2 Alasan Bayern Munchen Mungkin Tidak Akan Memecat Julian Nagelsmann

Asad Arifin | 20 September 2022, 10:23
Ekspresi Julian Nagelsmann pada duel Bayern Munchen vs Barcelona di Liga Champions 2022/2023 (c) AP Photo
Ekspresi Julian Nagelsmann pada duel Bayern Munchen vs Barcelona di Liga Champions 2022/2023 (c) AP Photo

Bola.net - Julian Nagelsmann berada dalam situasi yang pelik menyusul performa minor Bayern Munchen pada awal musim 2022/2023. Namun, ada sejumlah alasan mengapa posisi Nagelsmann masih cukup aman di Bayern.

Bayern melaju cukup mulus di pentas Liga Champions. Dua laga dimainkan, dua kemenangan didapat. Masalahnya terjadi di Bundesliga. Die Roten gagal menang pada empat laga terakhir. Ini adalah hasil yang tidak biasa bagi Bayern.

Kini, pada pekan ke-7, Bayern berada di posisi ke-5 klasemen Bundesliga. Manuel Neuer dan kolega meraih 12 poin. Mereka tertinggal lima poin dari Union Berlin yang berada di puncak klasemen.

Situasi Nagelsmann makin rumit karena ada laporan ketidakpuasan pemain soal caranya melatih. Namun, Nagelsmann mungkin tidak akan didepak Bayern dalam waktu dekat. Apa alasannya? Simak di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 3 halaman

Kontrak Panjang dan Klausul Pelepasan

Nagelsmann punya kontrak jangka panjang dengan Bayern. Nagelsmann dicomot dari RB Leipzig pada awal musim 2021/2022 lalu. Ketika itu, Bayern harus membayar 25 juta euro untuk menebus kontrak pria 35 tahun.

Bayern memberikan kontrak jangka panjang pada Nagelsmann karena dianggap punya potensi besar. Bayern dan Nagelsmann terikat kontrak hingga Juni 2026.

Selain itu, ada klausul khusus yang mengatur soal pemutusan kerja. Dikutip dari Bild, klausul itu mulai aktif pada musim kedua masa kerja Nagelsmann di Bayern, yang artinya aktif pada musim 2022/2023 ini.

Bayern harus membayar sisa kontrak Nagelsmann yang nilainya diyakini cukup tinggi. Atau, mereka harus duduk bersama untuk mendapat nilai kompensasi yang disepakati. Merujuk pada beberapa informasi, Nagelsmann mendapatkan gaji antara 8 hingga 9 juta euro permusim.

2 dari 3 halaman

Masih Awal Musim

Pemain Bayern Munchen merayakan gol Lucas Hernandez ke gawang Barcelona di Liga Champions 2022/2023 (c) AP Photo

Pemain Bayern Munchen merayakan gol Lucas Hernandez ke gawang Barcelona di Liga Champions 2022/2023 (c) AP Photo

Selain hasil buruk di Bundesliga, ada aspek lain yang membuat posisi Julian Nagelsmann cukup rumit. Mantan pelatih Hoffenheim tersebut dilaporkan punya hubungan buruk dengan pemain. Dia diklaim keras kepala dan ogah mengubah taktik.

Namun, beberapa petinggi Bayern telah memberi pernyataan soal masa depan Nagelsmann. Mereka belum memberikan indikasi bahwa pelatih 35 tahun itu akan diganti. Mereka masih yakin Bayern bisa bangkit karena ini masih awal musim.

"Kami sepenuhnya percaya dengan Julian Nagelsmann dan seluruh tim kami. Setelah jeda internasional kami akan habis-habisan lagi, seperti yang Anda tahu FC Bayern," ucap Presiden Bayern Munchen, Herbert Hainer.

Sumber: Bild, Fabrizio Romano

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR