BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Tua-Tua Keladi, Ini 7 Legenda Sepak Bola yang Masih Bermain di Umur 40

04-10-2021 00:08 | Jeffrydien Winanda

Kazuyoshi Miura (c) AFP
Kazuyoshi Miura (c) AFP

Bola.net - Sepak bola adalah salah satu cabang olahraga yang paling menguras fisik serta risiko cedera sangat tinggi. Hal inilah yang membuat pemain profesional mulai mengalami penurunan performa setelah usia 30 tahun dan berujung dengan pensiun beberapa waktu kemudian.

Meski rata-rata pemain sepak bola level teratas bermain hingga usia 35-36 tahun, ada pula beberapa legenda yang masih terus bermain hingga usia 40 tahun lebih. Siapa saja?

1 dari 7 halaman

Rivaldo

Rivaldo (c) AFP
Rivaldo (c) AFP

Brazil dikenal sebagai negara penghasil pemain sepak bola top dunia. Beberapa legenda lapangan hijau pun lahir dari dataran benua Amerika Selatan ini.

Salah satunya adalah Rivaldo, legenda hidup Brazil yang populer kala membela Barcelona dan AC Milan. Setelah malang melintang di Eropa, Rivaldo pulang kampung dan bermain di liga Brazil hingga 43 tahun. Torehan 600 penampilan di 15 klub berbeda berhasil dicatatkan Rivaldo.

2 dari 7 halaman

Kevin Phillips

Kevin Phillips (c) getty
Kevin Phillips (c) getty

Penyerang Inggris yang menjadi anak emas di Sunderland yaitu kevin Phillips juga menjadi pemain yang masih aktif bermain hingga usia 40 tahun. Menghabiskan 20 tahun karirnya di kompetisi sepak bola Inggris, Phillips mencatatkan 516 penampilan dengan raihan 194 gol dan 30 assist.

Kevin Phillips pensiun tepat di usianya yang ke-40 tahun. Klub terakhir yang dibelanya adalah Leicester City di Championship division.

3 dari 7 halaman

Dida

Dida (c) AFP
Dida (c) AFP

Selepas menjalani karir yang gemilang bersama AC Milan, Dida memutuskan untuk menikmati petualangan berikutnya di kampung halamannya Brazil. Tiga klub Brazil menjadi pelabuhan Dida sebelum akhirnya pensiun di usia 42 tahun pada 2016 lalu.

Bersama Paolo Maldini dan Alessandro Nesta, Dida menjadi palang pintu terakhir yang sulit ditembus oleh penyerang lawan. Dua trofi Liga Champions hingga Piala Dunia sukses diraih kiper bertinggi badan 195cm ini.

4 dari 7 halaman

Roberto Carlos

Roberto Carlos (c) Real Madrid
Roberto Carlos (c) Real Madrid

Berlari cepat, lincah, dan tendangan geledek adalah trademark yang menempel dalam diri Roberto Carlos. Sebagai fullback lincah, penikmat sepak bola Tanah Air gemar memasang Roberto Carlos sebagai penyerang kala bermain video game sepak bola.

Meski begitu, karir Roberto Carlos di dunia nyata memang begitu mentereng. Setelah 11 tahun membela Real Madrid, Roberto Carlos berpetualang di banyak klub hingga bermain di India untuk Delhi Dynamos pada ujung karirnya. Roberto Carlos pensiun di umur 43 tahun pada 2016 lalu dengan segudang trofi dan penghargaan individu yang diraihnya.

5 dari 7 halaman

Teddy Sheringham

Teddy Sheringham (c) PA
Teddy Sheringham (c) PA

Golnya ke gawang Bayern Munich di menit 90 pada final Liga Champions 1999 menjadi salah satu momen tak terlupakan bagi penyerang legendaris Inggris Teddy Sheringham. Setelah 4 musim membela Setan Merah, Sheringham kemudian melanjutkan karirnya ke Spurs, Portsmouth, hingga West Ham.

Di penghujung karirnya, Sheringham bermain untuk Colchester United hingga berusia 42 tahun sebelum akhirnya pensiun pada 2008. Sepanjang karirnya, Sheringham telah bermain sebanyak 604 pertandingan untuk 7 klub berbeda dengan raihan total 215 gol.

6 dari 7 halaman

Ze Roberto

Ze Roberto saat masih bermain di Bayern Munchen. (c) DFL
Ze Roberto saat masih bermain di Bayern Munchen. (c) DFL

Satu lagi legenda Brazil yang bermain hingga berusia kepala 4. Ze Roberto menjadi ikon pemain sepak bola dengan work rate tinggi medio 2000-an. Real Madrid hingga Bayern Munich pernah merasakan servis pemain yang berposisi di gelandang dan sayap kiri ini.

Gremio dan Palmeiras menjadi klub terakhir Ze Roberto sebelum akhirnya memutuskan pensiun pada tahun 2017. Tak tanggung-tanggung, dia masih bermain di posisi gelandang hingga berusia 43 tahun.

7 dari 7 halaman

Kazuyoshi Miura

Kazuyoshi Miura (c) AFP
Kazuyoshi Miura (c) AFP

Dedikasi dan semangatnya yang tinggi telah menjadi ikonik di seluruh dunia. King Kazu, begitu dirinya disapa masih aktif bermain pada musim ini di usia 54 tahun!

Kazuyoshi Miura telah bermain untuk Yokohama FC sejak tahun 2005 hingga kini. Sebelum itu, King Kazu juga pernah berpetualang di Brazil kala bermain untuk Santos, hingga ke Italia kala membela Genoa.

Usia memang bukan menjadi halangan untuk tetap memiliki semangat tinggi. Deretan legenda sepak bola di atas menjadi bukti bahwa sepak bola tak hanya dimainkan dengan fisik, namun juga melalui cinta dan dedikasi yang tinggi.

KOMENTAR