BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Turnamen Esports Khusus Kaum Hawa Ladies Series MLBB 2021 Resmi Diluncurkan

07-05-2021 04:50 | Ari Prayoga

Ladies Series MLBB 2021 (c) UniPin Ladies Series MLBB 2021 (c) UniPin

Bola.net - Mobile Legends Bang Bang (MLBB) 2021 resmi diluncurkan, Kamis (6/5). Ajang ini khusus untuk kaum hawa. Hadir sebagai penyelenggara adalah UniPin. Turnamen Ladies Series MLBB 2021 diumumkan dalam jumpa pers secara daring.

Ajang ini dijadwalkan berlangsung pada 20 Mei hingga 27 Juni mendatang. Jadi, lebih dari sebulan turnamen ini bakal meramaikan dunia gamers di Tanah Air.

UniPin sengaja menggelar turnamen khusus wanita karena laporan dari Newzoo bahwa persentase fans game perempuan nilainya relatif tinggi. Dalam survei yang dilakukan, angkanya mencapai 46 persen.

Kemudian secara keseluruhan, penonton esports perempuan persentasenya mencapai 30 persen. Angka itu diprediksi bakal terus bertumbuh dari tahun ke tahun.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters

1 dari 4 halaman

Memperluas Partisipasi Perempuan

Melihat peluang itu, UniPin Community atau UNITY bergerak dengan memperluas partisipasi perempuan dalam esports. Caranya dengan menggelar turnamen khusus kaum hawa.

Dimulai awal 2021, UNITY telah menggelar turnamen khusus perempuan. Misalnya UniPin Ladies Championship (ULC) pada Februari lalu, kemudian yang terakhir adalah PUBG Mobile Cyber Arena (PMCA).

Debora Imanuella selaku Senior Vice President UniPin Community Indonesia mengatakan, ULC dan PMCA mendapat sambutan luar biasa. Maka dari itu, ditangkap UNITY sebagai sinyal positif untuk untuk menaikkan level kompetisi esports buat perempuan.

“Melihat respons positif itu kami percaya ekosistem esports perempuan bakal makin subur. Antusiasme penggemar serta player adalah bukti turnamen perempuan perlu dapat perlakuan serius seperti turnamen lainnya," ujar Debora.

Bahkan Ladies Series MLBB ini diharapkan bisa menjadi batu pijakan para player ke turnamen yang lebih besar. Bahkan juga bisa turun di nomor mixed tournament pada masa mendatang.

2 dari 4 halaman

Ladies Series MLBB 2021 Diapresiasi PB ESI

Digelarnya Ladies Series MLBB 2021 mendapat apresiasi dari Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI). Frengky Ong selaku Sekretaris Jenderal (Sekjen) mengatakan, turnamen ini bisa memacu gairah perempuan di dunia esports.

"Tentu saja kita ingin para ladies nanti bisa berprestasi. Turut mengharumkan nama bangsa dan negara di dunia internasional," ucapnya.

Hal senada dikatakan Ashadi Amg selaku Head of PR and Communicaton PB ESI. Ia mengatakan, hadirnya Ladies Series MLBB 2021 adalah perwujudan komitmen dalam mendorong ekosistem esports di Indonesia supaya lebih aktif dan atraktif.

“Ajang seperti Ladies Series MLBB 2021 ini membuat ekosistem esports Indonesia menjadi sangat terbuka. Para perempuan tidak hanya menjadi partisipan atau fans, tapi juga ikut mendorong tumbuhnya bibit atlet esports wanita yang potensial," katanya.

3 dari 4 halaman

Respons Positif Dari Banyak Tim Esports

Diluncurkannya Ladies Series MLBB 2021 jelas disambut meriah para pemilik tim esports. Banyak Chief Executive Officer (CEO) tim esports yang menyampaikan komentar dan komitmen positif untuk menjadi peserta.

Misalnya datang dari Shinta Bubu (Angel Investor Morph Team), Andrian Pauline (CEO & Co Founder Rex Regum Qeon Esports Team), Edwin Chia (CEO Bigetron & Belletron), hingga Hartman Haris (CEO Evos). Moonton sebagai pengembang dan penerbit Mobile Legends Bang Bang juga memberi dukungan penuh untuk Ladies Series MLBB 2021.

"Kami berkomitmen terus mendukung pertumbuhan ladies scene di Indonesia dengan berbagai cara. Salah satunya melakukan kampanye bersama penyelenggara, dalam hal ini pihak ketiga dan turut menggaungkan kompetisi yang diselenggarakan," tutur Azwin Nugraha selaku Head of PR Esports Moonton Indonesia.

4 dari 4 halaman

Sistem Turnamen Ladies Series MLBB 2021

Ladies Series MLBB 2021 memakai sistem open qualifier dengan total hadiah Rp100 juta. Pendaftaran dibuka mulai 7 Mei, dan ditutup pada 18 Mei.

Babak kualifikasi digelar terbuka buat pemain profesional atau amatir pada 20-22 Mei. Selanjutnya disusul babak regular season yang berjalan selama tiga minggu pada 27 Mei hingga 13 Juni. Kedua babak tersebut akan diselenggarakan secara daring.

Nantinya setelah masuk babak play off, penyelenggaraannya akan berbeda. Babak ini diputuskan digelar secara offline alias semua tim yang lolos akan berada dalam satu tempat atau bertatap muka.

Untuk jadwal babak playoff Ladies Series MLBB 2021 juga sudah ditetapkan UniPin. Babak ini akan digelar pada 25-27 Juni.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR