7 Julukan Unik Pebulu Tangkis Indonesia: Ada Komar, The Flamboyan, sampai Smash 100 Watt

Anindhya Danartikanya | 13 Oktober 2022, 16:36
7 Julukan Unik Pebulu Tangkis Indonesia: Ada Komar, The Flamboyan, sampai Smash 100 Watt
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (c) AP Photo

Bola.net - Tak pelak lagi bahwa bulu tangkis adalah salah satu cabang olahraga yang menjadi candu bagi masyarakat Indonesia. Pasalnya, para atlet Tanah Air sangat berprestasi sejak lama sampai sekarang, sehingga layak mendapatkan dukungan yang masif.

Saking cintanya pada para pemain bulu tangkis sendiri, para penggemar pun tak segan-segan memberi mereka julukan yang unik. Julukan-julukan itu mereka berikan berdasarkan performa di lapangan atau juga karena penampilan mereka yang oke.

Siapa saja sih para pebulu tangkis yang punya julukan-julukan unik itu? Berikut ulasannya. Simak yuk, Bolaneters!

1 dari 7 halaman

The Minions

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (c) Humas PP PBSI

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (c) Humas PP PBSI

Pencinta bulu tangkis pasti tak asing dengan 'The Minions'. Ini adalah julukan yang disandang oleh pasangan pebulu tangkis ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.

Julukan ini diberikan penggemar kepada Kevin/Marcus karena mereka cukup sering merebut kemenangan dengan jersey warna kuning dan celana biru, mirip dengan karakter-karakter Minion.

2 dari 7 halaman

The Flamboyan

Taufik Hidayat (c) Bola.com/Muhammad Ginanjar

Taufik Hidayat (c) Bola.com/Muhammad Ginanjar

Taufik Hidayat merupakan pebulu tangkis Indonesia yang dijuluki 'The Flamboyan'. Julukan ini disematkan para penggemar badminton padanya berkat permainannya yang cantik, ditambah pesonanya di lapangan.

Selama berkarir, Taufik Hidayat telah mempersembahkan begitu banyak prestasi bagi Indonesia. Beberapa di antaranya adalah medali emas Olimipiade Athena 2004, Asian Games 1998, Asian Games 2002, dan Asian Games 2006.

3 dari 7 halaman

The Daddies

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (c) PBSI

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (c) PBSI

Pasangan pebulu tangkis ganda putra andalan Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan memiliki julukan 'The Daddies'. Menurut BadmintonAsia.org, julukan ini mereka dapatkan karena kerap menunjukkan rasa sayang kepada anak-anak mereka.

Kedua pemain yang digandengkan sejak 2012 ini juga kerap membawa anak-anak mereka ke atas panggung saat hendak menerima medali usai memenangi turnamen.

4 dari 7 halaman

Smash 100 Watt

Pebulu tangkis yang dijuluki 'Smash 100 Watt' adalah Hariyanto Arbi, yakni mantan pemain tunggal putra Indonesia. Julukan ini didapatkan Hariyanto Arbi berkat pukulannya yang keras.

Julukan ini datang padanya usai menjalani pertandingan di babak final Piala Thomas 1994. Kala itu, ia melawan tunggal putra Malaysia, Rashid Sidek. Kala itu, mereka saling balas aksi smash dan Hariyanto Arbi pun menang.

5 dari 7 halaman

The Honey Couple

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (c) AP Photo

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (c) AP Photo

Pasangan ganda campuran Indonesia, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, diketahui punya julukan 'The Honey Couple'. Menurut Bola.com, julukan ini mereka dapat berkat isu kedekatan keduanya menyeruak.

Bagaimana tidak? Pasalnya, mereka kerap pamer kemesraan saat di lapangan. Uniknya, mereka lebih menyukai julukan tersebut dibandingkan julukan 'Pramel' yang berasal dari gabungan nama mereka.

6 dari 7 halaman

Komar dan Mpin

Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon (c) PBSI

Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon (c) PBSI

Selain 'The Minions', Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo juga punya julukan masing-masing dari fans bulu tangkis, yakni 'Komar' dan 'Mpin'.

Marcus kerap dipanggil 'Komar' karena merupakan singkatan dari 'Koh Marcus'. Sementara itu, Kevin kerap dipanggil 'Mpin' karena itu merupakan panggilan sayang dari penggemarnya sendiri.

7 dari 7 halaman

Minionswati

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Julukan 'Minionswati' didapatkan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti sejak berpasangan pertama kali dalam sektor ganda putri SEA Games 2021 pada Mei 2022. Sebelumnya, Apriyani berpasangan dengan Greysia Polii.

Mereka mendapatkan julukan ini berkat ketangguhan mereka di lapangan yang tak kalah dari ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, yang dijuluki 'The Minions'.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR