BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Tim Bulu Tangkis Indonesia Dipaksa Mundur dari All England 2021, Ini Curhatan Anthony Ginting

18-03-2021 21:49 | Dimas Ardi Prasetya

Anthony Sinisuka Ginting (c) PBSI Anthony Sinisuka Ginting (c) PBSI

Bola.net - Pebulu tangkis Tunggal Putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, mengaku kecewa berat atas terusirnya tim Bulu Tangkis Indonesia dari ajang All England 2021 dan mengkritik kinerja Badminton World Federation.

Tim Bulu Tangkis Indonesia mendapat kejutan tidak menyenangkan saat mengikuti turnamen All England 2021 di Birmingham, Inggris. Usai tiga wakilnya bermain pada hari Rabu (18/03/2021), tim Merah Putih diminta mundur dari turnamen tersebut.

Ternyata mereka diminta untuk menjalani karantina selama 10 hari oleh National Health Service (NHS) atau layanan kesehatan masyarakat Britania Raya. Pasalnya, rombongan tim Indonesia dianggap sebagai kontak erat dengan salah satu penumpang pesawat yang mereka naiki dari Turki menuju Inggris.

Hal ini sempat membuat rombongan Indonesia bingung dan meradang. Pasalnya ada pemain dari Turki yakni Neslihan Yigit yang juga berada di pesawat yang sama namun tidak diminta mundur.

1 dari 3 halaman

Indonesia Fix Gagal Ikut All England 2021

Akan tetapi pada akhirnya Neslihan Yigit juga dipastikan harus mundur dari All England 2021. Hal tersebut dikonfirmasikan oleh BWF pada hari Kamis (18/03/2021) ini melalui pernyataan resminya.

Dalam pernyataan tersebut, BWF juga memastikan tim Bulu Tangkis Indonesia tetap harus menjalani proses isoman alias isolasi mandiri selama 10 hari. Ini merujuk pada aturan NHS.

BWF sendiri mengaku sudah mencoba melobi pihak yang terkait agar tim Indonesia tetap bisa berlaga. Akan tetapi usaha itu gagal dan kontingen Merah Putih harus terus menjalani isoman meski hasil tes sebelumnya dinyatakan negatif.

Itu artinya tim Indonesia dipastikan tak akan bisa ikut bermain di ajang All England 2021 ini. Sebab turnamen itu hanya berlangsung dari tanggal 17 hingga 21 Maret 2021.

2 dari 3 halaman

Curhatan Anthony Sinisuka Ginting

Insiden terdepaknya Tim Bulu Tangkis Indonesia dari ajang All England 2021 ini membuat Anthony Sinisuka Ginting kecewa berat. Ia juga mengaku sangat sedih atas hal tersebut.

Namun ia juga melontarkan kritik kepada pihak BWF. Pasalnya mereka gagal mengantisipasi protokol NHS dan itu sangat merugikan rombongan Merah Putih.

"Sebagai atlet pasti sedih, kecewa, dan yang pasti down dengan keputusan yang dibuat @bwfmedia, tapi yang menjadi concern-nya adalah mereka harus punya standar protokol dan peraturan yang mencangkup semua peraturan tiap negara tentang covid ini. Karena kita bertanding di berbagai negara yang pastinya punya protokol dan peraturan yang berbeda," tulis Ginting di akun Twitter pribadinya.

"Kita pastinya mau membantu @bwfmedia buat merealisasikan biar turnamen badminton tetep berjalan. Tapi kalau kejadian kaya gini gimana? Di depan masih banyak pertandingan yg besar, ada Olympic, Thomas & Uber Cup, Sudirman Cup, dll."

"Ga lucu kalau kejadian kaya gini keulang lagi di pertandingan-pertandingan ke depan."

3 dari 3 halaman

Cium Kejanggalan

Anthony Sinisuka Gintung juga mencium adanya kejanggalan dari terlemparnya tim Bulu Tangkis Indonesia dari ajang All England 2021 ini. Ia membandingkan kasus itu dengan sejumlah kasus yang terjadi di pentas Premier League.

"Yang anehnya juga pertandingan bola liga inggris, pemainnya ada yang positif. Tapi tim dan pertandingannya tetep berjalan, cuma si pemain yang positif ini aja yang diisolasi. Lah ini? Yang positif bukan bagian dari tim, tapi kita ga boleh main sama sekali. Jadi yang mana yang bener?"

Tiga wakil Indonesia sempat bermain di ajang All England 2021 ini. Mereka adalah Mereka adalah Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Jonatan Christie, dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Mereka semua berhasil menang sebelum akhirnya harus angkat kaki dari ajang tersebut.

(Twitter)

KOMENTAR