5 Momen Kunci Bayern Munchen Juara Bundesliga 2018/19

Asad Arifin | 20 Mei 2019 09:59
Bayern Munchen merayakan gol pengunci gelar Bundesliga musim 2018/2019 (c) AP Photo

Bola.net - - Bayern Munchen menjalani persaingan yang berat pada musim 2018/19. Sebab, mereka baru bisa memastikan gelar juara pada laga pekan terakhir, dan akhirnya unggul dua poin dari Borussia Dortmund di klasemen akhir.

Pada laga pekan terakhir, Bayern mampu meraih kemenangan telak 5-1 atas Frankfurt akhir pekan lalu. Kemenangan ini memastikan seisi Allianz Arena berpesta. Bayern menjadi juara Bundesliga musim 2018/19 di kandangnya sendiri.

Langkah Bayern untuk menjadi juara pada musim 2018/19 ini tidak mudah. Die Rotten sempat berada dalam periode sulit di paruh pertama musim. Bayern juga sempat diterpa isu keretakan dalam skuat antara pemain dan pelatih.

Namun, pada akhirnya Bayern mampu jadi juara Bundesliga musim 2018/19. Dan, berikut adalah lima momen kunci Bayern Munchen juara Bundesliga.

1. Terpuruk di Awal Musim

Bayern Munchen mulai menunjukkan kinerja tidak beres pada akhir September 2018 lalu. Saat itu, Bayern imbang dengan skor 1-1 atas Augsburg di kandang. Hasil lebih parah terjadi pada dua laga selanjutnya.

Bayern kemudian kalah dari Herta Berlin dan Gladbach secara beruntun. Pasukan Niko Kovac sempat bangkit dengan menang atas Wolfsburg dan Mainz pada dua laga selanjutnya.

Namun, Bayern kembali melempem pada bulan November. Tiga laga dimainkan, Thomas Muller dan kolega hanya mendapat dua poin hasil dua kali imbang dan sekali kalah. Bayern pun mulai tertinggal poin cukup jauh dari Dortmund di klasemen.

2. Pergantian Tahun

Masuk tahun 2019, performa Bayern Munchen mulai lebih stabil. Terlepas dari kegagalan di ajang Liga Champions, Bayern Munchen bermain bagus pada ajang domestik. Baik itu di Bundesliga maupun di DFB Pokal.

Sepanjang tahun 2019, Bayern hanya satu kali merasakan kekalahan di pentas Bundesliga. Kekalahan tersebut terjadi pada saat Bayern berjumpa Bayer Leverkusen pada laga pekan ke-20. Bayern kalah dengan skor 3-1.

Pada laga yang digelar di BayArena, Bayern sempat unggul lewat gol Leon Goretzka. Namun, Leverkusen mampu balik unggul dan menang melalui gol yang dicetak oleh Leon Bailey, Kevin Volland dan Lucas Alario.

1 dari 1 halaman

3 Momen Kunci Lainnya

3. Der Klasiker dan Momen Krusial

Pekan ke-28 jadi momen yang krusial bagi Bayern Munchen. Pada laga ini, Bayern harus menjalani laga Der Klasiker melawan Borussia Dortmund. Sempat diprediksi akan berjalan sengit, laga justru timpang sekali.

Bayern meraih kemenangan dengan cukup mudah pada skor 5-0 di Allianz Arena. Hasil ini membuat Bayern memegang kendali perebutan gelar juara Bundesliga. Bayern memimpin klasemen sementara dengan keunggulan satu poin atas Dortmund.

Bayern semakin berada di atas angin karena saat itu punya keunggulan margin gol surplus 14 gol. Secara mental, Bayern juga memberikan pukulan telak bagi Marco Reus dan kawan-kawan dengan kekalahan 5-0.

4. Gagal Pesta di Redbull Arena

Bayern Munchen punya peluang meraih gelar juara Bundesliga musim 2018/19 di pekan ke-33. Saat itu, Bayern berjumpa dengan tuan rumah RB Leipzig. Jika menang, maka Bayern akan unggul empat poin dari Dortmund. Hanya ada satu laga tersisa.

Namun, Bayern rupanya gagal mendapat poin penuh. Anak asuh Niko Kovac tersebut hanya mampu bermain dengan skor imbang 1-1. Sementara, di laga lain Dortmund justru mampu meraih kemenangan atas lawannya.

Bayern sejatinya bisa menang dengan skor 1-0 lewat gol yang dicetak oleh Leon Goretzka. Namun, gol tersebut harus dianulir oleh wasit setelah melihat VAR. Laga melawan RB Leipzig di Redbull Arena pun berakhir dengan skor imbang 1-1.

5. Gelar yang Sempurna

Bayern Munchen harus berjumpa Frankfurt di laga terakhir Bundesliga musim 2018/19. Laga digelar di Allianz Arena pada Sabtu (18/5/2019) lalu. Frankfurt sendiri datang dengan ambisi menang untuk mengamankan satu tempat di zona Liga Champions.

Hanya saja, Bayern menunjukkan performa luar biasa pada laga ini. Bayern menang dengan skor 5-1 lewat gol yang masing-masing dicetak oleh Kingley Coman, David Alaba, Renato Sanchez, Franck Ribery dan Arjen Robbben.

Bayern pun memastikan gelar juara dengan raihan 78 poin. Bayern unggul dua poin dari Dortmund yang berada di posisi kedua.

Sebuah gelar yang sempurna bagi Bayern pada musim ini. Sebab, mereka merayakan gelar di pekan terakhir dan di kandang sendiri. Bayern juga merayakan gelar saat Franck Ribery dan Arjen Robben, dua legenda klub, memainkan laga kandang terakhirnya.

Setelah musim 2018/19 berakhir, Robben dan Ribery sudah resmi menyatakan akan pindah dari Bayern. Selain itu, ada juga Rafinha yang memastikan bakal pindah dari Bayern pada musim depan.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR