5 Faktor Ini Buat RB Leipzig Berpotensi Jadi Penguasa Baru Bundesliga

Serafin Unus Pasi | 22 Agustus 2019 21:14
RB Leipzig Merayakan gol mereka ke gawang Union Berlin (c) Bundesliga

Bola.net - Musim baru Bundesliga sudah resmi digelar. Kompetisi kasta tertinggi Jerman ini sudah memainkan pertandingan pertama mereka pada akhir pekan yang lalu.

Untuk musim ini, Bayern Munchen masih menjadi unggulan untuk menjuarai Bundesliga. Pasukan Niko Kovac ini dinilai punya amunisi yang kuat untuk mempertahankan gelar juara mereka di musim ini.

Sementara Borussia Dortmund akan kembali menjadi sosok antagonis utama Die Rotten musim ini. Musim lalu mereka nyaris menjadi juara dan mereka akan mencoba untuk memenangkan tahta juara itu musim ini.

Namun ada kekuatan baru yang diprediksi akan menjadi pesaing baru untuk gelar juara Bundesliga ini. Mereka adalah RB Leipzig yang meski baru dua tahun berada di kasta tertinggi sepakbola Jerman tetapi selalu finish di peringkat 3 besar.

Ada sekitar lima alasan mengapa Leipzig bakal menjadi tim yang membuat sejarah dengan menjadi juara Bundesliga untuk pertama kalinya. Apa saja alasan itu? yuk simak di bawah ini.

1 dari 5 halaman

Juru Taktik Baru

Ada satu alasan utama mengapa beberapa pengamat—termasuk kapten Borussia Dortmund, Marco Reus, memfavoritkan RB Leipzig untuk menjadi penantang gelar juara musim ini. Alasan itu adalah tentu saja, Julian Nagelsmann, yang meninggalkan TSG Hoffenheim di akhir musim lalu untuk menggantikan Ralf Rangnick sebagai pelatih utama.

Nagelsmann menjadi pelatih termuda dalam sejarah Bundesliga saat ia memimpin Hoffenheim pada usia 28 tahun. Ia berhasil menyelamatkan Hoffenheim dari jurang degradasi sebelum menuntun mereka kembali ke empat besar dan membawa klub asal Sinsheim tersebut ke Liga Champions UEFA untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Pelatih berusia 32 tahun itu menyambut positif saran Rangnick bahwa ia harus menargetkan gelar bersama RB Leipzig, dan baru-baru ini ia mengatakan bahwa klub barunya sudah siap menantang Bayern. Nagelsmann tidak terkalahkan dalam tiga pertandingan pertamanya melawan pemegang rekor juara liga Jerman tersebut sehingga, dengan sumber daya yang ia miliki, ia yakin akan membuat Bayern dan fans mereka kecewa lagi.

2 dari 5 halaman

Tembok Baja

Kiper RB Leipzig, Peter Gulasci, mencatatkan 16 clean sheet dalam 33 pertandingan Bundesliga musim lalu dan timnya hanya kebobolan 29 gol dalam 34 pertandingan secara keseluruhan, tiga gol lebih sedikit dari sang juara Bayern.

Barisan pertahanan yang diisi para pemain muda sarat pengalaman juga jadi kuncinya. Dayot Upamecano dan Ibrahima Konate memang masih berusia 20 tahun namun telah memiliki segudang pengalaman, sedangkan sang kapten, Willi Orban, telah memainkan 217 laga kompetitif di level senior meski baru berusia 26 tahun. Kedatangan pemain pinjaman, Ethan Ampadu, dari Chelsea juga memberikan kekuatan tambahan.

3 dari 5 halaman

Konsisten Jadi Penantang

Di saat semua fokus tertuju pada topik Borussia Dortmund sebagai penantang Bayern dalam meraih gelar juara, RB Leipzig tanpa terdeteksi hampir selalu membayangi mereka.

Bahkan pada musim perdana mereka di Bundesliga, mereka finis sebagai runner-up. Musim lalu juga tak kalah mengesankan, Die Roten Bulen hanya tertinggal 12 poin di bawah Bayern dan 10 poin di bawah Dortmund pada akhir musim.

4 dari 5 halaman

Predator Haus Gol

Timo Werner dan Yussuf Poulsen berhasil masuk ke dalam daftar 10 pencetak gol terbanyak di Bundesliga musim lalu. Werner menorehkan 16 gol dan tujuh assist sementara Poulsen menikmati tahun paling produktifnya hingga saat ini.

Pemain Denmark itu berada di belakang Werner dalam daftar pencetak gol setelah menggetarkan jala 15 kali. Didukung kelincahan Marcel Sabitzer dan Emil Forsberg di sektor sayap, RB Leipzig punya barisan penyerang yang menakutkan bagi lawan.

5 dari 5 halaman

Rekrutan Baru

Kebijakan rekrutmen RB Leipzig untuk musim ini tidak diragukan lagi membuat iri banyak klub, dan mereka sudah merencanakannya dengan matang selama musim dingin. Gelandang serang energik, Christopher Nkunku, adalah salah satu yang langsung terlihat dampaknya pada skuad baru Nagelsmann.

Sementara bek sayap asal Brasil, Luan Cândido, menambah pilihan di sektor kiri setelah Marcel Halstenberg dan Marcelo Sarrachi. Di sektor depan, Ademola Lookman direkrut secara permanen setelah dua musim lalu sukses menjalani rückrunde bersama Leipzig sebagai pemain pinjaman dengan raihan lima gol dalam 11 penampilan.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR