5 Duel Kunci Bayern Munchen vs Borussia Dortmund

Ari Prayoga | 2020-09-30 13:08
DFL Supercup 2020, Bayern Munchen vs Borussia Dortmund (c) Bola.net

Bola.net - Dua raksasa Jerman, Bayern Munchen dan Borussia Dortmund akan bertarung dalam partai DFL-Supercup 2020 di Allianz Arena, Kamis (1/10/2020) dini hari WIB nanti.


Bayern dan Dortmund sama-sama memiliki modal kurang bagus jelang duel ini. Pasalnya, kedua tim sama-sama menderita kekalahan dalam laga terakhir mereka.

Akhir pekan kemarin, Dortmund harus menyerah dari Augsburg dua gol tanpa balas, sedangkan Bayern dihajar Hoffenheim dengan skor telak 1-4.

Untuk laga kali ini, Dortmund mendapat kabar kurang bagus dengan tak bisa bermainnya sang bintang, Jadon Sancho karena mengalami infeksi saluran pernapasan.

Meski demikian, pelatih Lucien Favre masih memiliki sederet pemain yang bisa menjadi ancaman bagi Bayern. Pun demikian juga sebaliknya.

Menukil dari laman resmi Bundesliga, berikut Bola.net sajikan lima duel kunci di laga Bayern Munchen vs Borussia Dortmund selengkapnya.

1 dari 5 halaman

Robert Lewandowski vs Mats Hummels

Lewandowski jelas menjadi striker paling mematikan di Jerman saat ini. 34 gol yang ia cetak musim lalu membuatnya menyabet gelar top skorer kelima kalinya, dan ketiga secara beruntun.

Kini, Lewandowski akan berhadapan dengan mantan timnya. Sial bagi Lewandowski, ia harus berduel dengan mantan rekan setimnya, baik di Dortmund dan di Bayern, yakni Mats Hummels.

Hummels sudah pasti mengenal kehebatan Lewandowski. Tak hanya itu, Hummels juga sudah tahu kelemahan penyerang asal Polandia tersebut. Karena itu, duel keduanya dini hari nanti dijamin bakal seru.

2 dari 5 halaman

Joshua Kimmich vs Jude Bellingham

Dalam beberapa musim terakhir, Joshua Kimmich sukses memantapkan satu tempat di pos gelandang tengah Bayern, setelah sebelumnya lebih banyak beroperasi di sektor bek kanan.

Performa Kimmich di awal musim ini cukup impresif. Pemain 25 tahun itu sukses menciptakan dua assist dalam laga kontra Schalke, dan mencetak gol spektakuler ke gawang Hoffenheim.

Kini, Kimmich bakal meladeni tantangan dari muka baru di sepak bola Jerman, yakni Jude Bellingham. Pemain asal Inggris itu baru direkrut Dortmund dari Birmingham City.

Bellingham pun membuktikan bahwa Dortmund tak salah merekrutnya. Pemain 17 tahun itu sukses menjadi pencetak gol termuda sepanjang sejarah Dortmund.

Tak hanya itu, Bellingham kemudian juga mencatatkan diri sebagai pemberi assist termuda dalam sejarah Bundesliga.

3 dari 5 halaman

Erling Haaland vs Manuel Neuer

Di sisi lapangan lainnya, bakal terjadi duel menarik antara kiper andalan sekaligus kapten Bayern Munchen, Manuel Neuer dengan striker muda haus gol milik Dortmund, Erling Haaland.

Datang ke Dortmund pada Januari lalu, Haaland langsung mencatatkan torehan luar bisa dengan mencetak 13 gol dalam 15 laga Bundesliga.

Kehebatan Haaland berlanjut pada musim ini. Pemain 20 tahun itu sukses mencetak dua gol dalam laga spieltag pembuka Bundesliga melawan Borussia Moncengladbach.

Jika ada pemain yang bisa menghentikan rentetan gol Haaland, maka bisa jadi Neuer lah orangnya. Kehebatan Neuer di bawah mistar sudah tak perlu diragukan lagi.

Musim lalu, Neuer mencatatkan 15 clean sheet dalam 33 laga Bundesliga sekaligus memimpin Bayern Munchen meraih treble winners.

4 dari 5 halaman

Serge Gnabry vs Emre Can

Ditinggal Arjen Robben dan Franck Ribery rupanya tak membuat Bayern Munchen melemah. Pasalnya, mereka sudah memiliki penggantinya dalam diri Serge Gnabry.

Performa Gnabry sepanjang musim lalu menjadi buktinya. Eks pemain Arsenal itu sukses menjadi salah satu aktor penting keberhasilan Die Roten meraih tiga gelar.

Kali ini, Gnabry dipastikan bakal mendapat pengawalan khusus dari gelandang bertahan Dortmund, Emre Can yang bergabung dengan Die Borussen sejak Januari lalu.

5 dari 5 halaman

Marco Reus vs Alphonso Davies

Absennya Jadon Sancho membuat Lucien Favre kemungkinan bakal menurunkan pemain gaek Marco Reus sejak menit pertama. Reus baru saja kembali ke lapangan usai sempat lama absen karena cedera.

Reus bisa dibilang menjadi lawan yang dihindari Bayern. Pasalnya, pemain 31 tahun itu sudah mencetak 10 gol ke gawang Die Roten sepanjang kariernya.

Pergeakan Reus di sisi kanan penyerangan Dortmund bakal coba diantisipasi oleh Alphonso Davies yang menjadi bintang baru Bayern Munchen sejak musim lalu.

Meski baru berusia 19 tahun, akan tetapi Davies sudah mencatatkan prestasi luar biasa. Musim lalu pemain asal Kanada tersebut sukses meraih gelar pendatang baru terbaik di Bundesliga.

Sumber: Bundesliga

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR