Pebulu Tangkis Didiskualifikasi, China Bakal Lakukan Investigasi

Editor Bolanet | 2 Agustus 2012, 17:30
Ganda putri China, Yu Yang/Wang Xiaoli. © Reuters
Ganda putri China, Yu Yang/Wang Xiaoli. © Reuters
- Delegasi Olimpiade China akan melakukan investigasi terhadap tim nasional bulu tangkis mereka terkait dikeluarkannya ganda putri Yu Yang/Wang Xiaoli dari kompetisi terakbar tersebut.


Yu dan Wang adalah dua dari delapan pebulu tangkis putri yang didiskualifikasi dari turnamen Olimpiade, Rabu (1/8) karena dinilai sengaja mengalah dalam pertandingan sehari sebelumnya.


"Delegasi China akan menyelidiki atlet yang bersangkutan dan mengatasi masalah sesuai dengan hasil investigasi," demikian pernyataan resmi delegasi China. "Kami juga tegaskan bahwa atlet kami di cabang olahraga lain harus melanjutkan semangat Olimpiade demi kehormatan bangsa," tambahnya.


Yu dan Wang bermain tak biasa selama pertandingan penyisihan grup saat melawan pasangan Korea Selatan Jung Kyung-Eun/Kim Ha-Na. Mereka diduga sengaja melakukan gagal servis agar kalah, sehingga tidak bertemu dengan rekan senegaranya di babak perempat final.


China memang ingin pasangan pebulu tangkis putrinya bertemu di babak final, agar negara tersebut mendapat kesempatan yang lebih besar untuk meraih medali emas. Delegasi China telah mengaku menghormati keputusan Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) yang mengeluarkan Yu dan Wang dari turnamen. (ant/kny)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR