BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Tontowi Ahmad Minta Praveen/Melati Jaga Konsistensi agar Sukses

27-05-2020 11:55 | Anindhya Danartikanya

Tontowi Ahmad (c) PBSI Tontowi Ahmad (c) PBSI

Bola.net - Eks pebulu tangkis ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad, baru-baru ini menyampaikan pesan untuk penerusnya, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, menjelang penyelenggaraan Olimpiade Tokyo 2020 yang diundur ke 2021 akibat pandemi virus corona.

'Owi' belakangan ini memang sempat membuat heboh jagat bulu tangkis Indonesia, karena memutuskan pensiun dalam usia 32 tahun pada Senin (18/5/2020) lalu. Ia mengumumkan keputusan ini lewat Instagram, beberapa saat setelah mengajukan surat pengunduran diri ke PBSI.

Selama berkarier di bulu tangkis, Tontowi telah sukses mengoleksi berbagai gelar bergengsi di kancah dunia. Prestasi tertingginya adalah menyabet medali emas Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil, bersama Liliyana Natsir.

1 dari 3 halaman

Ingin Praveen/Melati Konsisten

Praveen Jordan dan Melati Daeva Oktavianti (c) PBSI Praveen Jordan dan Melati Daeva Oktavianti (c) PBSI

Tontowi pun ingin prestasinya bersama 'Butet' di Olimpiade tersebut bisa diulang oleh Praveen/Melati tahun depan, namun ia juga memperingatkan mereka bahwa perjuangan menuju sukses tersebut tidaklah mudah.

"Olimpiade kan diundur ke tahun 2021, dan itu adalah target ganda campuran. Saya rasa mereka bisa berhasil jika mereka konsisten, dari latihan, penjagaan kondisi, dan lainnya. Selain hal teknis, hal-hal non-teknis juga harus mereka perhatikan," ungkapnya dalam sesi 'Silaturahome' oleh Liputan6.com dan group KLY, Selasa (26/5/2020).

2 dari 3 halaman

Petik Pelajaran dari Kegigihan Liliyana Natsir

Tontowi pun sekali lagi menyatakan bahwa sikap tak pernah puas pada prestasi adalah pelajaran penting yang ia terima dari Liliyana, yakni yang juga merupakan salah satu kunci penting dalam kesuksesan-kesuksesan mereka selama bertandem, termasuk Olimpiade 2016.

"Banyak pelajaran yang bisa saya dapat dari Ci Butet, salah satunya dengan dari kegalakannya itu, saya jadi sadar bahwa jika ingin juara terus, saya tidak boleh cepat puas," ungkap Tontowi, yang meyakini bahwa mentalitas ini juga harus diterapkan oleh para juniornya di Pelatnas.

"Jika ada adik-adik junior yang bertanya kepada saya, saya selalu menjawab sama, mindset mereka harus seperti Ci Butet, yang tak pernah mau kalah. Jika hari ini juara, besok tidak boleh lagi beranggapan saya masih juara. Dalam pertandingan, saya bukan 'mempertahankan' kemenangan, melainkan berusaha 'meraihnya'," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Video: Pesan Tontowi Ahmad untuk Praveen Jordan/Melati Daeva Jelang Olimpiade

KOMENTAR