5 Alasan RB Leipzig Bisa Memenangkan Gelar Bundesliga 2019/20

Aga Deta | 27 September 2019 16:07
Julian Nagelsmann (c) AP Photo

Bola.net - RB Leipzig menjalani start yang bagus di bawah asuhan Julian Nagelsman. Mereka mampu bertengger di puncak klasemen sementara Bundesliga dan berada di depan Bayern Munchen dan Borussia Dortmund.

Die Roten Bullen saat ini mengumpulkan 13 poin dari lima pertandingan. Leipzig dan Bayern merupakan tim yang belum pernah menelan kekalahan di Bundesliga.

Selama pramusim, Dortmund mendapat banyak sorotan. Tim asuhan Lucien Favre itu digadang-gadang bakal mampu meruntuhkan dominasi Bayern pada musim 2019/20.

Akan tetapi, Leipzig justru mampu mencuri perhatian di Bundesliga musim ini. Mungkin klub yang bermarkas di Red Bull Arena itu yang ditakdirkan untuk menjadi juaranya.

Berikut ini lima alasan mengapa RB Leipzig bisa menjuarai Bundesliga musim 2019/20 seperti dilansir Bundesliga.com.

1 dari 5 halaman

Faktor Nagelsmann

Nagelsmann menjadi pelatih termuda dalam sejarah Bundesliga ketika ia memimpin Hoffenheim pada usia 28 tahun. Ajaibnya, ia berhasil menyelamatkan mereka dari degradasi sebelum membimbing mereka untuk menembus Liga Champions untuk pertama kalinya.

Atas prestasinya itu, Nagelsman ditunjuk menjadi pelatih Leipzig pada musim ini. Pria berusia 32 tahun itu dipercaya untuk menggantikan Ralf Rangnick di Red Bull Arena.

Nagelsmann sekarang berhasil membawa Die Roten Bullen menantang Bayern dalam perebutan gelar Bundesliga pada musim ini. Leipzig saat ini berada di puncak klasemen setelah meraih empat kemenangan dan satu hasil imbang.

2 dari 5 halaman

Punya Pertahanan Terbaik

Di bawah asuhan Nagelsmann, Leipzig sangat solid di belakang. Mereka saat ini merupakan tim dengan pertahanan terbaik di Bundesliga.

Leipzig baru kemasukan tiga gol dari lima pertandingan di liga sejauh ini. Bahkan, Die Roten Bullen punya rekor kebobolan yang lebih baik dari beberapa pemuncak klasemen di liga lainnya seperti PSG, Liverpool dan Real Madrid.

Pertahanan solid yang ditunjukkan Leipzig juga tidak terlepas dari performa duet bek muda Dayot Upamecano dan Ibrahima Konate. Selain itu, kiper Peter Gulasci juga memainkan peran besar di bawah mistar gawang.

3 dari 5 halaman

Musim Lalu Tak Beda Jauh

Disaat semua perhatian tertuju pada Borussia Dortmund dan Bayern Munchen, RB Leipzig diam-diam mampu finis di peringkat ketiga pada musim lalu. Menariknya, pasukan Ralf Ragnick hanya tertinggal 12 poin di belakang Bayern dan 10 angka di belakang Dortmund.

Leipzig hanya kalah dalam enam pertandingan di liga sepanjang musim lalu. Mereka hanya kalah sekali saja di kandang dan saat ini sudah tidak terkalahkan dalam sembilan pertandingan di Red Bull Arena.

Leipzig bisa dibilang sudah tidak asing dengan persaingan di papan atas Bundesliga setelah meraih tempat kedua pada musim perdana mereka di bawah Ralph Hasenhüttl pada 2016/17. Nagelsmann diharapkan bisa menjadi pelatih pertama yang memberikan kesuksesan untuk Die Roten Bullen.

4 dari 5 halaman

Cetak Banyak Gol

Dengan Werner dan Yussuf Poulsen, Leipzig memiliki dua dari 10 pencetak gol terbanyak di Bundesliga musim lalu. Werner mencetak 16 gol di liga, sedangkan Poulsen berada di belakang striker Jerman itu dengan 15 gol.

Leipzig sudah mencetak 13 gol dalam lima pertandingan pertama musim ini dan hanya kalah subur dari Bayern (16) dan Dortmund (15). Werner kembali tampil tajam pada musim ini setelah mengemas lima gol sejauh ini. Pemain berusia 23 tahun itu juga mencetak hattrick saat bertemu Borussia Monchengladbach.

Spesialis bola mati Marcel Sabitzer sudah mencetak dua gol. Sementara Poulsen dan pemain baru Christopher Nkunku baru melesakkan satu gol. Nagelsmann juga masih punya bintang yang sedang naik daun Matheus Cunha dan Ademola Lookman, yang masa peminjamannya dari Everton sudah dibuat permanen.

5 dari 5 halaman

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR