BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Valentino Rossi Dukung Sang Pacar Ungkap Pelecehan Umbrella Girl di MotoGP

16-04-2021 12:26 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi (c) Petronas SRT Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi (c) Petronas SRT

Bola.net - Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi, mengaku bangga dan mendukung sang kekasih, Francesca Sofia Novello, yang belakangan ini jadi sorotan karena blak-blakan menyatakan adanya pelecehan terhadap umbrella girl di MotoGP lewat wawancaranya dengan Vanity Fair pada Kamis (8/4/2021) lalu.

Dalam wawancara tersebut, perempuan yang akrab disapa 'Franci' itu pernah mendapatkan banyak perlakuan tak senonoh dari para pria yang berseliweran di paddock MotoGP, tepatnya saat ia menjadi umbrella girl Leopard Racing di Moto3 pada 2016-2017.

Novello tak memungkiri bahwa pekerjaannya sebagai umbrella girl MotoGP membuka pintu lebih lebar untuk bekerja di sektor modelling. Namun, perempuan kelahiran 1996 ini juga tak memungkiri bahwa tak semua momen yang ia habiskan di MotoGP memberikan kenangan bahagia.

1 dari 3 halaman

Model Kerap Diperlakukan Tak Senonoh

"MotoGP adalah lingkungan yang maskulin, jadi Anda harus waspada. Anda tak bisa hanya menyajikan wajah dengan senyuman. Anda harus belajar untuk dihormati. Jika Anda hanya menunjukkan bahwa Anda cantik tapi bodoh, maka habislah Anda," ujar perempuan berusia 17 tahun ini.

Novello juga menyatakan banyak orang di paddock MotoGP memperlakukan para model dengan cara yang tak menyenangkan, bahkan pelecehan juga kerap terjadi. Novello mengaku sangat jengkel ketika orang-orang hanya melihat para umbrella girl dan paddock girl dari fisiknya saja.

"Perlakuan tak menyenangkan adalah bagian dari permainan, dan itu memang terjadi. Dalam usia 19 tahun, tak mudah bekerja dengan orang-orang yang hanya memandangi pantat Anda ketika Anda lewat, dan mereka menyentuh pantat Anda ketika minta foto bareng," ungkap Novello.

2 dari 3 halaman

Perempuan Harus Cerdas dan Tangguh di Lingkungan Maskulin

Wawancara Novello pun jadi topik hangat di Italia, dan setibanya di Portimao, Portugal, Rossi ditanyai pendapat soal ini. Ia pun mendukung sang kekasih mengungkapkan sisi kelam MotoGP, terutama bagi pekerja perempuan. Meski lingkungan MotoGP maskulin, harusnya perempuan juga dapat jaminan bekerja dengan aman di paddock.

"Saya suka wawancara itu, karena ia bicara secara tepat dan coba menjelaskan apa yang terjadi, dalam kasus ini di paddock MotoGP. Hal macam ini juga terjadi di banyak tempat, bukan? Jadi, apa yang ia katakan memang bagus. Tapi wajar saja saat Anda berkata begini, apalagi dalam momen seperti ini, orang jadi bereaksi," tutur Rossi via Crash.net, Kamis (15/4/2021).

"Jika berkecimpung dalam pekerjaan ini, dalam kasus ini umbrella girl di paddock dan pekerjaan yang ditekuni banyak perempuan cantik seperti di pameran motor atau peragaan busana, Anda harus cerdas dan kuat, karena banyak laki-laki di sekitar Anda. Anda harus kuat mengatasi masalah ini. Tapi saya senang dia pernah jadi umbrella girl, karena jika tidak, saya takkan bertemu dengannya. Saya sangat beruntung," tutupnya.

Sumber: Vanity Fair, Crashnet

3 dari 3 halaman

Video: Gaya Nyeleneh Valentino Rossi di MotoGP

KOMENTAR