4 Formasi Agar Philippe Coutinho dan Thomas Muller Main Bersama

Asad Arifin | 27 September 2019 13:38
Philippe Coutinho (c) DFL

Bola.net - Kedatangan Philippe Coutinho membuat Bayern Munchen punya amunisi yang kian lengkap di sektor gelandang serang. Akan tetapi, kondisi demikian juga menjadi sebuah dilema bagi pelatih Nico Kovac.

Sampai saat ini, Niko Kovac masih belum punya pilihan pasti untuk posisi gelandang serang. Kocvac secara bergantian memasang Coutinho dan Thomas Muller untuk berada di belakang Robert Lewandowski.

Karakter bermain Coutinho dan Muller memang jauh berbeda. Akan tetapi, kedua pemain menempati posisi yang sama, pemain di belakang penyerang. Niko Kovac merasa jika keduanya bermain bersama, Bayern akan terlalu agresif.

Apa yang dikatakan oleh Kovac tidak salah. Coutinho dan Muller adalah pemain dengan kecenderungan menyerang lebih tinggi dibanding bertahan. Tetapi, bukan berarti tidak ada alternatif bagi Bayern.

Simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 2 halaman

Pilihan Formasi untuk Coutiho dan Muller [Bagian 1]

1) Formasi 4-2-3-1

Lewandowski
Coutinho - Muller - Gnabry
Thiago - Kimmich

Posisi terbaik Coutinho adalah ketika dia bermain di gelandang serang. Peran ini dimainkan oleh pemain asal Brasil ketika dia masih di Liverpool. Pada posisi inilah Coutinho mencapai performa terbaiknya.

Sedangkan, Thomas Muller adalah pemain yang cerdas ketika berada di winger kiri. Dia memang tidak punya dribble dan akselerasi yang bagus, tetapi dia memiliki pemahaman taktik dan ruang yang brilian. Muller pernah bermain di winger kiri bersama timnas Jerman.


2) 4-2-3-1

Lewandowski
Perisic - Coutinho - Muller
Kimmich - Tolisso

Keluhan utama Niko Kovac saat Coutinho dan Muller bermain sama adalah Bayern akan kekuarangan pemain dengan tipial bertahan di lini tengah. Keluhan tersebut tidak salah, tetapi bukan berarti tidak ada solusi untuk mengatasinya.

Niko Kovac bisa memainkan dua gelandang bertahan dengan tipikal pekerja pada sosok Joshua Kimmich dan Corentin Tolisso. Dari sisi naluri pertahan, Tolisso jauh lebih kuat dibanding Thiago Alcantara.

2 dari 2 halaman

Pilihan Formasi untuk Coutiho dan Muller [Bagian 2]

3) 4-3-3

Coman - Lewandowski - Muller
Coutinho
Martinez - Kimmich

Thomas Muller juga bisa bermain sebagai penyerang kiri. Dengan karakter ini, maka Niko Kovac juga bisa bermain dengan formasi 4-3-3. Muller di kiri, dan Kingley Coman berada di sisi kanan. Coutinho bermain sebagai gelandang serang.

Formasi ini membuat Bayern akan tampil ultra ofensif. Karena itu, perlu permain dengan karakter bertahan yang sangat kuat. Javi Martinez bisa menjadi pilihan. Pemain asal Spanyol biasanya juga dimainkan sebagai bek tengah.

4) 4-4-2

Lewandowski - Muller
Coutinho - Thiago - Kimmich - Gnabry

Thomas Muller adalah peain yang cerdas. Dia bisa bermain di hampir semua posisi, di lini serang. Dia juga bisa bermain sebagai penyerang. Muller bisa berduet dengan Robert Lewandowski sebagai ujung tombak Bayern.

Sementara, Kovac bisa memainkan Coutinho di posisi sayap kanan. Coutinho pernah bermain sebagai winger kanan saat di Barcelona. Jadi, dia bermain di sayap kanan pada formasi 4-4-2. Namun, Coutinho akan banyak dipaksa bertahan pada formasi ini.

Sumber: Bundesliga

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR