BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Bekuk Kwang Hee Heo, Jonatan Christie Ogah Remehkan Jorgensen

21-08-2019 09:00 | Anindhya Danartikanya

Jonatan Christie (c) PBSI Jonatan Christie (c) PBSI

Bola.net - Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, dipastikan maju ke babak ketiga Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2019, usai mengalahkan tunggal putra Korea, Kwang Hee Heo, pada babak kedua yang digelar di Basel, Swiss, Selasa (20/8/2019).

Jonatan menang dua gim langsung 21-14 dan 21-17 atas Kwang Hee Heo di babak kedua. Ini merupakan pertama kalinya Jonatan menang melawan Kwang Hee Heo, yang sebelumnya berhasil tiga kali memenangi semua pertemuannya dengan Jonatan.

Kemenangan ini diakui Jonatan ia raih berkat sikap yang lebih tenang dan sabar. "Terakhir bertemu di Piala Thomas 2018. Waktu itu keadaan saya kurang fit karena habis sakit. Walaupun rekor pertemuan saya kalah 0-3, tapi saya ingat di pertemuan terakhir saya bisa memberikan perlawanan," ujarnya.

1 dari 2 halaman

Sikap Tenang Jadi Kunci Kemenangan

"Akhirnya saya hanya tinggal memperhatikan pola pukulan dan strategi bermain di lapangan karena ada beberapa kali Kwang juga punya serangan yang mematikan dan pertahanan yang juga bagus. Tadi kuncinya hanya lebih tenang dan lebih sabar, dan juga penempatan bola yang lebih tepat," lanjutnya.

Selain itu, Jonatan juga merasa lawannya bermain tegang sehingga dirinya bisa mengambil keuntungan dari hal tersebut. Meski begitu, ia juga mengakui sempat nyaris lengah pada awal gim kedua.

"Saat gim pertama, Kwang Hee agak kelihatan gugup. Beberapa kali pukulan saya tidak kencang, tapi pengembaliannya tanggung. Jadi saya pikir dia agak tegang. Namun, di gim kedua dia mencoba untuk menyerang saya lebih dulu. Sempat keteteran di awal gim kedua dengan kecepatan yang dimilikinya," ujar Jonatan.

2 dari 2 halaman

Tak Ada Lawan yang Lebih Enteng

Berkat kemenangan ini, Jonatan akan menghadapi Jan O. Jorgensen di babak ketiga. Meski memiliki catatan pertemuan yang lebih imbang, di mana kedua pebulutangkis ini sama-sama sudah dua kali menang satu sama lain, Jonatan lebih diunggulkan.

Jonatan lebih diunggulkan karena memiliki selisih peringkat yang cukup jauh dengan Jorgensen. Jonatan kini berada di peringkat 4 dunia, sementara Jorgensen berada di peringkat 20. Meski begitu, Jonatan enggan meremehkan tunggal putra Denmark yang berhasil menyingkirkan Tommy Sugiarto pada babak kedua tersebut.

"Setiap pemain memiliki keunggulan dan keunikannya masing-masing. Jadi tidak bisa dikatakan lawan yang ini akan lebih enteng atau lebih berat, tidak ada yang seperti itu. Semua sama. Siapa yang lebih siap, yang lebih bagus persiapannya, itu yang akan membedakan hasilnya saat pertandingan," pungkasnya.

Disadur dari: Bolacom/Penulis: Benediktus Gerendo Pradigdo/Editor: Benediktus Gerendo Pradigdo dan Yus Mei Sawitri/Published: 21 Agustus 2019

Nonton Pertandingan Bola, Reaksi Nenek Ini Bikin Heboh

KOMENTAR