BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Pentingnya Praveen/Melati Jadi Juara Jerman Terbuka 2020

31-01-2020 12:00 | Anindhya Danartikanya

Praveen Jordan dan Melati Daeva Oktavianti (c) PBSI Praveen Jordan dan Melati Daeva Oktavianti (c) PBSI

Bola.net - PBSI telah mengumumkan daftar pebulu tangkis yang akan turun di Jerman Terbuka 2020, Kamis (30/1/2020). Dalam turnamen yang akan digelar pada 3-8 Maret 2020 di Innogy Sporthalle, Mulheim an der Ruhr itu, Indonesia hanya turun di dua nomor, yakni tunggal putri dan ganda campuran.

Tunggal putri Indonesia diwakili Fitriani, Gregoria Mariska Tunjung, Ruselli Hartawan, dan Yulia Yosephin Susanto. Ganda campuran akan diwakili Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

Masih ada waktu satu bulan penuh bagi para atlet untuk mempersiapkan diri menghadapi turnamen berlabel Super 300 tersebut. Salah satu sorotan terbesar bakal tertuju pada pasangan Praveen/Melati.

Praveen/Melati tampil kurang menjanjikan di dua turnamen pertama tahun ini. Padahal, berjaya di Prancis Terbuka dan Denmark Terbuka tahun lalu. Sayang, momentum positif ini tak terjaga di Malaysia Masters 2020, di mana mereka kalah dari ganda nonunggulan, Man Wei Chong/Tan Pearly Koong Lee, di babak pertama.

Di Indonesia Masters 2020, mereka terhenti pada babak perempat final. Hasil ini jelas tak memuaskan bagi Praveen/Melati, apalagi tahun ini bakal ada Olimpiade Tokyo 2020. Alhasil, kemenangan di Jerman Terbuka akan sangat penting bagi Praveen/Melati.

Berikut 3 alasan menjuarai Jerman Terbuka 2020 penting untuk Praveen/Melati.

1 dari 3 halaman

Memperkuat Mental

Praveen/Melati perlu menjuarai Jerman Terbuka 2020 untuk memperbaiki mental. Hasil tak memuaskan pada dua turnamen pertama tahun ini tentu memengaruhi mental mereka.

Apalagi, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Susy Susanti, juga sampai menyoroti kinerja kedua pemain. Susy mengatakan Praveen/Melati harus bisa mencari solusi atas masalah yang dihadapi, terutama dalam hal komunikasi.

Kemenangan di Jerman Terbuka 2020 diyakini akan bisa membangkitkan lagi mental dan semangat Praveen/Melati.

2 dari 3 halaman

Menjaga Peringkat

Praveen/Melati saat ini menempati peringkat kelima ranking dunia BWF sektor ganda campuran. Hasil tak memuaskan pada dua turnamen Super 500 pada tahun ini, Malaysia Masters dan Indonesia Masters, tentu tak menguntungkan dalam pengumpulan poin.

Demi menjaga atau malah mendongkrak peringkat, Praveen/Melati harus bisa meraup poin sebanyak mungkin, termasuk di Jerman Terbuka 2020.

3 dari 3 halaman

Pemanasan untuk All England

Tiga hari setelah Jerman 2020, Praveen/Melati bersiap mengikuti All England 2020. Ajang tersebut merupakan kejuaraan bulu tangkis tertua dan paling prestisius di dunia.

All England merupakan satu di antara tiga turnamen super 1.000. Praveen memiliki kenangan manis dengan menjadi jawara pada 2016 saat berpasangan dengan Debby Susanto.

Disadur dari: Bolacom/Penulis: Hanif Sri Yulianto/Editor: Yus Mei Sawitri/Dipublikasi: 30 Januari 2020

KOMENTAR