BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Virus Corona Merebak, Semua Aktivitas Sepak Bola di China Dihentikan

27-01-2020 01:18 | Dimas Ardi Prasetya

Seorang petugas dengan pakaian Hazmat memeriksa kondisi kesehatan seorang pria di kota Beijing, China, Minggu (26/01/2020). (c) AP Photo Seorang petugas dengan pakaian Hazmat memeriksa kondisi kesehatan seorang pria di kota Beijing, China, Minggu (26/01/2020). (c) AP Photo

Bola.net - Menyebarnya virus Corona secara masif memaksa Federasi Sepak bola China, CFA, untuk menghentikan semua kegiatan sepak bola di negara Tirai Bambu.

Virus tersebut berasal dari kota Wuhan. Kota ini akhirnya terpaksa harus diisolasi demi mencegah virus tersebut menyebar lebih luas.

Pemerintah China juga mencegah ada orang yang keluar atau masuk ke kota Wuhan tersebut. Selain itu mereka juga memberlakukan pengawasan ketat di setidaknya 10 kota yang terkena dampak paling parah dari virus tersebut.

Akan tetapi, langkah itu sedikit terlambat. Sebab sudah ada sejumlah kasus yang dilaporkan terjadi di negara lain. Mulai dari Jepang, Singapura, Malaysia, Korea Selatan, Amerika Serikat hingga Prancis.

1 dari 2 halaman

Efek Virus Corona ke Sepak Bola

Merebaknya Virus Corona itu akhirnya ikut memengaruhi dunia olahraga, termasuk sepak bola di China. CFA akhirnya menghentikan semua aktivitas terkait olahraga tersebut untuk sementara.

Menurut laporan dari Goal International, laga Chinese Super Cup antara Guangzhou Evergrande vs Shanghai Shenhua bakal ditunda. Laga itu sejatinya akan digelar pada 5 Februari 2020.

Laga Liga Champions Asia pun tampaknya ikut terdampak. Menurut jadwal, Shanghai SIPG harus berduel melawan Buriram United di babak playoff.

Laga ini digelar pada tanggal 28 Januari. Namun pertandingan ini tampaknya akan tetap digelar namun tak boleh disaksikan oleh penonton.

Liga Super China 2020 kemungkinan besar juga bakal ditunda penyelenggaraannya. Kompetisi ini awalnya akan dimulai pada 22 Februari 2020.

Kompetisi itu akan ditunda sampai waktu yang belum ditentukan. Pihak CFA baru akan membuat keputusan lebih lanjut setelah berkonsultasi dengan pihak terkait.

2 dari 2 halaman

Olahraga Lain Ikut Terdampak

Pemerintah China sudah memastikan bahwa semua kegiatan olahraga yang direncanakan dihelat sebelum bulan April 2020 harus ditunda. Belum ada kepastian kapan pemerintah negara tersebut memberikan lampu hijau kapan semua kegiatan olahraga bisa digelar lagi.

Asosiasi Bola Basket Cina (CBA), sudah memastikan bahwa CBA League bakal ditunda. Liga itu semestinya digelar pada tangga 1 Februari.

Komite Olimpiade Internasional (ICC), juga telah menunda penyelenggaraan babak kualifikasi cabang olahraga tinju. Babak tersebut sejatinya akan digelar di kota Wuhan.

Virus Corona sendiri merupakan virus baru dan sudah terdeteksi di China sejak pertengahan Desember 2019 kemarin. Hingga berita ini diturunkan, virus tersebut disebut telah merenggut nyawa 56 orang dan ada lebih dari 1000 kasus yang dilaporkan muncul.

(goal international)

KOMENTAR