BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Dibekuk Malaysia, Greysia/Apriyani Gagal ke Semifinal BWF World Tour Finals 2020

29-01-2021 15:42 | Anindhya Danartikanya

Greysia Polii dan Apriyani Rahayu (c) PBSI
Greysia Polii dan Apriyani Rahayu (c) PBSI

Bola.net - Pasangan pebulu tangkis ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, kalah di tangan wakil Malaysia, Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean, dalam laga terakhir fase grup BWF World Tour Finals 2020, Jumat (29/1/2021) di Impact Arena, Bangkok, Thailand. Mereka kalah dengan skor 13-21 dan 17-21, serta gagal ke semifinal.

Greysia/Apriyani memulai laga dengan tempo yang sedikit lebih lambat dan harus tertinggal dari Chow/Lee dengan 4-11. Usai rehat gim pertama, Greysia/Apriyani memperkecil ketinggalan jadi 8-11. Namun, Chow/Lee terus menjaga situasi dan keunggulan. Mereka pun mengakhiri gim pertama dengan kemenangan 21-13.

Pada gim kedua, apa yang terjadi pada awal gim pertama seakan terulang. Greysia/Apriyani tertinggal 0-4 lebih dulu sebelum dapat poin pertama. Sempat memperkecil ketinggalan jadi 5-7, Greysia/Apriyani kembali tertinggal cukup jauh hingga 6-11 usai Chow/Lee dengan mudah meraih poin demi poin.

Greysia/Apriyani pun tidak ingin menyerah begitu saja dan berusaha untuk terus mendekati raihan poin Chow/Lee. Sayang, mereka tak bisa menahan Chow/Lee. Pasangan Malaysia itu berhasil menutup gim kedua dengan skor 21-17 sekaligus mengakhiri pertandingan dengan kemenangan.

1 dari 2 halaman

Penentu Kegagalan Lolos ke Semifinal

Kekalahan ini menjadi yang pertama dialami Greysia/Apriyani di fase grup BWF World Tour Finals 2020. Namun, kekalahan itu membuat Greysia/Apriyani gagal ke semifinal.

Berdasarkan aturan BWF, jika ada pemain yang memiliki nilai sama, yang jadi penentu pertama adalah jumlah kemenangan. Greysia/Apriyani dan Chow/Lee sama-sama mengantongi dua kemenangan dan satu kekalahan. Jumlah kemenangan gimnya juga sama 4-3.

Penentu kedua adalah head to head antara dua pasangan yang imbang. Kali ini, keberuntungan berpihak kepada ganda Malaysia karena Greysia/Apriyani kalah dua gim langsung dari mereka.

Disadur dari: Bolacom (Benediktus Gerendo Pradigdo) | Dipublikasi: 29 Januari 2021

2 dari 2 halaman

Video: Highlight Final Ganda Putri Yonex Thailand Terbuka 2021

KOMENTAR