Gara-Gara Covid-19, BWF Resmi Bekukan Peringkat Dunia

Anindhya Danartikanya | 1 April 2020, 08:45
Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon (c) PBSI
Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon (c) PBSI

Bola.net - Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) resmi membekukan peringkat dunia pemain hingga waktu yang belum ditentukan, Selasa (31/3/2020), akibat terus merebaknya pandemi virus corona (Covid-19) yang memaksa penundaan berbagai turnamen internasional dalam kalender BWF World Tour.


Penundaan terjadi untuk turnamen pada pertengahan Maret hingga akhir April 2020. Turnamen Piala Thomas dan Uber 2020 yang seharusnya digelar di Denmark pada bulan Mei juga sudah pasti ditunda.

"Saat ini, sulit memprediksi kapan turnamen berikutnya akan digelar. Bahkan turnamen-turnamen yang dijadwalkan Mei dan Juni kemungkinan juga ditunda," tulis BWF melalui situs resminya.

1 dari 3 halaman

Perangkat Terakhir di All England 2020

Pembekuan peringkat dunia berlaku pada pekan ke-12. peringkat itu diperbarui setelah turnamen terakhir yang berhasil digelar, yaitu All England 2020, yakni pada 17 Maret lalu.

Daftar peringkat ini akan digunakan sebagai dasar untuk penentuan undian dan daftar unggul pada turnamen berikutnya. Namun, sulit diprediksi kapan turnamen bulu tangkis akan kembali bergulir.

"BWF akan memberikan informasi lebih lanjut mengenai proses bagaimana peringkat akan kembali diaktifkan setelah turnamen bulutangkis internasional kembali bergulir," kata BWF.

"Namun, sulit menguraikan prosedur yang tepat sampai kami memiliki gambaran yang tepat seperti apa kalender turnamen internasional nantinya setelah kembali bergulir dan turnamen yang ditangguhkan telah dijadwal ulang," lanjut mereka.

2 dari 3 halaman

Langkah BWF Setelah Olimpiade Ditunda

Selain itu, BWF juga memastikan telah memulai langkah-langkah yang harus diambil menyusul penundaan Olimpiade Tokyo 2020. Komite Olimpiade Internasional telah mengumumkan Olimpiade akan digelar pada 23 Juli-8 Agustus 2021.

"BWF juga akan memulai proses meninjau ulang dampak dari sistem kualifikasi Olimpiade. Harap diperhatikan bahwa konsekuensi pembekuan peringkat dunia tidak akan berlaku untuk sistem kualifikasi Olimpiade," kata BWF.

Disadur dari: Bolacom/Penulis: Yus Mei Sawitri/Editor: Yus Mei Sawitri/Dipublikasi: 31 Maret 2020

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR