Mathias Boe Ungkap 5 Rival Terberat, Ada Kevin/Marcus

Anindhya Danartikanya | 6 Mei 2020, 15:12
Mathias Boe (c) AFP
Mathias Boe (c) AFP

Bola.net - Pebulu tangkis ganda putra asal Denmark, Mathias Boe, telah merasakan beragam rivalitas selama lebih dari dua dekade. Boe juga meladeni rival dari berbagai generasi. Usai memutuskan gantung raket pada 23 April 2020, Boe mengenang perjalanan panjang kariernya di bulu tangkis.


Boe menorehkan debut internasional pada 1998. Usai berpasangan dengan Michael Jensen, Thomas Hovgaard dan Michael Lamp, ia meraih sukses saat berpartner dengan Carsten Mogensen. Pasangan ini dikenal atas kecerdikan dan skill mumpuni, ketimbang permainan bertenaga.

Boe mencapai final pertama pada 2004 di Amerika Serikat Terbuka. Sejak itu, mereka mencatatkan berbagai torehan bergengsi, termasuk medali perak Olimpiade London 2012 dan medali emas Kejuaraan Dunia 2013. Boe juga berperan vital atas kesuksesan Denmark meraih Piala Thomas 2016.

Boe/Mogensen juga kerap meraih trofi di kancah Superseries dan mengoleksi dua gelar All England (2011, 2015), dan tiga final World Superseries Finals (2010, 2011, 2012) secara beruntun. Pasangan itu itu berpisah pada Maret 2019, setelah Boe diduetkan dengan Mads-Conrad Petersen.

Demi mengenang kariernya yang cemerlang, Boe pun membuat daftar lima lawan terberatnya dan diunggah di akun Instagramnya beberapa waktu lalu. Siapa saja mereka? Simak ulasannya berikut.

1 dari 6 halaman

Fu Haifeng/Cai Yun (China)

Mathias Boe hanya memberikan alasan singkat tapi sarat makna ketika menunjuk Fu/Cai sebagai rival terberat sepanjang kariernya. "Benar-benar tak butuh kata-kata, mereka telah memenangi semuanya (beberapa kali)," kata Boe.

2 dari 6 halaman

Lee Yong-dae/Jung Jae-sung (Korea Selatan)

Boe selalu menganggap Lee Yong-dae sebagai salah satu lawan terberatnya, baik saat berpasangan dengan almarhum Jung Jae-sung maupun Yoo Yeong-seong.

"Saya terutama mengingat semifinal Olimpiade 2012 dan final Indonesia Open pada tahun yang sama, ketika dia harus berganti celana sebelum gim ketiga," tulis Boe sembari menambahkan emoji tertawa.

3 dari 6 halaman

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (Indonesia)

Boe masih sering berduel melawan Ahsan/Hendra dalam beberapa tahun terakhir, baik ketika berpasangan dengan Carsten Mogensen maupun Mads-Conrad Petersen.

"Seperti Fu/Cai mereka telah memenangi segalanya (kecuali olimpiade bagi Ahsan). Luar biasa pada 'first 4', skill mereka dari planet lain dan dingin seperti mentimun," ujar Boe.

4 dari 6 halaman

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (Indonesia)

Boe juga lumayan sering bertemu Kevin/Marcus dalam berbagai turnamen. Pertandingan kerap berlangsung sengit, bahkan diwarnai sedikit kontroversi.

"Tak ada daftar tanpa dua pemain ini. Kekuatan gila dari Marcus dan skill brilian Kevin di lapangan membuat mereka tak terkalahkan pada hari-hari terbaiknya," kata Boe.

5 dari 6 halaman

Koo Kien Keat/Tan Boe Heong (Malaysia)

Ganda putra yang menempati peringkat lima dalam daftar rival terberat versi Boe adalah pasangan Malaysia, Koo Kien Keat/Tan Boe Heong, yang kini sudah gantung raket.

"Kami menjalani beberapa duel hebat melawan mereka. Saya terutama mengingat final All England 2011," tulis Boe.

Disadur dari: Bolacom/Penulis: Yus Mei Sawitri/Editor: Yus Mei Sawitri/Dipublikasi: 4 Mei 2020

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR