BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Banyak Peserta Mundur, BWF Tunda Piala Thomas dan Uber 2020

15-09-2020 13:25 | Anindhya Danartikanya

Trofi Thomas Cup dan Uber Cup (c) BWFThomasUberCup.com Trofi Thomas Cup dan Uber Cup (c) BWFThomasUberCup.com

Bola.net - Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) resmi menunda gelaran Piala Thomas dan Piala Uber 2020. Keputusan ini diambil usai sejumlah negara mundur dari turnamen yang seharusnya digelar pada 3-11 Oktober tersebut. Indonesia pun jadi satu di antara negara yang memutuskan mundur.

Seperti dilansir situs resmi PBSI, ada dua alasan yang membuat Indonesia tak ikut serta di turnamen tersebut. Pertama, adanya rasa khawatir para atlet terhadap kemungkinan terpapar Covid-19, baik dalam perjalanan, di tempat transit atau di tempat pertandingan.

Kedua, para atlet dan ofisial menyuarakan keraguan mereka untuk ambil bagian di turnamen bergengsi ini karena tidak ada jaminan dari BWF, seandainya ada anggota tim yang terpapar Covid-19.

Selain Indonesia, negara lain yang menarik diri Piala Thomas dan Uber 2020 adalah Chinese Taipei, Australia, Thailand, Korea Selatan, Hong Kong, dan Singapura. Sampai saat ini, BWF masih mencari tanggal alternatif untuk menjadwal ulang Piala Thomas dan Uber 2020.

Berikut pernyataan resmi BWF soal penundaan turnamen ini.

1 dari 3 halaman

Pernyataan Resmi BWF

"BWF, dalam konsultasi penuh dan kesepakatan dengan tuan rumah lokal Federasi Bulu Tangkis Denmark, telah mengambil keputusan sulit untuk menunda putaran final Piala Thomas dam Uber TOTAL BWF 2020 di Aarhus, Denmark. Keputusan ini diambil usai sejumlah tim menarik diri dari TOTAL BWF Thomas dan Uber Cup Finals, serta turnamen Eropa di HSBC BWF World Tour yang telah disesuaikan.

"Mengingat perkembangan terkait COVID-19 baru-baru ini di seluruh dunia, sejumlah tim dan pemain individu telah memilih untuk tidak melakukan perjalanan ke Denmark untuk turnamen di Aarhus dan Odense; sebuah pilihan yang harus dihormati dan diakui oleh BWF."

2 dari 3 halaman

Kelanjutan Denmark Terbuka 2020

Di lain sisi, BWF tetap berencana menggelar Denmark Terbuka 2020 pada 13-18 Oktober 2020. Turnamen ini akan digunakan BWF untuk mengimplementasikan Protokol Keselamatan dan Prosedur Operasi Covid-19 yang relevan, demi memulai kembali turnamen internasional yang direncanakan.

"DANISA Denmark Open 2020 di Odense yang merupakan Event HSBC BWF World Tour akan dilanjutkan sesuai rencana semula pada kalender turnamen BWF (13-18 Oktober)," jelas pernyataan BWF.

Adapun turnamen Denmark Masters 2020 dipastikan telah dibatalkan. BWF merasa penyelenggaraan Denmark Masters tidak memungkinkan lagi untuk bisa digelar.

Disadur dari: Bolacom (Rizki Hidayat) | Dipublikasi: 15 September 2020

3 dari 3 halaman

Video: BWF Classic Match 2018 - Lin Dan vs Lee Chong Wei

KOMENTAR