5 Alasan Borussia Dortmund Menang Lawan Manchester City

Asad Arifin | 2021-04-05 15:29
Erling Braut Haaland merayakan golnya ke gawang Sevilla pada leg pertama babak 16 Besar Liga Champions 2020/2021 (c) AP Photo

Bola.net - Borussia Dortmund akan menghadapi Manchester City pada babak perempat final leg pertama Liga Champions. Duel sengit ini akan berlangsung di Stadion Etihad, Rabu (7/4/2021) pukul 02.00 WIB.


Die Borussen tentu berupaya melakukan perubahan taktik setelah tiga laga terakhirnya mengalami performa yang kurang meyakinkan. Sedangkan, City benar-benar berada dalam performa yang bagus di tiga laga terakhirnya. Mereka meraih kemenangan secara berturut-turut.

Dalam laga nanti, Manchester City lebih difavoritkan meraih kemenangan karena tim asuhan Pep Guardiola akan bermain di kandang sendiri. Namun, tim asuhan Edin Terzic masih punya peluang untuk bisa meraih kemenangan di kandang Cityzens.

Berikut ini lima alasan yang membuat Borussia Dortmund bisa mengalahkan Manchester City.

1 dari 5 halaman

Erling Haaland tak terhentikan

Striker muda asal Norwegia ini adalah salah satu pemain yang terbaik di Eropa. Kualitasnya pun tidak bisa diragukan lagi, Haaland selalu menjadi pemain andalan bagi Borussia Dortmund selama beberapa musim.

Bersama Die Borussen, ia telah memainkan 22 laga penampilan di Bundesliga musim ini. Dari 22 laga, ia berhasil menorehkan 21 gol dengan lima asis. Tak cuma ganas di Bundesliga, ia juga ganas di Liga Champions. Ia berhasil mencatat 10 gol dengan satu asis dari enam laga.

Pemain berusia 20 tahun itu memiliki kecepatan berlari lebih dari 21,8 mph dan juga memiliki kaki kidal yang berpower tinggi. Sehingga, pada laga nanti Haaland bisa menjadi ancaman serius bagi pertahanan Manchester City.

2 dari 5 halaman

Kembalinya Jadon Sancho

Setelah mengalami cedera yang serius sejak beberapa pekan lalu, Sancho dipastikan akan kembali merumput pada pertandingan ini jika ia pulih tepat waktu dari cederanya. Sancho sendiri merupakan pemain paling istimewa bagi Borussia Dortmund.

Pasalnya, pemain berusia 21 tahun itu bisa bermain di berbagai posisi yakni sebagai penyerang sayap dan gelandang serang. Ia punya kemampuan dalam menusuk ke jantung pertahanan lawan dan menjadikannya pengendali yang baik untuk lini serang Die Borussen.

Musim ini, ia berhasil menorehkan enam gol dengan 11 asis dari 21 laga penampilannya di Bundesliga. Sancho secara alami memiliki tendangan dan serta umpan-umpan panjang yang mematikan. Sehingga sangat diandalkan dalam laga nanti melawan Manchester City.

3 dari 5 halaman

Status Borussia Dortmund

Dalam laga nanti, Borussia Dortmund akan bersiap habis-habisan menghadapi Manchester City. Pasalnya, City memiliki pertahanan kokoh yang bisa membuat penyerang lawan frustasi. Terbukti di Liga Champions musim ini, Cityzens hanya kebobolan paling sedikit.

Borussia Dortmund juga mempunyai pertahanan yang solid. Terbukti dari 22 laga di Bundesliga musim ini, Dortmund sudah kebobolan gawang sebanyak 39 gol. Ia juga memiliki statistik yang bagus dalam jumlah seluruh gol di Bundesliga yakni sebanyak 55 gol.

4 dari 5 halaman

Pep Guardiola selalu tersingkir oleh Marco Reus

Dari setiap klub yang dilatih Pep Guardiola hanya ada sedikit klub yang tidak memiliki rekor bagus. Hal ini sama seperti waktu tiga musimnya di Bundesliga. Ia berhasil memenangkan 82 pertandingan dari 102 laga secara keseluruhannya.

Ketika memegang Bayern Munchen, Guardiola kehilangan pertandingan kompetitif pertamanya sebagai pelatih klub dengan kalah 4-2 dari Dortmund di Piala Super 2013. Marco Reus berhasil mencetak dua gol pada hari itu. Kemudian, ia dikalahkan lagi di Piala Super 2014 dan semifinal Piala DFB di musim yang sama.

5 dari 5 halaman

Dortmund kelas berat Eropa

Gelaran Liga Champions bisa dibilang cenderung berat. Karena, hanya ada satu pemenang yang bisa meraih trofi tersebut. Pertama kali Borussia Dortmund menang Liga Champions yakni pada tahun 1997 ketika mengalahkan juara bertahan Juventus 3-1 di Munich.

Dortmund pernah mengulang kesuksesannya di Eropa tahun 2012/13. Die Borussen sempat pernah meraih runner-up Liga Champions 2012/13 dibawah asuhan Jurgen Klopp. Namun Kala itu, Dortmund kalah 2-1 melawan sang rivalnya yakni Bayern Munchen.

Hal ini bisa dikatakan bahwa Dortmund lebih diunggulkan daripada Manchester City di Eropa. Sebab, satu-satunya kesuksesan Cityzen di Eropa yakni ketika berhasil meraih gelar Liga Champions pada 1969/70 melawan Gornik Zabrze dari Polandia.

(Bola.net/Muhammad Ibnu Prasetyo)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR