BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Termasuk Firmino dan Icardi, Inilah 5 Klausul Transfer 'Ajaib' di Jagat Sepak Bola

02-06-2020 14:07 | Yaumil Azis

Roberto Firmino usai laga Wolves di pekan ke-24 Premier League di Molineux Stadium (c) AP Photo Roberto Firmino usai laga Wolves di pekan ke-24 Premier League di Molineux Stadium (c) AP Photo

Bola.net - Selalu ada cara bagi setiap klub untuk mempertahankan salah satu pemainnya dari pendekatan klub lain. Termasuk dengan mencantumkan klausul transfer yang unik dalam perjanjian tertulis dengan pemain.

Perjanjian tertulis itu biasanya berbentuk kontrak yang berdurasi tiga sampai lima tahun. Tidak hanya gaji, beberapa syarat penting yang dikenal dengan sebutan klausul transfer pun ikut dicantumkan ke dalam kontrak tersebut.

Umumnya, klausul transfer tersebut memiliki nilai. Salah satu contoh yang paling sering terdengar adalah soal klausul pelepasan. Dengan nilai tertentu, sebuah klub tidak bisa menolak jika pemainnya dibeli oleh tim lain.

Namun perjanjian tertentu tidak hanya terbatas dalam bentuk klausul pelepasan semata. Berikut ini ada beberapa klausul transfer unik yang dimasukkan dalam kontrak pemain penting seperti Roberto Firmino dan Mauro Icardi.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 5 halaman

Roberto Firmino

Liverpool pernah dibuat marah besar oleh Arsenal pada musim panas 2013. Pada waktu itu, mereka mendapatkan tawaran sebesar 40 juta pounds + satu pounds dari the Gunners untuk seorang Luis Suarez.

Tawaran tersebut diyakini sebagai bentuk ejekan Arsenal terhadap klausul pelepasan yang tercantum dalam kontrak Suarez. Liverpool pun belajar banyak dari kasus itu sewaktu merekrut Firmino dari Hoffenheim dua tahun setelahnya.

Football Leaks mengatakan bahwa Liverpool memasukkan klausul pelepasan sebesar 98 juta pounds ke dalam kontrak Firmino. Namun klausul tersebut hanya berlaku jika klub yang tertarik bukan Arsenal.

2 dari 5 halaman

Mauro Icardi

Rivalitas antara Juventus dengan Inter Milan sudah mendarah daging. Masing-masing klub akan selalu berusaha keras agar pemain pentingnya tidak memperkuat sang rival. Namun tak semua kepindahan bisa dihalangi dengan mulus.

Saking dendamnya Inter terhadap Juventus, mereka bahkan tidak rela melepas Icardi yang sempat membuat kontroversi di awal tahun 2019 lalu. Dengan segala cara, mereka ingin penyerang asal Argentina tersebut pindah ke PSG.

Baru-baru ini, PSG mempermanenkan status Icardi. Namun, agar sang striker tak pindah ke Juventus, Inter menyertakan klausul senilai 15 juta euro yang harus dibayar PSG jika melepas Icardi ke klub Serie A.

3 dari 5 halaman

Nahuel Guzman

Nahuel Guzman mungkin tidak akrab di telinga penikmat sepak bola dunia. Wajar saja, sebab kiper asal Argentina itu menghabiskan sebagian besar karirnya di benua Amerika.

Perlu diketahui bahwa Guzman memulai karirnya di Newell's Old Boys. Namun hampir keseluruhan karir Guzman dijalani bersama klub asal Meksiko, Tigres. Ia sudah mengantongi 226 penampilan bersama Tigres.

Sekarang usianya sudah mencapai 34 tahun. Beberapa musim lagi, ia akan gantung sepatu. Menghabiskan sisa karirnya di Newell's tentu akan sangat ideal.

Sayangnya, ia tidak bisa melakukannya. Dalam kontraknya bersama Tigres, terdapat klausul yang tidak membolehkan dirinya kembali ke Newell's jika Lionel Messi tidak ikut pulang ke klub tersebut.

4 dari 5 halaman

Giuseppe Reina

Pemain yang satu ini sudah tidak aktif lagi menjadi pemain profesional. Ia memutuskan gantung sepatu usai membela klub Jerman, Sportfreunde Siegen, pada tahun 2006 lalu.

Namun nama Reina sempat terdengar di telinga pecinta sepak bola Jerman. Sebab, sosok yang dulunya berperan sebagai striker tersebut pernah memperkuat klub raksasa seperti Borussia Dortmund dan Hertha Berlin.

Tapi bukan itu yang membuatnya dikenang publik, melainkan klausul aneh di dalam kontraknya saat masih memperkuat Arminia Bielefeld. Klausul tersebut mengharuskan Arminia untuk membangun rumah untuknya setiap tahun ia membela klub itu.

Beruntung bagi Arminia, Reina luput memberikan penjelasan detail mengenai ukuran dalam klausul tersebut. Arminia pun memenuhi janjinya dengan memberinya rumah baru yang dibangun dari mainan lego.

5 dari 5 halaman

Stefan Schwarz

Pada tahun 1999, Sunderland pernah memecahkan celengan untuk merekrut Schwarz dari Valencia. Namun pada saat itu, Schwarz sudah menandantangani kesepakatan dengan iklan penerbangan ke ruang angkasa.

Sunderland khawatir kalau Schwarz akan diajak ke ruang angkasa karea kesepakatan tersebut. Oleh karenanya, klub Inggris tersebut mencantumkan perjanjian khusus yang disebut 'klausul ruang angkasa'.

Jika Schwarz benar pergi ke luar angkasa, maka kontraknya bersama Sunderland tidak akan berlaku. Sehingga Schwarz bisa dalam keadaan tidak memiliki klub saat mendarat kembali ke bumi.

(Planet Football)

KOMENTAR