BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Tunggal Putra Bulu Tangkis di SEA Games 2019 Gagal Penuhi Ekspektasi

09-12-2019 08:40 | Anindhya Danartikanya

Shesar Hiren Rhustavito (c) PBSI Shesar Hiren Rhustavito (c) PBSI

Bola.net - Sektor tunggal putra Indonesia dipastikan gagal meraih medali dari nomor perorangan bulu tangkis SEA Games 2019. Kegagalan itu diakui di luar prediksi tim pelatih. Indonesia menurunkan dua nama di sektor tunggal putra, yakni Shesar Hiren Rhustavito dan Firman Abdul Kholik.

Sayangnya, langkah Shesar dan Firman harus terhenti pada babak-babak awal. Shesar kandas pada perempat final akibat kalah 18-21, 20-22 dari Loh Kean Yew (Singapura). Sementara itu, Firman lebih dulu angkat koper, usai takluk 9-21, 17-21 dari Sitthikom Thammasin (Thailand).

Hasil ini membuat Indonesia dipastikan tanpa medali SEA Games 2019 di sektor tunggal putra. Padahal biasanya, tunggal putra cukup rajin menyumbangkan medali untuk Kontingen Merah Putih.

1 dari 2 halaman

Sumbang Emas pada Edisi 2017

Sebelumnya, yakni di SEA Games 2017, tunggal putra menyumbangkan satu medali emas dari Jonatan Christie, dan satu medali perunggu dari Ihsan Maulana Mustofa.

"Hasil ini di luar prediksi saya. Saya targetnya final dan syukur-syukur bisa juara. Tetapi kondisi lapangan juga berpengaruh pada pertandingan kali ini. Dan mereka juga kalahnya sama Singapura dan Thailand," ujar Hendry Saputra, pelatih tunggal putra Pelatnas PBSI.

"Selain itu Jonatan dan (Anthony Sinisuka) Ginting juga tidak bisa diturunkan saat ini, karena ada perhitungan lain. Jadi hasil ini harus bisa diterima," lanjut Hendry dalam rilis dari PBSI.

2 dari 2 halaman

Evaluasi Penampilan

Kondisi angin juga diakui Hendry menjadi kendala anak didiknya saat bertanding di lapangan. Namun tak mau sekedar beralasan, Hendry pun mengantongi sejumlah catatan evaluasi untuk Shesar dan Firman.

"Memang ada pemain yang tipenya bisa mengatasi suatu hambatan di lapangan, termasuk angin, ada yang belum bisa. Nah mereka ini belum bisa. Padahal lawan kan juga merasakan hal yang sama," kata Hendry.

"Jadi memang ke depannya perlu ada latihan khusus untuk menghadapi kesukaran di lapangan supaya lebih tenang. Untuk SEA Games ke depannya jadi sudah tahu siapa yang akan diturunkan. Hasil ini di luar prediksi saya. Sebenarnya kalau dengan Shesar juga seharusnya sudah bisa," tutup Hendry.

Disadur dari: Bolacom/Penulis: Rizki Hidayat/Editor: Aning Jati/Dipublikasi: 8 Desember 2019

KOMENTAR

Filip Kostic - Sang Pembuat Perbedaan milik Eintracht Frankfurt