BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

BWF Ragu-Ragu Pastikan Kapan Turnamen Bisa Digelar Lagi

06-05-2020 14:55 | Anindhya Danartikanya

Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon (c) PBSI
Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon (c) PBSI

Bola.net - Sekretaris Umum Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), Thomas Lund, mengaku pihaknya akan segera merumuskan jadwal turnamen 2020 yang baru. Tetapi, dia mengakui situasi masih belum menentu sehingga sulit memprediksi kapan turnamen bulu tangkis bisa bergulir.

Seperti cabang olahraga lain, bulu tangkis terkena imbas pandemi virus corona (Covid-19). Banyak turnamen yang terpaksa ditunda atau dibatalkan setelah negara-negara penyelenggara menerapkan larangan perjalanan atau periode karantina untuk pendatang.

Lund hanya bisa menjanjikan bulu tangkis secepat mungkin kembali usai pandemi berakhir. "Kami bersiap-siap memulai kompetisi sesegera mungkin. Ini termasuk merumuskan kalender turnamen BWF yang diperbarui untuk 2020. Pengumuman tentang hal ini segera dibuat, " kata Lund via AFP seperti dikutip The Hindu, Selasa (5/5/2020).

"Tapi dalam titik waktu saat ini sulit memprediksi kapan pergerakan internasional dan pembatasan masuk akan dicabut oleh masing-masing negara dan wilayah untuk menjamin para pemain, rombongan mereka, pejabat, dan staf dapat berpartisipasi dalam turnamen dengan aman," imbuh Lund.

1 dari 2 halaman

Efek Penundaan Olimpiade 2020

Turnamen terakhir yang digelar sebelum Covid-19 merebak adalah All England 2020. Setelah itu, semua jadwal turnamen hingga Juni ditangguhkan, antara lain Kejuaraan Bulu Tangkis Asia, Piala Thomas dan Uber, hingga Indonesia Open. Hanya Piala Thomas dan Uber yang telah menetapkan jadwal baru, yakni pada Oktober nanti.

BWF harus merumuskan perubahan cukup besar karena imbas penundaan Olimpiade Tokyo 2020 menjadi tahun depan. Gara-gara faktor tersebut dan juga penundaan turnamen lain BWF telah membekukan ranking dunia pemain hingga waktu yang belum dipastikan.

Disadur dari: Bolacom/Penulis: Yus Mei Sawitri/Editor: Yus Mei Sawitri/Dipublikasi: 5 Mei 2020

2 dari 2 halaman

Video: Badminton Unlimited 2019 | BWF Player of the Year Awards | BWF 2019

KOMENTAR