10 Pemain Paling Muda yang Menjalani Debut di Bundesliga (Bagian 2)

Asad Arifin | 2020-11-25 13:05
Youssoufa Moukoko (c) BVB

Bola.net - Bundesliga termasuk kompetisi paling top di Eropa. Di balik persaingan dan level yang tinggi, ada banyak pemain belasan tahun yang secara gemilang mendapatkan debut di Bundesliga.


Setiap musimnya, banyak talenta muda berbakat yang diberi kesempatan untuk melakoni laga debutnya di kasta tertinggi sepak bola Jerman ini.

Nama-nama seperti Maximilian Beier, Simon Asta, Josha Vagnoman, Giovanni Reyna, dan Ibrahim Tanko menjadi pemain paling muda yang menjalani debut di Bundesliga.

Namun, tak hanya mereka melainkan masih ada beberapa nama lainnya yang mempunyai kesempatan untuk melakoni laga debutnya di usia yang masih sangat muda. Lantas, siapa saja mereka? Berikut lima nama lanjutan dari bagian 1.

Simak selengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 5 halaman

5. Jurgen Friedl

Jauh dari era sepak bola modern, Jurgen Friedl pernah tercatat sebagai pemain termuda yang debut di Bundesliga. Ketika itu, Friedl menjalani debut bersama Eintracht Frankfurt di usia 17 tahun dan 26 hari.

Kiper asal Jerman ini tampil pertama kali di Bundesliga sebagai pemain pengganti dalam kemenangan Frankfurt atas Hannover dengan skor telak 5-1.

Namun sayang, karier Friedl di Bundesliga tidak gemilang karena ia hanya mencatatkan tiga penampilan hingga pensiun pada tahun 1990.

2 dari 5 halaman

4. Florian Wirtz

Pasca tampil gemilang bersama FC Koln U-17, Florian Wirtz diboyong Bayer Leverkusen pada Januari 2020 dan langsung promosi ke tim utama di bulan Juli. Wirtz melakoni debut bersama Leverkusen di usianya yang 17 tahun dan 15 hari saat menghadapi Werder Bremen.

Di bawah asuhan Peter Bosz, gelandang serang asal Jerman ini tampil gemilang dan berhasil menggantikan peran yang ditinggalkan Kai Havertz yang hengkang ke Chelsea. Selain itu, Wirtz pun tercatat sebagai pencetak gol termuda di Bundesliga.

3 dari 5 halaman

3. Yann Aurel Bisseck

Yann Aurel Bisseck menjalani debut di Bundesliga bersama FC Koln, tepatnya saat berhadapan dengan Hertha Berlin pada 26 November 2017. Saat itu, Bisseck masih berusia 16 tahun, 11 bulan, dan 28 hari.

Namun sayang, bek tengah asal Jerman ini tidak mampu unjuk gigi di Bundesliga sehingga dirinya lebih banyak dipinjamkan ke tim lain. Saat ini, Bisseck sedang membela klub Portugal, Vitoria Guimares dengan status pinjaman.

4 dari 5 halaman

2. Nuri Sahin

Sebelum digeser Youssoufa Moukoko, Nuri Sahin adalah pemain termuda yang debut dalam sejarah Bundesliga. Sahin menjalani debut bersama Borussia Dortmund di usia 16 tahun, 11 bulan, dan 1 hari ketika ditahan imbang Wolfsburg 2-2.

Di musim debutnya, gelandang bertahan asal Turki itu berhasil tampil cukup apik dengan mengoleksi satu gol serta enam assist di Bundesliga. Selain itu, pemain berusia 32 tahun itu juga dikenal sebagai eksekutor bola mati yang mematikan.

5 dari 5 halaman

1. Youssoufa Moukoko

Youssoufa Moukoko menjadi pemain termuda Bundesliga. Moukoko melakukan debutnya untuk Borussia Dortmund melawan Hertha Berlin pada matchday 8 Bundesliga 2020/21 hanya satu hari setelah berusia 16 tahun.

Di usianya yang masih sangat muda dan kesempatan tersebut telah didapatkan, tinggal menunggu waktu saja untuk striker asal Jerman ini akan berkembang menjadi pesepak bola hebat di masa depan.

Sumber: Bundesliga

(Bola.net/Hendra Wijaya)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR