BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Virus Corona dan Sepak Bola: Ketika Pesta Olahraga Terdampak Wabah COVID-19

10-03-2020 13:30 | Richard Andreas

Seorang wanita mengenakan masker menjelang ajang Biathlon World Cup 7,5 km sprint di Republik Ceko. (c) AP Photo Seorang wanita mengenakan masker menjelang ajang Biathlon World Cup 7,5 km sprint di Republik Ceko. (c) AP Photo

Bola.net - Akhir tahun 2019, Wuhan, Cina, wabah mematikan virus corona lahir dan mulai mengancam dunia. Sekarang virus itu dikenal dengan sebutan COVID-19, yang masih satu keluarga dengan MERS dan SARS beberapa tahun silam.

Meski sudah berusaha sebaik mungkin untuk mengurung virus tersebut di Wuhan, COVID-19 tetap menemukan celah untuk menebar kepanikan di seluruh dunia. Termasuk di Eropa, Amerika Serikat, dan tentu di Asia.

Banyak negara sudah mengambil langkah antisipatif. Mulai menutup diri dan melarang warganya bepergian kecuali untuk urusan mendesak. Juga ada berbagai kebijakan yang sebisa mungkin membatasi pemusatan massa di satu tempat.

Dunia olahraga pun terpengaruh, sepak bola terdampak. Serie A jadi contoh yang paling jelas, mulai dari keputusan pertandingan tanpa penonton sampai akhirnya keputusan menunda liga sampai 3 April mendatang.

Seberapa besar dampak Virus Corona terhadap sepak bola? Mengutip Goal internasional, baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 3 halaman

Eropa

Serie A merasakan dampak yang paling buruk. Italia bagian utara benar-benar kewalahan mengatasi penyebaran wabah yang begitu cepat. Final Coppa Italia diundur sampai akhir Mei, semua laga Serie A ditunda sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Melihat besarnya dampak wabah COVID-19 di Italia, kekhawatiran mulai merebak tentang kemungkinan penyelenggaraan Euro 2020 mendatang. UEFA mengatakan bahwa situasi yang sekarang masih berada di bawah pengawasan konstan.

UEFA pun tidak akan membuat keputusan sepihak. Mereka siap mengikuti keputusan liga masing-masing, seperti membebaskan Italia menunda Serie A.

Pertandingan di Liga Swiss sudah ditunda sejak awal maret. Sementara di La Liga, ada Valencia yang mengambil tindakan pencegahan dengan membatalkan banyak acara yang membutuhkan interaksi dengan pihak luar.

Duel Valencia kontra Atalanta di Liga Champions akan dimainkan di stadion tanpa penonton, sama dengan Sevilla vs Roma dan PSG vs Dortmund.

2 dari 3 halaman

Asia

Di Asia, Chinese Super Cup yang seharusnya dimainkan pada 5 Februari lalu harus ditunda. AFC Champions League pun terdampak, duel fase grup harus ditunda sampai waktu yang tidak ditentukan.

Chinese Super League musim 2020, yang seharusnya dimulai pada 22 Februari kemarin jelas ditunda. Juga masih ada J-League Jepang, K-League Korea, Liga Thailand, dan V. League Vietnam yang masih ditangguhkan.

Ketidakpastian ini jelas berdampak pada kehidupan normal pesepak bola Asia. Muncul rumor eksodus pemain-pemain top dari Eropa yang sekarang tersebar di banyak klub besar Cina.

3 dari 3 halaman

Olahraga Lain

Tidak hanya sepak bola yang terdampak wabah COVID-19, hampir semua ajang olahraga lain pun harus mengambil langkah antisipatif. Sebut saja rugby, golf, bersepeda, atletik, Formula One, tenis, tinju, Moto GP, dan banyak olahraga lainnya.

Yang menarik, penyelenggaraan Olimpiade 2020 Tokyo justru tidak mempertimbangkan kemungkinan membatalkan pesta olahraga terbesar di dunia itu.

Olimpiade Tokyo akan dimulai pada pertengahan Juli mendatang, mungkin pihak penyelenggara berharap wabah COVID-19 sudah mereda pada saat itu dan tidak akan mengganggu Olimpiade Tokyo.

Sumber: Goal

KOMENTAR