BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Lee Chong Wei Soal Rivalitasnya dengan Lin Dan: Sengit Namun Hangat

18-04-2020 09:43 | Anindhya Danartikanya

Lee Chong Wei dan Lin Dan (c) AFP Lee Chong Wei dan Lin Dan (c) AFP

Bola.net - Legenda hidup bulu tangkis Malaysia, Lee Chong Wei, tak menjawab dengan ragu-ragu saat diminta menyebutkan siapa pebulu tangkis terhebat sepanjang masa. Menurutnya, status tersebut layak disandang rival terbesar sekaligus sahabatnya asal China, Lin Dan.

Rivalitas Lee Chong Wei dan Lin Dan dianggap salah satu yang terbaik dalam sejarah tunggal putra dunia. Keduanya 40 kali saling jegal di berbagai ajang. Lin Dan mengantongi rekor head-to-head lebih baik dengan 28 kemenangan. Lee bahkan mengakui Lin Dan adalah obsesi terbesar dalam karier bulu tangkisnya.

"Anda harus bilang itu Lin Dan. Dia seorang legenda. Titel yang diraihnya menjadi bukti. Kita harus memberi selamat kepadanya," kata Lee saat diminta menyebutkan pebulu tangkis terhebat oleh Mantan Deputi Kementerian Olahraga, Steven Sim, dalam sesi Facebook Live, seperti dilansir situs BWF, Kamis (16/4/2020).

Lin Dan jadi penghalang Lee meraih impian terbesarnya, yaitu medali emas Olimpiade. Lee dua kali kalah di final Olimpiade melawan Lin Dan, pada 2008 dan 2012. Lin Dan juga yang memupuskan ambisi Lee dalam final Kejuaraan Dunia, 2011 dan 2013. Meski kerap bertarung sengit, hubungan mereka di luar lapangan tetap hangat.

Lee mengakui mengungguli prestasi Lin Dan selalu jadi obsesi terbesarnya saat masih aktif berkiprah di kancah bulu tangkis. Dalam urusan prestasi, Lin Dan memang lebih mentereng dibanding sang rival. Pebulu tangkis Negeri Tirai Bambu itu mengoleksi dua medali emas Olimpiade dan lima titel Kejuaraan Dunia.

1 dari 2 halaman

Selalu Pikirkan Lin Dan

"Lin Dan terus ada dalam kepala saya ketika saya kembali berlatih setelah mengalami setiap kekalahan. Saya tahu jika ingin memenangi turnamen penting saya harus mengalahkannya. Saya tak bisa santai," kata pria yang kini telah pensiun dari kancah bulu tangkis tersebut.

"Bahkan ketika saya kram, saya bilang kepada pelatih ingin tetap berlatih karena Lin Dan telah menunggu saya. Saya selalu memikirkannya setiap saat," imbuh Lee.

Saat ini, rivalitas Lee Chong Wei dan Lin Dan di lapangan telah berakhir setelah pria Malaysia itu gantung raket. Di sisi lain, Lin Dan masih melanjutkan kiprahnya meskipun sudah jauh dari penampilan terbaiknya.

Lee sebenarnya sempat berhasrat ingin kembali menjajal peruntungan di ajang Olimpade. Namun, niat itu diurungkan setelah sempat terkena kanker. Usai sembuh dari kanker, Lee sempat ingin kembali ke lapangan. Namun, pada September tahun lalu Lee memutuskan undur diri dari kancah bulu tangkis dunia.

Disadur dari: Bolacom/Penulis: Yus Mei Sawitri/Editor: Yus Mei Sawitri/Dipublikasi: 17 April 2020

2 dari 2 halaman

Video: Tangisan Lee Chong Wei Saat Umumkan Gantung Raket

KOMENTAR