8 Rekor Fantastis Erling Haaland Ini Cukup untuk Membuat Orang Tercengang

Yaumil Azis | 2020-06-03 15:41
Penyerang Borussia Dortmund, Erling Haaland, merayakan golnya ke gawang Schalke 04 dalam laga Bundesliga hari Sabtu (16/5/2020). (c) AP Photo

Bola.net - Lampu sorot sedang tertuju kepada penyerang muda asal Norwegia, Erling Braut Haaland. Ketajamannya membuat namanya kerap disejajarkan dengan penyerang papan atas seperti Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.


Erling Braut Haaland menjadi salah satu striker yang paling potensial saat ini dengan performanya yang luar biasa bersama Borussia Dortmund meski belum menginjak 20 tahun.

Pemain kelahiran Leeds ini melakukan debut profesional pada 2016 dan sampai saat ini telah bermain sebanyak 150 pertandingan dengan membukukan 91 gol di klub-klubnya (Bryne FK, Molde, Salzburg, dan Dortmund), serta Timnas Norwegia.

Pelatih Bayern Munchen, Hansi Flick, melontarkan pujian kepada sang bomber. "Erling Braut Haaland seorang pemain muda. Tapi dia punya naluri mencetak gol yang tajam. Dia hanya ingin menjadi finisher. Dia pemain dinamis yang brilian. Dia serakah. Tubuhnya besar, tapi masih gesit," kata Flick.

Flick mengakui Haaland punya potensi menjadi bintang besar pada masa mendatang yang bisa melebihi pencapaian striker Bayern, Robert Lewandowski.

Erling Haaland diyakini tidak akan bermain dalam waktu yang lama di Borussia Dortmund. Real Madrid dan Manchester United disebut-sebut terus memantau pergerakan sang striker. Mereka berambisi mendatangkan sang rising star pada musim panas ini.

Sehebat apa sang pemain? Yuk simak data-data ini.

1 dari 8 halaman

10 Gol Liga Champions Tercepat

Pada Rabu (19/2/2020) silam, Haaland menjalani debut bersama Dortmund di Liga Champions usai pindah dari Red Bull Salzburg pada Januari silam.

Pada laga itu dia mencetak dua gol untuk membawa Dortmund menang 2-1 atas Paris Saint-Germain.Dua gol itu sendiri dicetak Haaland hanya dalam tempo delapan menit. Gol pertama dicetak di menit ke-69 sebelum PSG menyamakan skor lewat Neymar di menit ke-75.

Dua menit setelah itu, gol kedua Haaland tercipta. Erling Braut HaalandErling Braut Haaland mencetak gol ke gawang PSG.

Berkat brace tersebut, Haaland kini telah mengoleksi 10 gol di ajang Liga Champions musim ini. Untuk meraih itu, dia hanya butuh 7 laga atau 4 laga lebih cepat dibanding pemain mana pun dalam sejarah.

2 dari 8 halaman

Pemain Muda Kedua Terproduktif di Liga Champions

Haaland adalah pemain termuda kedua yang bisa mencetak 10 gol di Liga Champions dalam semusim. Cuma Kylian Mbappe (18 tahun 360 hari) yang torehannya lebih baik.

3 dari 8 halaman

Gol Laga Debut di 3 Ajang

Haaland juga menjadi pemain Dortmund pertama yang bisa mencetak gol di laga debut dalam ajang Bundesliga, Liga Champions, serta DFB-Pokal.

4 dari 8 halaman

Hattrick di Laga Debut

Saat membela Salzburg pada paruh musim 2019-2020, Haaland mencetak hattrick dalam debut penuhnya di ajang Liga Champions. Catatan itu membuatnya jadi pemain termuda kedua yang bisa mencetak hattrick di ajang tersebut setelah Wayne Rooney.

5 dari 8 halaman

Rekor Gol di Salzburg

Bersama Salzburg, Haaland jadi pemain ketiga setelah Alessandro Del Piero dan Diego Costa yang sanggup mencetak gol di lima laga Liga Champions perdananya berturut-turut.

Selain hattrick ke gawang Liverpool, sang pemain juga mencetak empat gol tambahan di pertandingan melawan Liverpool dan Napoli. Tidak ada satu remaja pun sebelumnya yang bisa menyentuh raupan 7 gol di satu musim Liga Champions.

6 dari 8 halaman

5 Gol hanya Dalam Tempo Sejam

Mantan pemain Dortmund, Paco Alcacer, membutuhkan 72 menit untuk mencetak lima gol pertamanya di Bundesliga.

Namun, Erling Haaland mengalahkan catatan waktu tersebut. Dia menjaringkan lima gol hanya dalam waktu satu jam atau 60 menit setelah Dortmund mengalahkan FC Koeln pada pekan ke-19 Bundesliga musim ini.

7 dari 8 halaman

Hattrick sebagai Pemain Pengganti

Erling Haaland merupakan debutan ketujuh Bundesliga yang mencetak hattrick. Meski demikian, dia merupakan orang pertama yang melakukannya ketika masuk sebagai pemain pengganti. Haaland masuk pada menit ke-56 saat Dortmund melawan Augsburg di WWK Arena.

8 dari 8 halaman

Sensasi Gol ke 7,8, dan 9

Erling Haaland juga merupakan pemain pertama yang mencetak tujuh gol dalam tiga pertandingan pertama di Bundesliga.

Kemudian, dia melanjutkan rekor itu dengan mencetak delapan gol dalam lima pertandingan pembuka, sembilan gol dalam enam laga perdana.

Sumber: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.com (Ario Yosia)

Diunggah pada: 3 Juni 2020

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR