5 Pelajaran Laga Monchengladbach vs Real Madrid: Dua Tim Jatuh di Lubang yang Sama

Asad Arifin | 2020-10-28 07:11
Penjaga gawang Borussia Monchengladbach, Yan Sommer, usai gawangnya dibobol Karim Benzema (c) AP Photo

Bola.net - Real Madrid berjumpa Borussia Monchengladbach pada matchday kedua Grup B Liga Champions, Rabu (28/10/2020) dini hari WIB. Kedua tim mengakhiri laga dengan skor imbang 2-2.


Pada duel yang digelar di Borussia Park, Gladbach sejatinya punya peluang meraih tiga poin. Sebab, tim asuhan Marco Rose itu unggul dengan skor 2-0 saat laga masuk menit ke-58. Kedua gol Gladbach dicetak Marcus Thuram.

Hanya saja, Gladbach lengah pada enam menit terakhir laga. Gladbach tidak mampu menjaga gawangnya untuk tidak kebobolan. Karim Benzema dan Casemiro bergantian mencetak gol dan laga berakhir imbang 2-2.

Persaingan di Grup B kini makin seru. Sebab, di laga lain, Inter Milan dan Shakhtar bermain imbang 0-0. Real Madrid, walau baru punya satu poin, masih berpeluang besar lolos ke babak 16 Besar.

Lantas, pelajaran apa saja yang bisa dipetik dari duel Gladbach vs Real Madrid? Simak di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 5 halaman

Bocor di Sisi Kanan

Lucas Vazquez tampil bagus di laga melawan Barcelona, akhir pekan lalu. Namun, di laga melawan Gladbach, pemain 29 tahun itu gagal memberikan rasa aman bagi pertahanan Madrid.

Sisi kanan pertahanan Real Madrid yang dijaga Vazquez acap kali bocor. Dua gol dari Marcus Thuram, semua berasal dari area yang dijaga pemain jebolan akademi Real Madrid itu.

Vazquez memang cukup aktif dan apik saat menyerang, tetapi perlu bekerja lebih untuk bertahan. Pada gol kedua Gladbach, Vazquez luput menjaga Thuram yang dengan bebas menyambar bola muntah.

Celaka bagi Real Madrid, mereka tak punya banyak opsi di posisi bek kanan. Nacho dan Dani Carvajal masih mengalami cedera.

2 dari 5 halaman

Tembok Kokoh Yann Sommer

Marcus Thuram tentu saja menjadi bintang bagi Gladbach. Pemain 23 tahun itu mencetak dua gol ke gawang Real Madrid. Namun, ada satu pemain lagi yang patut mendapat apresiasi yakni Yann Sommer.

Penjaga gawang asal Swiss itu memang kebobolan dua gol, namun bukan berarti dia tampil buruk. Gladbach bisa saja kebobolan lebih banyak jika yang berada di bawah mistar bukan Sommer.

Yann Sommer melakukan empat kali penyelamatan di laga melawan Real Madrid. Pada babak pertama, kiper 31 tahun itu menepis sepakan keras Toni Kroos. Lalu, ada sepakan jarak dekat Marco Asensio yang mampu diblok Sommer.

3 dari 5 halaman

Pergantian Pemain Zidane

Real Madrid berada dalam tekanan saat Gladbach mencetak gol kedua pada menit ke-58, lewat aksi Marcus Thuram. Zinedine Zidane kemudian melakukan pergantian pemain yang cermat.

Eden Hazard dan Luka Modric dimainkan pada menit ke-70. Kedua pemain membawa perubahan besar pada permainan Madrid, terutama Luka Modric.

Pemain asal Krosia membuat lini tengah Madrid makin agresif. Pada proses gol kedua Real Madrid, Luka Modric melepas umpan crossing yang sundul Sergio Ramos. Bola lantas mengarah ke Casemiro dan menjadi gol.

4 dari 5 halaman

Super Casemiro

Real Madrid berada dalam tekanan di laga melawan Gladbach. Beruntung mereka punya banyak pemain berpengalaman dan punya mental juara. Kali ini, bukan Sergio Ramos, tetapi Casemiro yang jadi penentunya.

Casemiro menunjukkan usaha yang gigih saat mengejar umpan crossing yang buruk dari Fede Valverde. Casemiro mampu menjangkau bola dan menjadi assist untuk gol Karim Benzema pada menit ke-87.

Setelah itu, pemain asal Brasil mencatatkan namanya di papan skor pada menit 90+3. Casemiro menyambar bola kiriman Sergio Ramos ke gawang Gladbach. Laga pun berakhir dengan skor imbang 2-2.

Casemiro pantas mendapat apresiasi lebih atas aksinya pada duel melawan Gladbach.

5 dari 5 halaman

Jatuh di Lubang yang Sama

Real Madrid mengulang kesalahan yang dilakukan saat kalah dari Shakhtar pada laga melawan Gladbach. Los Blancos lebih dulu tertinggal lalu berupaya keras untuk mendapatkan minimal satu poin.

Real Madrid hampir menyamakan skor di laga melawan Shakhtar, tetapi gol ketiga dianulir. Sedangkan, di laga melawan Gladbach, misi mengejar skor sukses. Gol Casemiro pada menit 90+3 membuat Madrid mendapat satu poin.

Gladbach juga mengalami masalah yang sama. Di laga melawan Inter Milan, mereka unggul 2-1 tetapi kebobolan pada menit 90. Gladbach pun jatuh pada lubang yang sama, seperti yang dialami Real Madrid.

Sebagai catatan, pada musim lalu, Real Madrid juga memulai fase grup dengan buruk. Setelah kalah 3-0 dari PSG pada matchday pertama, Los Blancos bermain imbang lawan Club Brugges di matchday kedua.

Sumber: Berbagai Sumber

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR