperti layaknya 'rumah' bagi para pemain Asia tak terkecuali dari Jepang. Para pemain dari Negeri Sakura cocok berkarier di Bundesliga karena faktor gaya bermain.

Di samping itu, tercatat invasi pemain Jepang pertama pada kompetisi Jerman dimulai oleh Yasuhiko Okudera di era 70-an saat membela FC Koln. Sejak saat itu, banyak pemain asal Negeri Sakura yang bergabung dengan klub Bundesliga.

Nama beken macam Shinji Kagawa, Yuya Osako, hingga Shinji Okazaki pernah meraih kesuksesan saat berkarier di Bundesliga. Pada musim 2022/2023 ini, ada sembilan pemain asal Jepang yang bermain di Bundesliga.

Yuk langsung scroll di bawah ya Bolaneters.

1 dari 10 halaman

Takuma Asano

Takuma Asano (c) Ist

Takuma Asano (c) Ist

Takuma Asano kini tengah memperkuat kesebelasan Vfl Bochum. Asano memulai karier dengan baik di negara asalnya. Dia membawa Sanfrecee juara Piala Super Jepang untuk kedua kalinya setelah puasa gelar lima tahun.

Asano pernah direkrut Arsenal, walau tidak pernah bermain bersama The Gunners akibat izin kerja. Karier Asano mencuat ketika membawa Stuttgart menjuarai 2.Bundesliga pada 2016/17. Dua musim berikutnya, bersama Stuttgart dan Hannover 96, Asano kesulitan mencetak gol.

Kini, Asano sudah membukukkan tiga penampilan di semua ajang dengan torehan satu gol bersama Bochum.

2 dari 10 halaman

Ritsu Doan

Ritsu Doan didatangkan Freiburg dari PSV Eindhoven pada bursa transfer musim panas ini. Bundesliga bukan tempat yang asing bagi Doan karena ia pernah membela Arminia Bielefeld.

Sebelum berkarier di Eropa, Ritsu Doan memulai kariernya di J.League bersama Gamba Osaka. Dalam perjalanan kariernya, Ritsu Doan memang tumbuh dari akademi Gamba Osaka tepatnya sejak 2011 sebelum dirinya promosi ke tim senior pada 2015.

Ritsu Doan cukup sering berganti klub di Eropa. Berawal dari membela Groningen, lalu Arminia Bielefeld, PSV Eindhoven, dan kini Freiburg. Bersama Freiburg pada musim ini, pemain berusia 24 tahun itu mencatat tiga kali tampil bersama Freiburg dan mengemas dua gol.

3 dari 10 halaman

Wataru Endo

Wataru Endo merupakan pemain kunci VfB Stuttgart sejak didaratkan dari klub Belgia, Sint-Truiden pada musim 2019. Saking menjadi andalannya, Stuttgart memberinya ban kapten sejak musim lalu hingga kini.

Endo merupakan pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan dan juga bisa bermain sebagai bek tengah. Sejauh ini, ia sudah mencatat 68 kali penampilan di ajang Bundesliga, mencetak delapan gol dan enam assist.

Pada musim ini, Endo lagi-lagi menjadi pilar kunci bagi Stuttgart dengan bermain sebanyak tiga kali dan mencetak satu gol saat berjumpa Werder Bremen pada spieltag kedua Bundesliga.

4 dari 10 halaman

Genki Haraguchi

Genki Haraguchi merupakan pemain yang dikenal sebagai gelandang serang mumpuni bagi timnas Jepang. Ia mulai berkarier di Bundesliga pada Juli 2014 setelah direkrut Hertha Berlin dari Urawa Reds. Ia kemudian bermain di kompetisi kasta kedua Liga Jerman bersama Fortuna Dusseldorf dan Hannover pada Januari 2018-2021.

Pemain berusia 31 tahun ini akhirnya kembali ke Bundesliga usai diboyong Union Berlin pada Juli 2021. Ia menjadi andalan di lini tengah klub tersebut. Pemain yang pernah membela Hertha Berlin ini sudah merumput dalam 142 laga di Bundesliga dengan mencetak lima gol dan 16 assist.

5 dari 10 halaman

Makoto Hasebe

Makoto Hasebe (c) AP Photo

Makoto Hasebe (c) AP Photo

Hasebe adalah pemain paling veteran asal Jepang di Bundesliga saat ini. Ia merumput di kompetisi Jerman tersebut sejak musim 2008.

Pada awalnya, ia membela Wolfsburg usai hijrah dari Urawa Reds. Lima setengah musim berselang, ia pindah ke FC Nurnberg. Barulah pada Juli 2014, Hasebe bergabung dengan Eintracht Frankfurt dan masih bertahan hingga kini.

Pemain berusia 38 tahun ini telah bermain dalam 353 laga di Bundesliga dengan menciptakan tujuh gol dan 21 assist. Ia juga pernah mencicipi satu gelar Bundesliga, satu gelar DFB Pokal, dan ikut mengantarkan Frankfurt meraih gelar Liga Europa di musim lalu.

6 dari 10 halaman

Ko Itakura

Borussia Monchengladbach berhasil mendaratkan talenta menjanjikan pada sosok Ko Itakura dari Manchester City pada musim ini. Itakura adalah pemain versatile dengan bermain di posisi bek tengah dan gelandang bertahan sama baiknya.

Ko Itakura mengantarkan Schalke juara 2.Bundesliga musim lalu. Pada musim ini, dia langsung dipercaya oleh pelatih Gladbach untuk menjadi bek utama di klub tersebut.

"Saya tahu tentang Yuki Otsu, tetapi saya belum berbicara dengannya. Yang saya tahu saya adalah pemain Jepang kedua yang bermain untuk Gladbach setelah dia (Yuki Otsu)," ucap Ko Itakura, dikutip dari laman resmi Borussia Monchengladbach.

7 dari 10 halaman

Hiroki Ito

Pemain Jepang, Hiroki Ito (kanan) (c) AP Photo

Pemain Jepang, Hiroki Ito (kanan) (c) AP Photo

Hiroki Ito bergabung ke VfB Stuttgart dan menjadi kompatriot Wataru Endo pada Juli 2021. Ia dikontrak dengan status pemain pinjaman dari Jubilo Iwata.

Ito cukup diandalkan VfB Stuttgart sebagai seorang bek tengah dengan telah tampil sebanyak 21 kali di Bundesliga. Bahkan, ia juga mampu menyumbang satu gol. Masa peminjaman bek berumur 23 tahun berakhir pada Juni 2022 dan sudah dipermanenkan oleh Stuttgart.

Di musim ini, Ito sudah mengemas tiga kali penampilan bersama tim yang bermarkas di Mercedes-Benz Arena.

8 dari 10 halaman

Daichi Kamada

Pemain Eintracht Frankfurt, Daichi Kamada, merayakan golnya ke gawang Real Betis dalam laga leg pertama babak 16 besar Liga Europa hari Kamis (10/3/2022). (c) AP Photo

Pemain Eintracht Frankfurt, Daichi Kamada, merayakan golnya ke gawang Real Betis dalam laga leg pertama babak 16 besar Liga Europa hari Kamis (10/3/2022). (c) AP Photo

Tak hanya Makoto Hasebe, Daichi Kamada juga merupakan pemain Jepang yang saat ini membela Eintracht Frankfurt. Frankfurt mendatangkannya dari Sagan Tosu pada Juli 2017. Semusim berselang, Kamada sempat dipinjamkan ke klub Belgia, Sint-Truiden.

Kamada menjadi andalan Frankfurt sebagai seorang gelandang serang. Ia bermain sebanyak 96 laga di Bundesliga dengan mengemas 12 gol dan 23 assist. Ia juga meraih satu gelar DFB Pokal dan juga turut mempersembahkan trofi Liga Europa di musim lalu.

9 dari 10 halaman

Maya Yoshida

Kapten timnas Jepang ini memperkuat Schalke 04 setelah kontraknya dengan Sampdoria tidak diperpanjang. Yoshida merupakan seorang bek berpengalaman dan begitu dikenal sebagai bek yang memiliki ketenangan menggalang lini pertahanan di atas rata-rata.

Pemain berusia 33 tahun itu sudah membuat 72 penampilan Serie A selama dua setengah tahun bersama Sampdoria. Akan tetapi, dia menghabiskan sebagian besar karirnya di Southampton, bermain 194 kali untuk klub antara 2012 dan 2020.

"Maya adalah seorang pemimpin, yang akan mengatur permainan kami dari belakang," kata pelatih kepala Schalke, Frank Kramer.

"Dia bisa bermain sebagai bek tengah kiri atau kanan dan gaya permainannya yang tenang akan memberi kami stabilitas di semua periode permainan.” tambahnya.

(Bola.net/Yoga Radyan)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR